Pembelajaran Matematika Materi SPLDV Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti. Peneliti memilih kelas VIII.1 SMP K Palembang yang berjumlah 28 orang untuk dijadikan subjek. Data diperoleh melalui observasi. Lalu di analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah diterapkannya model pembelajaran CPS dapat disimpulkan bahwa, siswa telah memahami pembelajaran SPLDV menggunakan langkah-langkah model pembelajaran CPS melalui observasi sebanyak 2 kali pertemuan, dengan persentase pertama sebesar 87,5% dan persentase kedua sebesar 100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arafan, A. (2018). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas X SMK Harapan Kartasura. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Epriyanti, S., Ratu, N., & HY, T. N. (2016). Deskripsi Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Siswa SMA Kelas XI. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Jawa.
Idris, F. H., Hamid, I., & Ardiana. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2089-855X Vol.4 No.1 April 2015.
Nugraha, A. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 59-64.
Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Journal unja.
Pepkin, K. (2004). Creative Problem Solving In Math. Dalam I. K. Mahardika, Maryani, & S.Murti. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 1, No. 2, September 2012, 231-232.
Pikasari, R., Fitriyana, N., & Purwasi, L. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Linggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuk Linggau.
Puspitasari, E., Y, E., & N, A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN.
Putro, D. S., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education P-ISSN 2655-1365 Volume 01, No. 02, Februari. IKIP SILIWANGI, 464-469.
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education.
Sutiawan, I., Yaniawati, P., & Toharudin, U. (2017). Penggunaan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika.
Virdanismaya, A. S. (2019). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Teori APOS (Action,Process, Object, Scheme) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII-G SMPN 1 Sumbergempol Tulung Agung Tahun Ajaran 2018/2019. Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Tulung Agung.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER