Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kelompok Buzz terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran kelompok buzz dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan rata-rata menggunakan uji t pada a=0,05 diperoleh thitung = 2,22 dan ttabel = 2,00 sehingga thitung< ttabel tidak terpenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran kelompok buzz dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional.
Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Metode Pembelajaran Kelompok Buzz, Komunikasi Matematika
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Elizabert E Bakley, dkk. (2012). Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media.
Fajar Shadiq. (2009). Kemahiran Matematika. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur Pengembang Matematika SMA Jenjang Lanjut. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hartono. (2010). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru. Zanafa Publishing.
Hasibuan dan Moejiono. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah (Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula). Bandung: Alfabeta.
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru: Suska Press.
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. (2010). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Suharsimi Arikunto. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Zainal Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER