Desain Website Etnomatematika Berbasis Kemampuan Literasi Matematis
Abstract
Tantangan peserta didik di abad 21 jauh lebih berat karena peserta didik di tuntut menguasai kecakapan literasi, kompetensi global, karakter, serta jati diri sebagai bagian dari suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website etnomatematika berbasis kemampuan literasi matematis peserta didik berdasarkan kriteria kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tiga tahap dari model 4D, yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik kelas VIII di SMP IT Wahdatul Ummah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk penilaian ahli, dan angket respon untuk penilaian respon peserta didik dan pendidik. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan berdasarkan uji validitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan penilaian validator ahli media diperoleh skor rata-rata 86,66 dengan kategori sangat valid, dan validasi ahli materi 89,74 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan uji kepraktisan produk diperoleh skor rata-rata 79 berkategori praktis. Sehingga, website etnomatematika dinyatakan layak berdasarkan kriteria valid dan praktis.
Full Text:
PDFReferences
Agusdianita, N., Karjiyati, V., & Sufiyandi. (2021). The Use of Ethnomathematics Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education Models on Mathematics Literacy Mastery. 317–324. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.054
Asmar, A., Arnellis, A., & Sriningsih, R. (2020). Implementation of the 21st Century Skills to High Order Thinking Students’ Mathematical in Senior High School Padang. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1), 012080. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012080
Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907
Cahyono, A. D., & Budiarto, M. T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP. 9(2), 287–296.
Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10621
d’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Darmawati, B., Darmayanti, R., & Santiago, P. V. da S. (2024). Contemporary Mathematics Learning: Instagram-based Math Learning Medium Increased Elementary School Students’ Math Literacy. Journal of Teaching and Learning Mathematics, 1(2). https://doi.org/10.22219/jtlm.v1i2.31310
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa , Mengapa dan Bagaimana ? 713–720.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107
Kurniasari, I., Rakhmawati, R., & Fakhri, J. (2018). Pengembangan E-Module Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 227–235. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3597
Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119–126. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228
Maryati, M., & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Tarian Tradisional pada Pembukaan Asian Games 2018. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.23-28
Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1). http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12537
Murniati, S. W., Arjudin, A., & Hakim, M. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 1 Darek dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 28–33. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1993
Novita, R., & Herman, T. (2021). Digital Technology in Learning Mathematical Literacy, can it helpful? Journal of Physics: Conference Series, 1776(1), 012027. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012027
Nuryadi, N., Fitriadhy, A., Marhaeni, N. H., Purwoko, R. Y., & Rumasoreng, M. I. (2023). The Effects of Puppet Ethnomathematics Applications as Mathematics Teaching Materials for Character Education Based. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.02.19
Persada, A. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1). http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1661
Pradja, B., Raisa, R., & Julaeha, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Aplikasi Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/565
Rachma, N. A. M., & Rosnawati, R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Menggunakan Tes Testlet. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18707
Rahma, N. A., Sugilar, H., & Suprianti, D. (2024). Peran Literasi Matematika pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Analisa, 10(2), 116–126. https://doi.org/10.15575/ja.v10i2.40262
Ramadhani, Y. G., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII Materi SPLDV dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repitition (AIR). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 500–506.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese Culture. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 012032. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032
Riyatuljannah, T., & Fatonah, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Penyelesaian Soal Berorientasi Konten Quantity. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59–68. https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10089
Samo, D. D., Ekowati, C. K., Soko, I. P., & Ngawas, K. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa: Meta-Analisis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(1), 89–101. https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i1.49357
Saputra, I. D., & Subekti, F. E. (2024). Tinjauan Sistematis Literatur Review: Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Integrasi Teknologi Website. Numeracy, 11(2), 143–154. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i2.2767
Saputra, N. N., Safitri, P. T., & Pamungkas, A. S. (2021). Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Penggunaan Modul Berbasis Pendekatan Realistics Education (RME) Bernilai Budaya. JPPM:Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 14(1), 12–24. https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i1.9615
Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126.
Sugianto, R., Syaifuddin, M., & Cholily, Y. M. (2022). Development of E-LKPD Oriented Minimum Competency Assessment (MCA) on 6C’s Ability of High School Students. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 433–453. https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i2.15559
Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using Realistic Mathematics Education and The DAPIC Problem-Solving Process to Enhance Secondary School Students’ Mathematical Literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001
Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1). http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342
Turmuzi, M., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2023). Ethnomathematical Research in Mathematics Education Journals in Indonesia: A Case Study of Data Design and Analysis. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(1), em2220. https://doi.org/10.29333/ejmste/12836
UNESCO. (2022). Mathematical Literacy. International Bureau of Education.
Widada, W., Herawaty, D., Andriyani, D. S., Marantika, R., Yanti, I. D., & Anggoro, A. F. D. (2020). The thinking process of students in understanding the concept of graphs during ethnomathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 012072. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012072
Yulia, Y., Kustati, M., & Afriadi, J. (2021). Mathematical Literacy: A Case Study on Padang Students’ Mathematical Ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 109–120. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i1.8538
Yuliana, Y., Usodo, B., & Riyadi, R. (2023). The New Way Improve Mathematical Literacy in Elementary School: Ethnomathematics Module with Realistic Mathematics Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2591
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v11i1.34911
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER