Self Efficacy Siswa: 7 Indikator Keyakinan Diri dan Tantangan dalam Pembelajaran Matematika SMP
Abstract
Tingkat self efficacy siswa dapat mempengaruhi cara mereka menyelesaikan tugas, mengatasi tantangan, dan berpartisipasi dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self efficacy siswa kelas VIII di salah satu SMP yang berada di Cirebon dalam pembelajaran matematika. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan melibatkan sebanyak 32 siswa dari populasi keseluruhan siswa kelas VIII. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah angket self efficacy sebanyak 20 pernyataan yang mencakup tujuh indikator self efficacy diantarnya; kemampuan mengatasi masalah, keyakinan akan keberhasilan diri, keberanian menghadapi tantangan, keberanian mengambil resiko, kesadaran akan kekuatan dan kelemahan diri, kemampuan berinteraksi dengan orang lain, dan ketangguhan atau tidak mudah menyerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy siswa secara keseluruhan berada pada kategori tinggi. Secara khusus, siswa menunjukkan indikator self efficacy sangat tinggi dalam hal keyakinan akan keberhasilan. Siswa juga memiliki self efficacy yang tinggi dalam mengtasi masalah, keberanian mengambil resiko serta kesadaran akan kekuatan dan kelemahan diri. Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa SMP Kelas VII memiliki keyakinan diri yang kuat akan keberhasilannya ditunjukkan dengan siswa mengetahui kekuatan dan kelemahannya serta mampu mengambil resiko. Hasil penelitian ini dapat membantu pendidik dan peneliti lainnya dalam mengembangkan desain pembelajaran yang mendukung self efficacy siswa yang sudah baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdolrezapour, P., Jahanbakhsh Ganjeh, S., & Ghanbari, N. (2023). Self-efficacy and Resilience as Predictors of Students’ Academic Motivation in Online Education. PLOS One, 18(5). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0285984
Aprilia, R., Destiniar, D., & Septiati, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 8(2), 87–96. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i2.18568
Avianty, D., & Sari, R. K. (2022). Pengembangan Rubrik Penilaian Berbasis Proyek pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 88–93. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2296
Avipah, P. N. (2023). Self-Efficacy dan Hubungannya Terhadap Karakteristik Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2265
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Constantine, J., Fernald, J., Robinson, J., & Courtney, M. B. (2019). Best Practices Guidebook: Supporting Students’ Self-Efficacy. In Online Submission. https://eric.ed.gov/?id=ED592850
Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803
Gulo, D. R. S., Mendrofa, N. K., Zega, Y., & Lase, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.2003
Halim, L., Mohd Shahali, E. H., & H Iksan, Z. (2023). Effect of environmental factors on students’ interest in STEM careers: The mediating role of self-efficacy. Research in Science & Technological Education, 41(4), 1394–1411. https://doi.org/10.1080/02635143.2021.2008341
Helsa, H., & Lidiawati, K. R. (2021). Peran Self Efficasy terhadap Student Engagement pada Mahasiswa dalam Pandemi Covid 19. Psibernetika, 14(2). https://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v14i2.2887
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.
Herzamzam, D. A. (2021). Peningkatkan Motivasi dan Self Efficacy Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1177
Honicke, T., & Broadbent, J. (2016). The influence of academic self-efficacy on academic performance: A systematic review. Educational Research Review, 17, 63–84. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.11.002
Mangelep, N. O., Mahniar, A., Nurwijayanti, K., Yullah, A. S., & Lahunduitan, L. O. (2024). Pendekatan Analisis terhadap Kesulitan Siswa dalam Menghadapi Soal Matematika dengan Pemahaman Koneksi Materi Trigonometri. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4358–4366. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27082
Margolis, H., & Mccabe, P. P. (2006). Improving Self-Efficacy and Motivation: What to Do, What to Say. Intervention in School and Clinic, 41(4), 218–227. https://doi.org/10.1177/10534512060410040401
Nurrindar, M., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Self-efficacy Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 140–148. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p140-148
Obut, V. G., Jumawan, M. D., Baluyos, G. R., & Bacus, J. A. (2023). Exploring the Students’ Struggles in Learning. United International Journal for Research & Technology, 05(03), 133–147.
Respita, R. (2020). Pengaruh Gaya Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Siswa. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(3), 67–75.
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Schunk, D. H., & Pajares, F. (2002). Chapter 1—The Development of Academic Self-Efficacy. Development of Achievement Motivation, 15–31. https://doi.org/10.1016/B978-012750053-9/50003-6
Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2008). Motivation and Self-regulated Learning: Theory, Research, and Applications. Routledge.
Sukatin, Kharisma, I. P., & Safitri, G. (2023). Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi pada Prestasi Belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.39695
Usher, E. L., & Pajares, F. (2008). Sources of Self-Efficacy in School: Critical Review of the Literature and Future Directions. Review of Educational Research, 78(4), 751–796. https://doi.org/10.3102/0034654308321456
Wahyuni, F., Siagian, M. D., & Fatimah, A. E. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy: Studi korelasional. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1902
Wentzel, K. R. (1999). Social-motivational processes and interpersonal relationships: Implications for understanding motivation at school. Journal of Educational Psychology, 91(1), 76–97. https://doi.org/10.1037/0022-0663.91.1.76
Wood, R., & Bandura, A. (1989). Social Cognitive Theory of Organizational Management. Academy of Management Review, 14(3), 361–384. https://doi.org/10.5465/amr.1989.4279067
Yang, S., & Wang, W. (2022). The Role of Academic Resilience, Motivational Intensity and Their Relationship in EFL Learners’ Academic Achievement. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.823537
Zimmerman, B. J. (2000). Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1016
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i2.32726
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER