Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Tes Formatif Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD

Maulidia Rohmah, F Shoufika Hilyana, Lovika Ardana Riswari

Abstract


Kecerdasan emosional menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam dunia pendidikan karena merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat apakah ada pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain itu, siswa tidak ingin berusaha untuk menyelesaikan sendiri namun mengandalkan salah seorang siswa yang  dianggapnya  bisa. Hal ini mengindikasikan masih banyak siswa yang belum mampu memotivasi diri mereka sendiri untuk memahami dan memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto yang bersifat korelasional yang bertujuan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Padurenan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Padurenan tahun pelajaran 2024/2025. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua instrumen yaitu kuisioner kecerdasan emosional  dan hasil tes formatif yang terdiri dari tes essay. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis, analisis regresi sederhana serta analisis koefisien determinasi. Hasil analisis regresi menunjukkan  kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadapa hasil belajar matematika siswa kelas V  SDN 1 Padurenana.


Full Text:

PDF

References


Ahadiah, A. I., Rondli, W. S., & Hilyana, F. S. (2023). Analisis Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Karakter Emosional Siswa Kelas III Sekolah Dasar di Desa Pancur Mayong. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1583-1593. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1493

Andinny, Y. (2013). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 3(2), 126–135.

Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., & Pauweni, K. A. Y. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JAMBURA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11807

Anwar, A. F., Suryani, Y., & Malik, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 142–154. https://doi.org/10.51729/81169

Azis, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kapontori. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 81-97. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.7567

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Balqis, H. A., Khumairoh, I. Z., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2024). Kajian Literatur: Pengaruh Intelegensi Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika (2015-2024). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 874-891. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3155

DA, F. (2020). Analisis Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas V SDN 204 Palembang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 104-112. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5110

Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15-31. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021

Fatiroh, N. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional pada Prestasi Akademik Siswa. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), 294-302.

Fauzan, H., & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURRIPEN: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2802

Fitriani, L. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Math Tadris, 2(2), 125-140. https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i2.62

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence. Gramedia Pustaka Utama.

Hanana, N. F. (2019). Pengaruh Self-Esteem dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Prososial. TAZKIYA: Journal of Psychology, 6(1). https://doi.org/10.15408/tazkiya.v6i1.11011

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1352-1358. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.585

Handayani, S. W., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2021). Kecerdasan Emosional Anak Sekolah Dasar Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 446-456. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.32250

Hidayatullaily, S., Buairi, H., Andriani, P., & Mushollin, R. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar terhadap Disposisi Matematis pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 112-119. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2831

Kania, N., & Ratnawulan, N. (2022). Kompetensi Matematika: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menurut Polya. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 1(1), 17-26. https://doi.org/10.56855/jrsme.v1i1.10

Kasmiati, K., Musa, H., & Quraisy, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 109-117. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.7658

Mirnawati, & Basri, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 56–64. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240

Nuraeni, W., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Bernalar Kritis melalui Motivasi Belajar Matematika dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL E-DuMath, 9(2), 117–124. https://doi.org/10.52657/je.v9i2.2099

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Rahman, U., Mardhiah, M., & Azmidar, A. (2015). Hubungan antara Pola Asuh Permisif Orang Tua dan Kecerrdasan Emosional Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 116-130.

Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal Sport Area, 4(2), 339–347. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3801

Rukminingsih, Adnan, G., & Adnan Latief, M. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

S, T. (2016). Ilmu Pendidikan. Pustaka Setia.

Setiyaningsih, N. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning, Goal Orientation dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 5 Kemandoran. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 10(1), 1–10.

Siregar, L., Fitriandika Sari, N., Delima Harahap, R., & Chastanti, I. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(2), 80–86.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Syamsi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 3 TAPA Bone Bolango. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 174-181

Syarweny, N. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Dosen Politeknik Negeri Jakarta. Journal of Management and Business Review, 20(1), 81–101. https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i1.240

Telaumbanua, Y. (2020). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga pada Pembelajaran Matematika pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Warta Dharmawangsa, 14(4), 709–722.

Thalib, B.S. (2017). Psikologis Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Kencana Prenadamedia Group.

Zaenudin, J., Danuri, Nugraha, L., & Hermawati. (2024). Meningkatkan EQ dan SQ dalam Pengembangan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Buhun: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1),

Zurahmah, Z., & Isnaniah, I. (2023). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 IV Koto Tahun Pelajaran 2022/2023. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2), 149-156. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.22330




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.30113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter