Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika

Finola Marta Putri, Al Jupri, Dadang Juandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika materi kaidah pencacahan di salah satu SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini menggunakan metode observasi non partisipatif dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru telah menerapkan langkah-langkah PBL sesuai dengan sintaks. Siswa terlibat aktif dalam mengerjakan masalah pada LKS baik secara mandiri maupun berkolaborasi dalam kelompok. Guru berperan sebagai fasilitator dengan memberikan scaffolding kepada siswa. Namun demikian, integrasi teknologi dalam pembelajaran masih kurang. Rekomendasi untuk perbaikan mencakup pelatihan penerapan PBL bagi guru, integrasi teknologi pembelajaran, dan kerjasama dengan peneliti pendidikan. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi efektivitas PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan abad 21 siswa.

Keywords


Problem Based Learning, pembelajaran matematika; kaidah pencacahan; studi kasus

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (McGraw-Hill). United States.

Bern, R. G., & Erickson, P. M. (2002). From Behaviorism to Constructivism and Contextual Teaching and Learning. Diambil dari http://www.nccte.com/publications/infosynthesis/index

Fauzan, & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kencana.

Hoidn, S., & Kärkkäinen, K. (2014). Promoting Skills for Innovation in Higher Education : A Literature Review on the Effectiveness of Problem-based Learning and of Teaching Behaviours. OECD Education Working Papers, 100. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5k3tsj67l226-en

Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Membangun Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 256–262.

Jonassen, D. H., & Hung, W. (2008). All Problems are Not Equal: Implications for Problem-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 2(2), 5–28. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1080

Lestary, V. S., Zulfah, & Astuti. (2023). Analisis Bibliometrik: Fokus Penelitian Problem based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 120–125. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.3560

Lin, Y., Zhou, Y., Wang, S., & Wijaya, T. T. (2020). Lesson Design of Geometric Sequnces based on the 6-Question Cognitive Theory. Journal on Education, 2(4), 313–322. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.325

Mahendra, I. W. E. (2017). Project based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Muqarramah. (2016). Pendekatan Student Centered Learning: Design Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyah (Jurnal llmiah Kependidikan), 5(2), 23–43. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v5i2.982

Nufus, H., Herizal, & Sahputri, L. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 7(1), 12–19. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1943

Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: RajaGrafindo Persada.

Nurfadhillah, D. U., Elmiati, & Putri, D. M. (2022). Sintak Model Problem based Learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru di Sekolah Menengah Pertama. EduCurio, 1(1), 28–34.

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012147. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147

Scott, S., & Palincsar, A. (2013). Sociocultural Theory. Michigan: Gale Gorup.

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189–197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450

Ulum, H., & Tümkaya, S. (2022). The Effect of Student-Centred Methods and Techniques on Primary School Students’ Mathematics Achievement: A Meta-Analysis Study. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.29103/mjml.v5i1.7306

Wang, C. C. (2021). The Process of Implementing Problem-based Learning in a Teacher Education Programme: an Exploratory Case Study. Cogent Education, 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1996870

Winarno. (2017). Kapita Selekta Matematika. Yogyakarta: K-Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.28017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter