Optimalisasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berdasarkan Motivasi Belajar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdulah, S., Hulukati, E. P., Ismail, Y., & Zakiyah, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep pad Materi Statistika dengan Media Pembelajaran Video Interaktif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Limboto. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(1), 15–28. https://doi.org/10.25134/JES-MAT.V9I1.6665
Caesarani, S., Nasrullah, A., & Mubarika, M. (2022). Pengaruh Ketahanmalangan dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Pelajaran Matematika. Prisma, 11(2), 515–525. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2498
Catrining, L., & Widana, I. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, VII(2), 120–129. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548071
Fadhilah, M., Ulya, H., & Purwaningrum, J. P. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Video Pembelajaran Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 1(1), 76–86. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/384
Hartono. (2015). Analisis Item Instrumen. Zanafa Publishing.
Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Reflika Aditama.
Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113. https://doi.org/10.23887/JISD.V4I1.21103
Jundu, R., Nendi, F., Suryani Kurnila, V., Mulu, H., Purnama Ningsi, G.,
Ardian Ali, F., & Ruteng, P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid 19. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/Lensa.V10I2.112
Lestari, K. E., & Yudhaneghara, M. . (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Marwiyah, S., Sari, A., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 043–052. https://doi.org/10.24014/JURING.V3I1.8902
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/FBC.2.2.8-18
Putra, I. M. D., Darsana, W., & Manuaba, I. B. S. (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Media Sederhana terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://www.academia.edu/download/50374691/37-2241-1-SM.pdf
Rosmawati, R. R., & Teni, S. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self- Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 275–290. https://karya.brin.go.id/id/eprint/16091/1/Jurnal_Rd. Rina
Rosmawati_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf
Rukhmana, T. (2022). Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 1–12. https://doi.org/10.47165/jpin.v5i2.381
Saragih, R. C. (2021). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JGK (Jurnal Guru Kita), 5(2), 84–89. https://doi.org/10.24114/JGK.V5I2.24183
Sodri, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Journal of Mathematics Learning, 1(2), 18–28. https://doi.org/10.30653/004.201812.18
Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec, 11(1), 23–40. https://doi.org/10.17509/INVOTEC.V11I1.4836
Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.26490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER