Optimalisasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berdasarkan Motivasi Belajar

Nur Azhmi Sa'Ban AS Asmawati, Granita Granita

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana penggunaan film animasi dikombinasikan dengan metode pengajaran matematika realistik (RME) berdampak pada pemahaman siswa tentang topik matematika di tingkat menengah. Penyelidikan dilakukan di SMP Negeri 23 Pekanbaru selama semester kedua tahun akademik 2022–2023. Desain eksperimen faktorial adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun akademik 2022–2023 termasuk dalam populasi penelitian. Untuk memilih sampel penelitian, teknik pemilihan cluster random digunakan. Kelompok kelas VIII A dianggap sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kelas VIII B disebut sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan survei, pengujian, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Untuk saat ini data dianalisis menggunakan uji ANOVA dua arah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) siswa yang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik yang menggunakan film animasi dan siswa yang belajar secara langsung mempunyai tingkat pemahaman yang berbeda tentang permasalahan matematika. 2) Siswa dengan tingkat motivasi belajar matematika berbeda yaitu tinggi, sedang dan rendah. Ada perbedaan di antara mereka. 3) Kombinasi pendekatan pembelajaran matematika realistik dan film animasi tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan film animasi bersama-sama dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik tidak memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Abdulah, S., Hulukati, E. P., Ismail, Y., & Zakiyah, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep pad Materi Statistika dengan Media Pembelajaran Video Interaktif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Limboto. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(1), 15–28. https://doi.org/10.25134/JES-MAT.V9I1.6665

Caesarani, S., Nasrullah, A., & Mubarika, M. (2022). Pengaruh Ketahanmalangan dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Pelajaran Matematika. Prisma, 11(2), 515–525. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2498

Catrining, L., & Widana, I. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, VII(2), 120–129. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548071

Fadhilah, M., Ulya, H., & Purwaningrum, J. P. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Video Pembelajaran Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 1(1), 76–86. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/384

Hartono. (2015). Analisis Item Instrumen. Zanafa Publishing.

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Reflika Aditama.

Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113. https://doi.org/10.23887/JISD.V4I1.21103

Jundu, R., Nendi, F., Suryani Kurnila, V., Mulu, H., Purnama Ningsi, G.,

Ardian Ali, F., & Ruteng, P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid 19. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/Lensa.V10I2.112

Lestari, K. E., & Yudhaneghara, M. . (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Marwiyah, S., Sari, A., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 043–052. https://doi.org/10.24014/JURING.V3I1.8902

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/FBC.2.2.8-18

Putra, I. M. D., Darsana, W., & Manuaba, I. B. S. (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Media Sederhana terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://www.academia.edu/download/50374691/37-2241-1-SM.pdf

Rosmawati, R. R., & Teni, S. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self- Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 275–290. https://karya.brin.go.id/id/eprint/16091/1/Jurnal_Rd. Rina

Rosmawati_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf

Rukhmana, T. (2022). Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 1–12. https://doi.org/10.47165/jpin.v5i2.381

Saragih, R. C. (2021). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JGK (Jurnal Guru Kita), 5(2), 84–89. https://doi.org/10.24114/JGK.V5I2.24183

Sodri, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Journal of Mathematics Learning, 1(2), 18–28. https://doi.org/10.30653/004.201812.18

Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec, 11(1), 23–40. https://doi.org/10.17509/INVOTEC.V11I1.4836

Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.26490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter