Eksplorasi Etnomatematika pada Seni Bela Diri Pencak Silat Tapak Suci di Kabupaten Purworejo

Reza Septia Handayani, Agnes Dwi Risaningsih, Dominikus Arif Budi Prasetyo, Maximus Tamur

Abstract


Proses pembelajaran memerlukan kehadiran inovasi pembelajaran yang lebih menyenangkan berupa kreativitas baru didalamnya. Eksplorasi entomatematika pada budaya seni bela diri pencak silat tapak suci ini dapat menjadi salah satu inovasi baru dalam pembelajaran berupa contoh kontekstual yang bersifat matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengidentifikasi konsep matematika dalam budaya seni bela diri pencak silat tapak suci, dan 2) memahami bagaimana menganalisis bahan ajar yang dikombinasikan dengan budaya seni bela diri pencak silat tapak suci. Metodologi yang digunakan adalah bentuk penelitian etnografi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis domain, analisis taksonomi, analisis komposisi, dan analisis tema budaya. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap narasumber yaitu pelatih dan atlet pencak silat pada perguruan pencak silat Tapak Suci di Kabupaten Purworejo. Hasil penelitian ini berupa konsep sudut siku-siku, sudut lancip, sudut tumpul, sudut refleksi, dan juga analisis aktivitas matematika yang terdapat pada gerakan jurus dasar seni bela diri pencak silat tapak suci. Hal tersebut adalah konsep matematis yang terdapat pada pencak silat tapak suci yang dapat dimanfaatkan dalam memperkenalkan dan memahami konsep matematika melalui budaya di Indonesia.


Keywords


Etnomatematika, pencak silat, tapak suci, matematika

Full Text:

PDF

References


Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Awah, P. K. (2014). An Ethnographic Study of Diabetes: Implications for the Application of Patient Centred Care in Cameroon. Journal of Anthropology, 2014, 1–12. https://doi.org/10.1155/2014/937898

Bishop, A. J. (1998). Mathematical Enculturation. Kluwer Academic. https://books.google.com/books/about/Mathematical_Enculturation.html?id=tkkWleNt-IsC

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Places in the History and Pedagogy of Mathematics. FLM Publising Association.

Desmawati, R. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Gerak Tari Tradisional Sigeh Penguten Lampung. Universita Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Fajarudin, M. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Gerakan Dasar Seni Pencak Silat Cimande. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30738/jipg.vol4.no2.a14824

Gunawan, M., & Rozak, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Seni Bela Diri Karate. Prosiding Conference on Research and Community Services, 4(1), Article 1.

Maure, O. P., & Ningsi, G. P. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Caci Masyarakat Menggarai Nusa Tenggara Timur. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2345

Mei, M. F., Seto, S. B., & Tupen, S. N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Disiplin. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2490–2496. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4227

Nursaima. (2012). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Belajar Berbasis Aneka Sumber (Bebas) Pada Mata Pelajaran IPS pada Materi Manfaat Sumber Daya Alam Kelas IV SD Negeri 112135 Kecamatan Rantau Utara Tahun Ajaran 2011/2012 [Undergraduate, UNIMED]. https://doi.org/10/108313249%20DAFTAR%20ISI.pdf

Pusvita, Y., Herawati, & Widada, W. (2019). View of Etnomatematika Kota Bengkulu: Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “Bay Tat” Untuk Memahami Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9792

Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521

Sigit, R., Apriati, Y., & Malihah, E. (2023). Penguatan Karakter Melalui Seni Bela Diri Pencak Silat Kuntau Pada Masyarakat Kalimantan Selatan, Indonesia | Ruswinarsih. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(1). https://doi.org/10.20527/pn.v5i01.7571

Thomas, S., & Jacob, G. (2021). Ethnomathematics. International Journal of Advanced Research (IJAR), 9(9), 310–312. https://doi.org/10.21474/IJAR01/13409

Wicaksono, R. W., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Gerakan Pukulan Seni Pencak Silat Kepulauan Riau. Jurnal Kiprah, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.1596

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JSC (Journal of Scientific Communacation), 1(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.25861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter