Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Exe-Learning pada Materi Trigonometri
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan peserta didik akibat penggunaan bahan ajar yang kurang bervariasi. Buku paket merupakan salah satu sarana belajar yang sebagian besar berisi informasi berupa teks dengan sedikit media visual. Kondisi ini memberikan pemahaman yang dangkal terhadap peserta didik sehingga berakibat pada rendahnya kemampuan menyelesaikan masalah. Di sisi lain, pesatnya perkembangan teknologi di bidang pendidikan dan dikalangan peserta didik mengharuskan guru mampu mengintegrasikannya dalam pembelajaran. Sehingga dibutuhkan bahan ajar yang dilengkapi unsur visual dan video pembelajaram yang dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul matematika berbasis exe-learning yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode 4D, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan), namun disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Penelitian diawali dengan tahap define berupa obervasi dan wawancara dengan guru dan peserta didik, menganalisis silabus pembelajaran matematika, analisis karakter peserta didik, dan review literatur e-modul matematika berbasis exe-learning. Dilanjutkan dengan merancang e-modul sesuai spesifikasi produk, uji validitas dan uji praktikalitas. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi e-modul berbasis exe-learning, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Produk diujicobakan di kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Padang Panjang, dan dianalisis kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul matematika berbasis exe-learning yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata validasi sebesar 85,49%, dan sangat praktis dengan skor rata-rata 96,15% untuk respon guru dan 85,29% untuk respon siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrila, D., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Dengan Software Adobe Flash pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(3), 539–551. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i3.521
Agusti, M. etc. (2018). Pengembangan E-modul Kimia Menggunakan Exe-Learning berbasis Learning cycle 5E pada Materi Larutan Penyangga. Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2).
Andila, K., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Pengembagan Bahan Ajar Fisika Berbentuk E-Modul Berbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi eXe-Learning Pada Materi Usaha dan Energi. Kappa Journal, 5(1), 68–79. https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.2757
Anis, M. Z. A., Susanto, H., & Fathurrahman, F. (2021). Studi Evaluatif Pembelajaran Sejarah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i1.3358
Arumsari, E., Iswanto, B. H., & Susanti, D. (2018). E-Learning Berbasi Exe-Learning untuk Pembelajaran Optika Geometri dengan Model Pembelajaran Learning Cycle di SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika, snf2018-pe-57-snf2018-pe-69. Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/10.21009/03.snf2018.01.pe.08
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Fauziah, F. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Menggunakan Exe (E-Learning XHTML Editor) Pokok Bahasan Bangun Ruang kubus dan Balok Kelas VIII SMPN 3 Kuningan (Doctoral Dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Hutahaean, L. A., Siswandari, & Harini. (2019). Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Volt: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Learning Obstacles. Didactical Mathematics, 2(1), 14–15.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Machril, S. Y., & Darwin. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Exe (E-Learning XHTML Editor) Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Medan. Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 1(1), 96–104. https://doi.org/10.24114/eb.v1i1.2830
Manulang, E., Linda, R., & Noer, A. (2020). Pengembangan E-Module Kimia Berbasis Exe-Learning Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 5(2), 70–77. https://doi.org/10.33578/jpk-unri.v5i2.7773
Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Karmapati: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 6(1), 40. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267
Ramdhani, T. (2015). Analisis Model dan Media Pembelajaran yang Digunakan oleh guru pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Se-Kecamatan Inderalaya. Profit, 2(1), 35.
Sadiman, A. S. (2011). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 2303–288. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahran, S., & Anisa. (2019). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri di SMA. Jurnal Pendidikan, 20(1), 35.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i2.22504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER