Analisis Bibliometrik Penggunaan Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dekade Terakhir
Abstract
Geogebra dicirikan oleh keunggulan visualisasi dan dinamis yang menarik serta memberikan manfaat yang luas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (KPMM). Saat ini telah banyak penelitian tentang pengaruh Geobera terhadap KPMM siswa. Namun belum ada yang mereview lintasan studi terkait pengaruh Geogebra terhadap KPMM siswa. Untuk mengisi kesenjangan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk memberikan tinjauan bibliometrik dari 75 studi tentang pengaruh Geobera terhadap KPMM siswa dari database Google Scholar antara tahun 2010 dan 2022. Software publish or perish digunakan untuk menjaring data sedangkan aplikasi Vosviwer diterapkan untuk menganalisis data. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan bibliometrik, penelitian ini membahas dua masalah penelitian sebagai berikut: a) lintasan pertumbuhan studi terkait pengaruh Geobera terhadap KPMM siswa; dan b) pemetaan studi untuk mengedentifikasi tema dan topik yang paling penting. Hasil analisis memperlihatkan bahwa lintasan studi terkait pengaruh Geobera terhadap KPMM siswa dimediasi oleh faktor covid-19. Beberapa topik yang jarang diteliti direkomendasikan untuk menjadi ide dasar dalam penelitian berikutnya. Temuan ini berkontribusi tidak hanya bagi peneliti pendidikan matematika tetapi juga bagi pemangku kepentingan lainnya, termasuk pembuat kebijakan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, E. D., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 179–188. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Batubara, I. H., & Sari, I. P. (2021). Penggunaan Software geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 398–406. Medan: Universitas Pembangunan Panca Budi.
Fadlilah, M. F., Purwanto, S., & Hakim, L. E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbatuan Video Interaktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 172 Jakarta. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 5(2), 14–26. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.02
Giraldo, P., Benavente, E., Manzano-Agugliaro, F., & Gimenez, E. (2019). Worldwide Research Trends on Wheat and Barley: A Bibliometric Comparative Analysis. Agronomy, 9(7), 1–18. https://doi.org/10.3390/agronomy9070352
Hakim, L. (2020). Analisis Bibliometrik Penelitian Inkubator Bisnis pada Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 176–189.
Hallinger, P., & Chatpinyakoop, C. (2019). A Bibliometric Review of Research on Higher Education for Sustainable Development, 1998–2018. Sustainability, 11(8), 1–20. https://doi.org/10.3390/su11082401
Hallinger, P., & Nguyen, V.-T. (2020). Mapping The Landscape and Structure of Research on Education for Sustainable Development: A bibliometric Review. Sustainability, 12(5), 1–16. https://doi.org/10.3390/su12051947
Haryani, C. S., Sudin, A., & Isrokatun. (2020). Analisis Bibliometrik Tren Publikasi dan Tingkat Kolaborasi pada Model Situation-Based Learning (2010-2019). Jurnal Pena Ilmiah, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.17509/jpi.v3i2.27384
Hidayatsyah. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 458–470. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.534
Jacinto, H., & Carreira, S. (2017). Mathematical Problem Solving with Technology: The Techno-Mathematical Fluency of A Student-with-GeoGebra. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(6), 1115–1136. https://doi.org/10.1007/s10763-016-9728-8
Jihe, C., Ying, Z., Pereira, J., Yuehuan, M., Tamur, M., & Hermita, N. (2021). Develop Teaching Material Using Hawgent Dynamic Mathematics Software. 2021 International Conference on Big Data Analysis and Computer Science (BDACS), 26–30. Kunming: IEEE. https://doi.org/10.1109/bdacs53596.2021.00014
Juandi, D., Kusumah, Y. S., Tamur, M., Perbowo, K. S., Siagian, M. D., Sulastri, R., & Negara, H. R. P. (2021). The Effectiveness of Dynamic Geometry Software Applications in Learning Mathematics: A Meta-Analysis Study. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(02), 18–37. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i02.18853
Juandi, D., Kusumah, Y. S., Tamur, M., Perbowo, K. S., & Wijaya, T. T. (2021). A Meta-Analysis of Geogebra Software Decade of Assisted Mathematics Learning: What to Learn and Where to Go? Heliyon, 7(5), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06953
Julius, R., Halim, M. S. A., Hadi, N. A., Alias, A. N., Khalid, M. H. M., Mahfodz, Z., & Ramli, F. F. (2021). Bibliometric Analysis of Research in Mathematics Education Using Scopus Database. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(12), 1–12. https://doi.org/10.29333/ejmste/11329
Lozada, E., Guerrero-Ortiz, C., Coronel, A., & Medina, R. (2021). Classroom Methodologies for Teaching and Learning Ordinary Differential Equations: A Systemic lLterature Review and Bibliometric Analysis. Mathematics, 9(7), 1–20. https://doi.org/10.3390/math9070745
Martín-Sómer, M., Moreira, J., & Casado, C. (2021). Use of Kahoot! To Keep Students’ Motivation During Online Classes in The Lockdown Period Caused by Covid 19. Education for Chemical Engineers, 36, 154–159. https://doi.org/te/ece https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.05.005
Mukhtar, K., Javed, K., Arooj, M., & Sethi, A. (2020). Advantages, Limitations and Recommendations for Online Learning During COVID-19 Pandemic Era: Pakistan Journal of Medical Sciences, 36(COVID19-S4), 27–31. https://doi.org/10.12669/pjms.36.COVID19-S4.2785
Nasution, A. U., Syahputra, E., & Ahyaningsih, F. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Matematika Realistik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al Azhar Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1623–1635. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1379
Nugraha, M. R., & Basuki. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1027
Nurjanah, Latif, B., Yuliardi, R., & Tamur, M. (2020). Computer-Assisted Learning Using The Cabri 3D for Improving Spatial Ability and Self-Regulated Learning. Heliyon, 6, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05536
Pereira, J., Jianlan, T., Wijaya, T. T., Purnama, A., Hermita, N., & Tamur, M. (2021). Using Hawgent Mathematics Software to Help Primary School Students to Read Clocks. Journal of Physics: Conference Series, 2049(1), 1–8. https://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/2049/1/012049
Pertiwi, N. L. S. A., & Dibia, I. K. (2018). Penerapan Model Problem based Learning Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 114–123. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262
Petrina, H. U., Imswatama, A., & Balkist, P. S. (2021). Analisis Penguasaan Software Algebrator pada Materi Aljabar Siswa Kelas VII di Jalan Pajajaran 1 Desa Babakan Kabupaten Sukabumi. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 1–6. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.10458
Phan, T. T., Do, T. T., Trinh, T. H., Tran, T., Duong, H. T., Trinh, T. P. T., … Nguyen, T.-T. (2022). A Bibliometric Review on Realistic Mathematics Education in Scopus Database between 1972-2019. European Journal of Educational Research, 11(2), 1133–1149. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.2.1133
Purwaningsih, D., & Ardani, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Eksponen dan logaritma ditinjau dari Gaya Belajar dan Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 118–125. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2632
Putri, M. Y., Effendi, L. A., Rezeki, S., & Istikomah, E. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Software Algebrator pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Kelas X SMK. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 117–128. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1862
Schleicher, A. (2020). The Impact of COVID-19 on Education: Insights from" Education at a Glance 2020". OECD Publishing.
Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 6(2), 180–191.
Serlina, Rahmatudin, J., & Lusiyana, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 230–240. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2362
Solichah, N. L. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model ICARE Berbantuan Software Cabri II Plus untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik (Skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.
Supinah, R., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Tren Penggunaan ICT pada Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 276–290. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6153
Suyono, H. C. (2021). Analisis Bibliometrika Artikel JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi) Tahun (2016-2020) Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.
Tamur, M., Fedi, S., Sennen, E., Marzuki, Nurjaman, A., & Ndiung, S. (2021). A Meta-Analysis of The Last Decade STEM Implementation: What to Learn and Where to Go. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012082
Tamur, M., Kusumah, Y. S., Juandi, D., Kurnila, V. S., Jehadus, E., & Samura, A. O. (2021). A Meta-Analysis of the Past Decade of Mathematics Learning Based on the Computer Algebra System (CAS). Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012060
Tamur, M., Kusumah, Y. S., Juandi, D., Wijaya, T. T., Nurjaman, A., & Samura, A. O. (2021). Hawthorne Effect and Mathematical Software based Learning: A Meta-Analysis Study. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012072
Tamur, Maximus, Jehadus, E., Negara, H. R., Siagian, M. D., Marzuki, M., & Sulastri, R. (2021). Pembelajaran Selama Krisis COVID-19: Meta-Analisis dari Sudut Hasil Belajar yang Diukur. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 4(1), 101–108. https://doi.org/Tamur, Maximus, Jehadus, E., Negara, H. R. P., Siagian, M. D., Marzuki, M., & Sulastri, R. (2021). Pembelajaran Selama Krisis COVID - 19 : Meta - Analisis dari Sudut Hasil Belajar yang Diukur. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 4(1), 101–108. https://doi.org/10.36765/jartika.v4i1.413
Tamur, Maximus, Juandi, D., & Kusumah, Y. S. (2020). The Effectiveness of the Application of Mathematical Software in Indonesia; A Meta-Analysis Study. International Journal of Instruction, 13(4), 867–884. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13453a
Tamur, Maximus, Weinhandl, R., Sennen, E., Ndiung, S., & Nurjaman, A. (2022). The Effect of Cabri Express in Geometry Learning on Students’ Mathematical Communication Ability. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(4), 1027–1033. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i4.10865
Yulian, V. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Metode Inkuiri Berbantuan Software Algebator. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 20–24. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.976
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i2.19868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER