Proses Berfikir Refraktif Calon Guru Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Bukittinggi Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak (KPB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan refraktif calon guru berkemampuan tinggi, sedang dan rendah di prodi Pendidikan matematika IAIN Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 orang calon guru untuk masing-masing tingkat kemampuan yaitu berkemampuan tinggi, sedang dan rendah yang mengambil matakuliah Kalkulus Peubah Banyak. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan refraktif dan pedoman wawancara. Tes dan pedoman wawancara dikembangkan dari 8 indikator kemampuan berfikir refraktif dan divalidasi oleh ahli. Sebelum digunakan tes diujicobakan untuk mendapatkan tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen yang terdiri dari 3 tahapan yaitu reduksi data, menyajikan data, verifikasi data atau menarik kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode dan waktu. Triangulasi metode dengan membandingkan lembar jawaban calon guru dengan hasil wawancara sedangkan triangulasi waktu dengan membandingkan lembar jawaban dan wawancara tahap 1 dengan tahap 2. Hasil penelitian menunjukkan calon guru kemampuan tinggi mampu mendiskripsikan masalah dan menafsirkan serta memberikan simbol dalam bentuk representasi matematis dengan lengkap
Full Text:
PDFReferences
Aniswita, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Missauri Mathematics Project terhadap Nilai Kalkulus Diferensial. Jurnal Tarbiyah, 23(2), 361-369 https://doi.org/10.30829/tar.v23i2.105
Baskoro, I., & Retnawati, H. (2019). Analyzing vocational school students’ error in solving mathematics problems involving higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1), 012102. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012102
Harmini, T., Musthofa, A., & Utama, S. N. (2019). Mathematical thinking ability of informatics students based on gender in calculus course. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 2(1), 7-14. https://doi.org/10.18860/ijtlm.v2i1.8337
Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212–218. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2
Krulik, S., & Milou, E. (2014). Teaching Mathematics in Middle School A Practical Guide. D.C. Keath and Company.
Mahir, N. (2009). Conceptual and procedural performance of undergraduate students in integration. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 40(2), 201–211. https://doi.org/10.1080/00207390802213591
Medeni, T. D., & Medeni, I. T. (2012). Reflection and Refraction for Knowledge Management Systems. International Journal of Ebusiness and Egovernment Studies, 4(1), 55-64
Nugraha, M. S., Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2022). Korelasi Antara Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapan, 3(3), 29-34. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14843
Nugroho, P. B. (2017). Scaffolding Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.24269/js.v2i1.500
Pagano, M., & Roselle, L. (2006). Think Study Aboard ISL: Connection and Experience. Paper prepared for the connecting knowledge and experience conference. Pp: 1-5: Elon University. Elon University.
Pagano, M., & Roselle, L. (2009). Beyond Reflection through an Academic Lens: Refraction and International Experiential Education. Frontiers: The Interdisciplinary Journal of Study Abroad, 18, 217–229.
Prayitno, A. (2014). Konstruksi teoritik tentang berpikir reflaksi dalam matematika. Makalah Di Sajikan Dalam Seminar Nasional Di PPPPTK Matematika Yogyakarta.
Prayitno, A. (2015). Proses Berpikir Refraksi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika tentang Kesamaan. Jurnal Likhitaprajna, 17(1), 25–37.
Prayitno, A., Subanji, S., & Muksar, M. (2016). Refractive Thinking with Dual Strategy in Solving Mathematics Problem. IOSR Journal of Research & Method in Education, 6, 2320–7388. https://doi.org/10.9790/7388-0603034956
Prihati, C. N., & Wijayanti, P. (2017). Profil Berpikir Refraktif Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(6), 48-57.
Sinaga, R. S., & Zulfita, E. (2021). Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Wasliyah Stabat. Jurnal Serunai Matematika, 13(1), 81-88. https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.360
Soedjadi, R. (2000). Kiat-Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia,. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono, S. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suprianto, T., Noer, S. H., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Soal Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 72-85. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2583
Tarmizi, R. A. (2010). Visualizing Student’s Difficulties in Learning Calculus. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 377–383. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.053
Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106-113. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2
Yenti, I. N., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2021). Mathematical Refractive Thinking Ability in Multivariable Calculus: Instrument Design and Quality of Use. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 4(2), 81-94. https://doi.org/10.30738/indomath.v4i2.2
Yenti, I. N., Kusumah, Y. S., Dahlan, J. A., & Fitri, H. (2020). Students’ errors in refractive thinking (the component of identifying problems) about spheres and distance in three-space. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 012061. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012061
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i2.19446
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER