Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Miska Elsi Aurelia, Susda Heleni, Atma Murni

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini yakni menciptakan produk berbentuk media dengan menngunakan Articulate Storyline 3 dilengkapi panduan kategori sangat valid dan sangat praktis. Media ini sebagai sumber belajar bagi siswa kelas VIII untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Penelitian ini menerapkan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu:  Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis dilakukan dengan wawacara, observasi, dan penyebaran angket. Tiga validator memvalidasi media pembelajaran beserta panduan. Instrumen validitas panduan media dan instrumen validitas media pembelajaran berfungsi sebagai sarana. Rata-rata nilai validasi media pembelajaran yang didapatkan yaitu 3.47 termasuk kategori sangat valid, serta untuk nilai validasi panduan media yang didapatkan adalah 3.43 termasuk kategori sangat valid. Enam siswa kelas VIII.5 MTs 1 Pekanbaru merupakan subjek uji coba produk umtuk menggunakan instrumen angket respon siswa. Perolehan uji coba produk yang didapatkan adalah 0.99 termasuk kategori sangat praktis


Keywords


articulturale storyline 3; kemampuan pemecahan masalah; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cahyani, C. A., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 2(1), 26–30. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257

Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 854–861.

Habibah, A., Roza, Y., & Zulkarnain ’. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif Untuk Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–14.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. 37(1). Diambil dari http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=60637

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Nurul, K., Sulasteri, S., Suharti, & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Jimat Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197–208. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1(0), 224–232.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Syabri, K. I., & Elfizon, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 95–99. https://doi.org/10.24036/jpte.v1i1.43

Tri Dewi Nugraheni. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interactif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMK Negeri 1 Kebumen. Semarang.

Warmi, A., Adirakasiwi, A. G., & Santoso, E. (2020). Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 8(3), 196–196. https://doi.org/10.37081/ed.v8i3.1937

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Purwadita : Jurnal Agama Dan Budaya, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.55115/purwadita.v2i2.87

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i2.9

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter