E-Modul Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-Modul Pembelajaran Matematika Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan S1 dan S2 dan S3. Objek penelitian ini adalah E-Modul Pembelajaran yang Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, E-Modul Pembelajaran yang bercirikan Etnomatematika dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 84%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil diperoleh bahwa E-Modul Pembelajaran Matematika yang Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 86% dan hasil dari uji praktikalitas kelompok besar juga sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 82%. Penilaian aspek kognitif peserta didik untuk menyatakan keefektifan e-modul, diperoleh dari nilai Pretest dan Posttest yang dianalisis dengan n-gain, dan diperoleh nilai n-gain sebesar 0,63 dari skor maksimal 1 dengan kategori sedang. Selain itu, tingkat efektifitas dapat diketahui dengan membandingkan hasil post-test dengan nilai KKM 76 , dan diperoleh persentase sebesear 87% dengan kriteria tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika disekolah.
Full Text:
PDFReferences
Ayuningtyas, A., & Setiana, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Aksioma, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630
Beda, W., Dosinaeng, N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Etnomatematika pada Lopo Suku Boti dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 117–132. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443
Dahlan, J., & Permatasari, R. (2018). Development of Instructional Materials Based on Ethnomathematic in Mathematics Learning in Junior High School. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan), 2(1), 133–150. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.987
Garjita, D. A. A. S., Arthana, I. K. R., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Studi Kasus: Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 50–61. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9268
Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 58–64. https://doi.org/10.31949/JCP.V5I2.1350
Kelly, A., Lesh, R., & Baek, J. (2014). Handbook of Design Research Methods in Education: Innovations in Science, Technology, Engineering, and Mathematics Learning and Teaching. Routledge.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Lestari, R. S., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 51–58. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2220
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Siswono, T. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–14. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/889
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 2303–288. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriyanti, S., Mastur, Z., & Sugiman, S. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Arias Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 134–141. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7453
Wijayanto, W., & Zuhri, M. S. (2014). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Book Maker dengan Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mathematics and Science Forum, 625–628. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/masif2014/masif2014/paper/view/487
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER