Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, R. E. N., & Qohar, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual pada Materi Program Linear Kelas XI. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 22–29. doi: 10.25273/jems.v7i1.5288
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18–27. doi: 10.33394/mpm.v8i1.2568
Arbiyanto, A., Maharta, N., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan Modul Interaktif Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(5).
Arikunto, S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan (2nd ed). Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asih, W. S. W. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis CASE (Capture, Solve and Evaluation) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok untuk Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 4(1), 24–31. doi: 10.33474/jpm.v4i1.2613
Aulia, R., Patmantara, S., & Handayani, A. N. (2016). Perancangan Buku Digital Interaktif Berbasis Flipping Book TIK Kelas XI SMA. Prosiding SENTIA, 8, 346–351. Malang: Politeknik Negeri Malang. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/perancangan-buku-digital-interaktif-BERBASIS-BOOK-Aulia-Patmantara/54fc77e622993f4cbccb63bfe993bfe5a029eae6
Carreon, J. R. (2018). Facebook as integrated blended learning tool in technology and 2 livelihood education exploratory. International Journal of Educational Technology, 5(2), 19–25.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. doi: 10.30870/volt.v2i1.1478
Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. doi: 10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862
Irwandani, & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1). Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/22
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1105839
Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3082–3096. doi: 10.31004/cendekia.v5i3.995
Mardati, A. (2017). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Mahasiswa PGSD UAD. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1–7. doi: 10.26555/jpsd.v4i1.a7246
Martin, M. O., Mullis, I. V. S., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Science. Boston: International Study Center. Retrieved from https://timss2015.org/wp-content/uploads/filebase/full%20pdfs/T15-International-Results-in-Science.pdf
Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. doi: 10.24042/ajpm.v8i2.2014
PISA, T. (2019). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. OECD.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan AJar Inovatif (VIII). Yogyakarta: Diva Press.
Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 40–49. doi: 10.23887/karmapati.v6i1.9267
Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58–61. doi: 10.26737/jpmi.v4i2.1230
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Udayana, N. N. A., Wirawan, I. M. A., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 2
Tabanan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(2), 128–139. doi: 10.23887/janapati.v6i2.9373
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Wulantina, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Garis dan Sudut. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 367–373. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/2399#
Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis CTL Sebagai Bagian Dari Pengembangan SSP. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 1–6. doi: 10.46772/kontekstual.v1i02.155
Zakiyah, H., Purnomo, D., & Sugiyanti, S. (2019). Pengembangan E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 287–293. doi: 10.26877/imajiner.v1i6.4855
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.18071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER