Efektifkah Pembelajaran Matematika di Kelas IX SMPIT Cahaya Hati pada Era New Normal ?

Rahmad Saleh, Aniswita Aniswita, Wedra Aprison, Haida Fitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara dan observasi yang dilaksanakan di kelas IX SMPIT Cahaya Hati tentang proses pembelajaran matematika pada era new normal.  Proses Pembelajaran dilakukan dengan tatap muka, namun taat protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. Waktu setiap pertemuan pembelajaran matematika disetiap pertemuan berkurang jadi 60 menit. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektif atau tidak pembelajaran matematika kelas IX SMPIT Cahaya Hati pada era new normal  TA 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ialah seluruh peserta didik dan guru mata pelajaran matematika kelas lX SMPIT Cahaya Hati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, kuesioner dan dokumentasi. Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui proses pengelolaan pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran komunikatif matematika. Kuesioner digunakan untuk mengetahui bagaimana respon dan aktivitas peserta didik pada pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi untuk hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memakai lima indikator, pembelajaran disebut efektif apabila seluruh indikator minimal berkriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran komunikatif terlaksana dengan sangat baik, respon dan aktivitas peserta didik tergolong baik, namun hasil belajar peserta didik masih rendah. Hal ini menunjukan jika pembelajaran matematika era new normal di kelas IX SMPIT Cahaya Hati belum efektif.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 131–146. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Basuki. (2021). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. CV Media Sains Indonesia.

Dwiyanto, H. (2020). Menyiapkan Pembelajaran dalam Memasuki “ New Normal ” dengan Blended Learning. Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung, 2019, 1–9.

Fajri, Z., Junaidi, S., & Alfarisi, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Luring pada Mata Pelajaran Matematika Selama Pandemi Covid-19. TRILOGI: Jurnal Tenologi, Kesehatan, dan Humaniora, 2(2), 184–192. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2739

Fauziah, Y. U., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pandemi Covid- 19 Ditinjau dari Lingkungan Belajar. Mandalika Mathematics and Education Journal, 3(2), 125–139. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.3149

Jusu, L., Sulasri, Suprianto, Ramadhan, & Febriadi, L. O. Y. (2021). Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Syattar: Studi Ilmu-Ilmu Hukum dan Pendidikan, 1(2), 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/syattar.v1i2.1185 Volume

Loka, O. V. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sistem Pembelajaran. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(3), 233–239. https://doi.org/10.52690/jitim.v1i3.150

Manapa, I. Y. H. (2021). Permasalahan Aktivitas Pembelajaran Matematika Seolah Dasar Selama Era New Normal. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1), 9–10.

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Covid 19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289–294.

Megawati. (2020). Strategi Pembelajaran di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 263–273. https://doi.org/10.30596/al-ulum.v%vi%i.89

Pradja, B. P., Krismiyanti, D., Charoma, S., & Syafrudin. (2021). Pengaruh Keefektifan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 201–206.

Rosmayanti, S., & Maulana, A. (2021). Dampak Pembelajaran di Era New Normal di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 ). Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 51–62.

Rusdi, R. (2014). Hakikat dan Konsep-Konsep Dasar Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Journal Polingua : Scientific Journal of Linguistics, Literature and Education, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.30630/polingua.v3i2.103

Samarenna, D. (2020). Dunia Pendidikan Dalam Pengajaran Di Era New Normal. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 5(2), 135–147. https://doi.org/10.52104/harvester.v5i2.47

Setiani, R. ., & Kurniasari, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. JMathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 45–58. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p137-146

Supardi. (2021). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Pratiknya (2 ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Utami, B. P., Aniswita, A., & Medik, G. H. (2020). Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Jeda Strategis Dengan Teka-Teki di Kelas X IPK MAN Payakumbuh Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1177

Yazid, M., & Ernawati, A. (2020). Hasil Belajar Siswa Di MI NW Pancor Kopong Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 205–209.

Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13–20.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i1.17111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter