Pengaruh Penggunaan Software Wingeom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Matangkuli
Abstract
Kemampuan kognitif dan afektif siswa bisa dikembangkan dengan menggunakan model, metode atau media pembelajaran yang tepat. Penggunaan media pembelajaran seperti software wingeom dapat memaksimalkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa pada materi geometri khususnya bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berapa besar pengaruh pemakaian software atau aplikasi wingeom terhadap kemampuan kognitif siswa yaitu pemahaman konsep matematis dan kemmapuan afektif siswa berupa kemampuan motivasi belajar siswa. Pendekatan kuantitatif dipilih sebagai alternatif sebagai pendekatan penelitian ini dengan metode quasi experiment jenis pretes dan postes desain dengan jumlah sampel 27 siswa. Analisis data menunjukkan bahwa nilai pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen tidak berdistribusi normal, maka pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi menggunakan uji Spearman's rho. Nilai signifikan yang diperoleh dengan bantuan SPSS 21 yaitu 0,023 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan Software Wingeom di SMP Negeri 1 Matangkuli. Nilai korelasi kemampuan kognitif yaitu kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan afektif berupa motivasi belajar siswa sebesar 0,435, hal tersebut berada pada kategori sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajeng, E., Pinahayu, R., Auliya, R. N., Putu, L., & Adnyani, W. (2018). Implementasi Aplikasi Wingeom untuk Pengembangan Bahan Ajar di SMP. Jurnal PkM; Pengabdian kepada Masyarakat, 1(02), 112–121. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2544
Annajmi, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.110.
Annisah, S., Suhendi, S., Supriatin, A., & Masfi’ah, S. (2021). Penurunan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19. Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3745
Argawi, A. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 64–75. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9974
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.21831/didaktika.v2i2.28101.
Hidayat, Haris, & Zubainur, C. (2017). Kemampuan Siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh dalam Menyelesaikan Soal Matematika PISA 2012. Conference Paper: Peningkatan Profesionalisme Guru. Universitas Syah Kuala, Banda Aceh.
Indasari, & Rosida, V. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wingeom Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Pangkep. Poligon: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29–44. Retrieved from http://jurnal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/poligon
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Dilat Keagamaan , 11(1), 33–41.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: sesuai dengan KTSP. Padang: Akademia Permata.
Magdalena, I., Hidayah, A., & Nusantara, T. S. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i1.1167
Mahmudah, I., Munawarroh, S., Rosikin, A., & Fathani, A. H. (2018). Pengukuran Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Implementasi Model Pembelajaran Knisley Berbasis Gaya Belajar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 131–144. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2045
Permendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 68 tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMP-MTs.
Sanwidi, A. (2020). Aplikasi Wingeom Dan Media Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Bangun Ruang Geometri. Briliant: Jurnal Riset dan Konsep, 5(4), 722–728. https://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.548
Sari, DD; Zulmaulida, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis MOODLE terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 75–84. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i2.14674
Septaliyanto P. I., Soenarto, M., & Hendriana, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) berbantu Software Wingeom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 127–135.
Sudihartinih, E., Hajizah, M. N., & Marzuki. (2021). Penggunaan Teknologi Digital Pada Perkuliahan Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 59–66. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11723
Supriyono, H., Murtiyasa, B., Rahmadzani, R. F., & Adhantoro, M. F. (2018). Penerapan Game Edukatif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Setingkat Madrasah Ibtidaiyah. Warta LPM: Media Informasi dan Komunikasi Hasil Pegabdian kepada Masyarakat, 21(1), 30-39. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.4939
Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (Junwinanto, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Yulianingsih, S. A., & Soenarto, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantu Software Wingeom terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–6. Retrieved from http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/149
Zahroh, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Pakong 1 Pamekasan di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 12–21. Retrieved from https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/92
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i2.16330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER