Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Newman pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel

Nurul Izatul Azizah, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kesalahan yang telah dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang memuat indikator kemampuan pemecahan permasalah matematis pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas X IPA IT MAN 1 Pekanbaru. Teknik perolehan data dilakukan melalui tes tertulis menggunakan soal tes yang disusun dalam bentuk soal uraian sebanyak 4 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) mengoreksi hasil jawaban siswa; 2) mengidentifikasi, mengelompokkan, serta menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menanggapi permasalahan;             3) menghitung persentase  tingkat kesalahan; 4) menganalisis data hasil perhitungan secara deskriptif; dan 5) membuat kesimpulan. Dari hasil analisis jawaban yang diberikan siswa, diketahui bahwa: (1) sebagian kecil siswa salah dalam mengidentifikasi kecukupan informasi untuk memecahkan permasalahan, (2) sebagian kecil siswa salah dalam membuat model matematika dari permasalahan serta menyelesaikannya, (3) sebagian kecil siswa salah dalam memilih serta mempraktikkan strategi untuk menyelesaikan permasalahan matematika, serta (4) sebagian kecil siswa salah dalam mengecek ulang kebenaran hasil ataupun jawaban dari permasalahan matematika. Selanjutnya berdasarkan perspesktif Newman, diperoleh bahwa: sebagian kecil siswa melakukan kesalahan membaca, sebagian kecil siswa melakukan kesalahan memahami, sebagian kecil siswa melakukan kesalahan transformasi, sebagian kecil siswa melakukan kesalahan proses, serta sebagian kecil siswa melakukan kesalahan pengkodean.

Keywords


analisis; kesalahan tahapan newman; kemampuan pemecahan masalah matematis; sistem persamaan linier tiga variabel

Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier berdasarkan Newman Kelas X-Mia di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Prosiding SNMPM II, 346–359. Cirebon: Pendidikan Matematika Universitas Swadaya Gunung Jati.

Angela, F., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Peluang Empirik dan Teoretik pada Siswa Kelas Viii SMP di Kabupaten Siak. Axiom Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 15–25. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7692

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1), 71–78. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4775

Dewi, S. P., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cedekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Laelatunnajah, N., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Pengaruh Strategi REACT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis bagi Siswa Kelas VIII SMP N 3 Pabelan Kabupaten Semarang. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 91–105.

Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, & Nusantara, T. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 43–56. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1991

Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots berdasar Teori Newman. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.52166/ujmc.v4i1.845

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher order Thinking Skill ditinjau dari Gender. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851

Novitasari, & Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137–147. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.461

Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2). https://doi.org/10.31949/th.v1i2.384

Resmiati, T., & Hamdan, H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 177–186. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p177-186

Rohmah, L., P., S. H. B., & Yushardi. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMAN Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 328–333. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i4.9653

Solehah, A., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pembelajaran Daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–186. https://doi.org/10.56704/jirpm.v1i2.8910

Wicaksono, B., Nufus, H., & Hasanuddin. (2021). Analysis of Newman’s Error in Solving Problems on Two Variable Linear Equations Material based Mathematical Critical Thinking Ability of Cognitive Style and Students’ Habits of Mind. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(2), 26–32. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i2.87

Yuzalia, Y., Nufus, H., & Hasanuddin. (2021). Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal pada Materi Himpunan Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 113–122. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12148

Zetriuslita, & Ariawan, R. (2017). The Effectiveness of Problem-Based Learning Materials In Improving Students ’Mathematical Critical Thinking Skills: A Study In Calculus Course. 6th International Conference on Education, Humanities and Social Sciences Studies (EHSS-17), 51–53. Singapore: EARHM.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.16170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter