Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Newman pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier berdasarkan Newman Kelas X-Mia di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Prosiding SNMPM II, 346–359. Cirebon: Pendidikan Matematika Universitas Swadaya Gunung Jati.
Angela, F., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Peluang Empirik dan Teoretik pada Siswa Kelas Viii SMP di Kabupaten Siak. Axiom Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 15–25. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7692
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1), 71–78. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4775
Dewi, S. P., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cedekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597
Laelatunnajah, N., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Pengaruh Strategi REACT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis bagi Siswa Kelas VIII SMP N 3 Pabelan Kabupaten Semarang. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 91–105.
Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, & Nusantara, T. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 43–56. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1991
Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots berdasar Teori Newman. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.52166/ujmc.v4i1.845
Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher order Thinking Skill ditinjau dari Gender. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851
Novitasari, & Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137–147. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.461
Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2). https://doi.org/10.31949/th.v1i2.384
Resmiati, T., & Hamdan, H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 177–186. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p177-186
Rohmah, L., P., S. H. B., & Yushardi. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMAN Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 328–333. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i4.9653
Solehah, A., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pembelajaran Daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–186. https://doi.org/10.56704/jirpm.v1i2.8910
Wicaksono, B., Nufus, H., & Hasanuddin. (2021). Analysis of Newman’s Error in Solving Problems on Two Variable Linear Equations Material based Mathematical Critical Thinking Ability of Cognitive Style and Students’ Habits of Mind. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(2), 26–32. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i2.87
Yuzalia, Y., Nufus, H., & Hasanuddin. (2021). Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal pada Materi Himpunan Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 113–122. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12148
Zetriuslita, & Ariawan, R. (2017). The Effectiveness of Problem-Based Learning Materials In Improving Students ’Mathematical Critical Thinking Skills: A Study In Calculus Course. 6th International Conference on Education, Humanities and Social Sciences Studies (EHSS-17), 51–53. Singapore: EARHM.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.16170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER