PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 23 PEKANBARU

Susda Heleni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPN 23 Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Aktivitas dan data hasil pembelajaran didapat dari data aktivitas dengan menggunakan lembaran observasi dan ulangan harian.  Data yang telah di kumpulkan nilainya dianalisa secara statistik. Hasil dari pembelajaran pada siklus pertama ditemukan peserta didik yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebanyak 15 orang dengan persentase ketercapaian KKM 37,5% dan pada siklus kedua jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 orang dengan persentase ketercapaian KKM 45%, ini bertambah dari sebelumnya dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan persentasi 22,5%. Penghargaan yang diterima pada siklus pertama adalah  dua kelompok mendapat penghargaan baik, tujuh kelompok mendapat  penghargaan hebat dan satu kelompok mendapat penghargaan super, sedangkan pada siklus kedua lima kelompok mendapat penghargaan hebat dan lima kelompok mendapat penghargaan super. Kesimpulan dari pembelajaran menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII b SMPN 23 Pekanbaru semester genap tahun pelajaran 2011/2012 pada materi pokok Lingkaran.

 


Keywords


Pembelajaran kooperatif, two stay two stray, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, Supardi., 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.

BSNP., 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan JenjangPendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas, Jakarta.

[ 3] Depdiknas., 2008, Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal, Depdiknas,Jakarta

Lie, A., 2002, Cooperatif Learning, Grasindo, Jakarta.[

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

Slavin, R.E., 2010, Cooperative Learning, Theory Research and Practise, Terjemahan Narulita Yusron, Nusa Media, Bandung

Suyanto., 1997, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Dikti Depdikbud Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter