Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Mts Al-Muttaqin Pekanbaru

Annisah Kurniati, Diny Marliny, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru yang belajar menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan belajar menggunakan pembelajaran langsung, apakah terdapat kontribusi self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, dan apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII putri MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.B sebagai kelas kontrol dan kelas VII.C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal posttest kemampuan pemahaman konsep matematis, angket self efficacy, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t, Pearson Product Moment dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran treffinger dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Terdapat kontribusi self efficacy sebesar 4,9027% yang artinya self efficacy memiliki kontribusi yang lemah, dan 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Treffinger dengan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (tps) Di Smp Negeri 20 Palembang. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 115–128. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4859

Gani, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(3), 337–343. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700

Hendriana, H. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT. Refika Aditama.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326

Kurniati, A., Jannah, N., & Fitraini, D. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 51–62. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.11334

Latifah, S., Basyar, S., & Sasmiyati, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kecakapan Berpikir Rasional Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 156–169. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i2.2248

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Mz, Z. A., & Muhandaz, R. (2019). Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Self efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah di Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8254

Nahdi, D. salim. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.711

Octariantari, E. D., Fitriani, S., & Aisyah, A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas Viii Smp Nommensen Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.33087/phi.v3i1.60

Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:6POCt5hpbeMJ:https://mint otulus.files.wordpress.com/2012/04/permendikbud-no-58-tahun-2014-tentangkurikulum-smp.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d

Ranti, F., & Kurniati, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa berdasarkan Self-Efficacy Siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 021–030. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9013

Rohmah, Z. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika melalui Model Tutor Sebaya dengan Pendekatan Saintifik sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas Inklusif. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 149–158. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8171

Rosiyanti, H., & Wijayanti, E. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Sikap Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.37-44

Samosir, B. S., & Harahap, A. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Di Sma Negeri 1 Angkola Barat. PeTeKa, 1(2), 54–61. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i2.54-61

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran matematika(cara meningkatkan kemampuan berpikir siswa). Graha Ilmu.

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 87–94. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter