PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI MELALUI BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH PP-MTI TG. BERULAK KECAMATAN KAMPAR
Abstract
Tujuan kegiatan ini adalah untuk membimbing siswa agar dapat bertingkah laku yang dapat menyiaapkan dan memahami serta menyiapkan diri dan kemampuan mengadapai dunia kerja setelah tamat dari sekolah. Diharapkan siswa memahami lingkungan serta dapat menyesuaikan diri di masyarakat, maka diperlukan bimbingan. Semakin komplek dan beragamnya kehidupan individu serta perkembangan teknologi yang semakin cepat, mengakibatkan terjadinya masalah-masalah dalam kehidupan individu seperti pemilihan karir, pencapaian dan perkembangan karir. Oleh sebab itu untuk menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan karir, pelayanan bimbingan karir belum memadai untuk menghadapi permasalahan tersebut, tetapi diperlukan pelayanan yang lebih mendalam dan intensif. Pelayanan bimbingan konseling bidang pengembangan karir ditujukan agar siswa mampu: memahami diri, memahami lingkungan/dunia kerja dalam tatanan hidup tertentu, dan mengembangkan rencana serta kemampuannya untuk mengambil keputusan realistik tentang karir dan masa depannya. Dengan pelatihan pengembangan diri melalui bimbingan karir di Madrasah Aliyah PP-MTI Tg. Berulak dilakukan dengan memberikan layanan informasi, layanan orientasi, konseling perorangan layanan bimbingan kelompok , penempatan dan penyaluran sehingga dapat membantu siswa dalam mengenal diri dan lingkungan, membantu siswa dalam merencanakan karir dimasa yang akan datang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi diri. membantu guru dalam menempatkan siswa siswa sesuai dengan pilihan jurusan yang minatinya
Keywords
pengembangan diri; bimbingan karir; siswa
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/menara.v13i1.846
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
LPPM UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Gedung Islamic Center UIN Suska Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Tuah Madani, Pekanbaru
Email : jurnalmenara@uin-suska.ac.id
Menara by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Menara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats