Peran Komunikasi Pemasaran dalam UMKM : Pembelajaran untuk Pemberdayaan UMKM Kelompok Wanita Tani di Pedesaan

Nurlela Nurlela, Ine Anggraini

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian lokal maupun nasional. UMKM berperan dalam penyerapan tenaga kerja, mengatasi kemiskinan, dan pendistribusian hasil-hasil pembangunan. UMKM biasanya berproduksi dalam skala kecil dan memerlukan perhatian dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Komunikasi pemasaran dapat menjadi strategi bagi setiap UMKM untuk belajar mengenalkan produk yang dihasilkan kepada pihak lain atau khalayak ramai sehingga memiliki pemahaman dan maksud yang sama terhadap produk serta merek yang dijual. Berbagai jenis bauran komunikasi pemasaran dapat dipilih dan disesuaikan dengan jenis produk dan fasilitas yang dimiliki. Setiap UMKM selain fokus dalam menghasilkan produk yang berdaya saing, juga harus dapat memasarkan apa yang mereka hasilkan. Pada tahap awal, setiap UMKM harus dapat membaca kebutuhan pasar berkaitan dengan riset pasar, sehingga mereka dapat menghasilkan produk sesuai dengan segmen pasar yang dituju. Selanjutnya UMKM dapat menggunakan sarana komunikasi yang dimiliki dan bergabung dengan sentra UMKM sesuai jenis usaha yang dimiliki. Dengan menggunakan komunikasi pemasaran yang baik, maka akan berdampak pada kemajuan usaha yang dilakukan dan UMKM akan tumbuh menjadi UMKM yang berdaya saing.

 


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Segmentasi Pasar, UMKM, Berdaya Saing, Desa Kalentambo

Full Text:

PDF

References


Belch, G.E. and Belch, M.A., (2004). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. Boston: McGraw Hill-Irwin.

Fill,C., (1999). Marketing Communications: Contexts, Contents, and Strategies. Herthfordshire: Prentice Hall.

Isnaini, S., (2009). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu sebagai Penyampai Pesan Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, Th. XXII. No. 4, Oktober–Desember 2009, 324–332

Pisicchio, A. C., & Toaldo, A. M. M. (2020). Integrated marketing communication in hospitality SMEs: analyzing the antecedent role of innovation orientation and the effect on market performance. Journal of Marketing Communications, 1-20.

Sule, E. T. dan Saefullah, K., (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenada Media.

Wardati, N. K., & Mahendrawathi, E. R. (2019). The impact of social media usage on the sales process in small and medium enterprises (SMEs): A systematic literature review. Procedia Computer Science, 161, 976-983.

Watie, E. D. S. (2012). Periklanan dalam media baru. The Messenger. Vol.IV. Nomor 1.

Yuswohady, (2012). Consumer 3000: Revolusi Konsumen Kelas Menengah Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/menara.v16i2.19427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         

 


Editorial Office:

LPPM UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Gedung Islamic Center UIN Suska Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Tuah Madani, Pekanbaru

Email : jurnalmenara@uin-suska.ac.id

Creative Commons License

Menara by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Menara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats