Komunikasi Efektif dengan Menggunakan Teknik S.B.A.R pada Staf dan Karyawan RS Mata Pekanbaru Eye Center
Abstract
RS Mata Pekanbaru Eye Center merupakan rumah sakit khusus mata yang berlokasi di Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. RS MATA Pekanbaru Eye Center hadir sebagai rumah sakit khusus mata. Dengan fasilitas yang lengkap, peralatan canggih dan staf yang professional, RS Pekanbaru Eye Center mampu memberikan pelayanan yang maksimal dan terbaik sehingga tercipta kenyamanan dalam setiap pelayanan kepada pasien dan keluarga. Untuk menciptakan standar pelayanan serta peningkatan mutu pada rumah sakit, pemerintah melakukan asesmen terhadap rumah sakit secara berkala dengan melaksanakan akreditasi. Salah satu syarat akreditasi tersebut adalah terpenuhinya pelatihan komunikasi efektif kepada seluruh karyawan dan staf rumah sakit tersebut. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di RS Pekanbaru Eye Center untuk membantu dan mensuport akreditasi yang akan dilaksanakan bulan desember tahun ini, dan juga melatih Komunikasi efektif karyawan dan staff RS Pekanbaru Eye Center dengan metode SBAR untuk memberikan solusi menghindari kesalahan dalam komunikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, Tutu April. (2018). Komunikasi Perawatan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Fitria, C. (2013). Efektivitas pelatihan komunikasi SBAR dalam meningkatkan motivasi dan psikomotor perawat ruang medikal bedah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Yogyakarta: Program Magister Manajemen Rumah Sakit. 2011
Ganiem, Leila Mona. (2018). Komunikasi Kedokteran Konteks Teoritis dan Praktis. Jakarta: Prenadamedia Group
Hadi, Irwan. (2016). Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublik
Hilda, Nurhidayah & Arsyawina. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Komunikasi Efektif oleh Perawat di Ruangan Rawat Inap. Mahakam Nursing Jounal. Vol2. No1. 2017
Hyang, Oh Su. (2018). The Secret Habits to Master Your Art of Speaking. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer
Kementrian Kesehatan RI (2020). Instrumen Survei Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit 1.1. Kementrian Kesehatan RI. 2020
Muhdar dkk, (2021). Manajemen Patient Safety. Jakarta: Tahta Media Group
Supinganto, Agus, Misroh M, Suharmanto, (2015) Identifikasi Komunikasi Efektif SBAR (Situation, Background, Assesment, Recommendation). Stikes Yars Mataram
Uripni, Christina Lia. Sujianto,Untung & Indrawati, Tatik. (2003). Komunikasi Kebidanan. Jakarta: Buku Kedokteran EDG
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/menara.v15i1.13555
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
LPPM UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Gedung Islamic Center UIN Suska Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Tuah Madani, Pekanbaru
Email : jurnalmenara@uin-suska.ac.id
Menara by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Menara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats