Pendampingan Penerapan Social Media Marketing Untuk Promosi Produk Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Bengkalis

Evawani Elysa Lubis, Rusmadi Awza, Rumyeni Rumyeni

Abstract


Bengkalis adalah salah satu kabupaten yang memiliki jumlah Industri Kecil dan Menengah (IKM/UKM) terbanyak di Provinsi Riau. Namun demikian beberapa tahun belakangan perolehan laba dari IKM/UKM di wilayah tersebut telah mengalami penurunan. Kondisi ini menjadikan IKM/UKM tersebut dituntut untuk lebih gencar melakukan kegiatan promosi agar produk-produk dari daerah tersebut lebih banyak dikenal dan dibeli oleh konsumen. Penggunaan media sosial sebagai media promosi sangatlah penting untuk diterapkan guna meningkatkan penjualan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan tentang penerapan pemasaran melalui media sosial (social media marketing) sebagai media promosi untuk produk-produk yang dihasilkan oleh pengusaha IKM dan juga Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) di Kabupaten Bengkalis. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat bulan dengan kegiatan utama dilaksanakan di kantor Disperindag Kabupaten Bengkalis. Peserta yang hadir lebih dari empat puluh orang yang terdiri dari para pengusaha IKM yang ada di Bengkalis serta para staf dan pegawai Disperindag itu sendiri. Respon yang positif telah diberikan para peserta atas kegiatan tersebut. Dari kegiatan ini diketahui bahwa tidak seorang pun dari peserta yang menggunakan media sosial sebagai media promosi produk mereka. Sebagian besar peserta juga belum memiliki pengetahuan yang baik dalam menggunakan teknologi informasi berbasis internet. Melalui kegiatan pendampingan ini, para pengusaha IKM mendapatkan pengetahuan baru serta kemampuan awal dalam penerapan social media marketing yang sangat bermanfaat bagi pengembangan usaha terutama dalam hal promosi produk mereka.


Keywords


social media marketing, promosi, Industri Kecil dan Menengah (IKM)

Full Text:

PDF

References


Anggoro, et. al. 2009. Direct Marketing dan Online Marketing. Jakarta: Universitas Sahid.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Realtions Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Evan, Dave. Mckee, Jake. 2010. Social media marketing: The Next Generations of Business Engagement. Canada: Wiley Publishing.

Kaplan, A.M. & Haenlein. M. 2010. Users of The World. Unite! The Challenges and Oppurtunities of Social Media. Bussines Horizons. 53. 59-68.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan Hilid 2 Edisi Milienium. Jakarta : Prenhallindo.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Erlangga

Solis, Brian. 2011. Engage : The Complete Guide for Brands and Businesses to Build. Cultivate. and Measure Succes in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons

Stelzner, A. Micheal. 2013. 2013 Social media marketing Industry Report: How Marketeers Are Using Social Media to Grow Their Bussinesses. Social Media Examiner.

www.disperindagkop.tanahbumbukab.go.id/industri_kecil_menengah/2012




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/menara.v15i1.12878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         

 


Editorial Office:

LPPM UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Gedung Islamic Center UIN Suska Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Tuah Madani, Pekanbaru

Email : jurnalmenara@uin-suska.ac.id

Creative Commons License

Menara by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Menara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats