Analisis Tumbuh Kembang Anak Usia Dini dengan Asesmen Anecdotal Record

Zulfadhly Mukhtar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan guru dalam melaksanakan asesmen Anecdotal Record dengan langsung mencatat perilaku insidental pada anak. Hal ini berdampak pada keaktifan orang tua dalam memberikan stimulus kepada anak sesuai saran dari guru berdasarkan asesmen Anecdotal Record saat itu. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek apa saja yang diukur melalui asesmen Anecdotal Record dan bagaimana proses penilaian baik dari segi perencanaan dan pelaksanaan, serta apa saja kelebihan, manfaat dan kelemahan asesmen Anecdotal Record di KB Fun Islamic School Purworejo. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Sumber data dalam penelitian ini diantaranya: kepala sekolah dan guru PAUD. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penulis menguji keabsahan atau validitas data menggunakan teknik triangulasi dengan uji kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua aspek tumbuh kembang anak menjadi prioritas asesmen Anecdotal Record. Perencanaan penilaian dilakukan dengan menentukan aspek prilaku yang akan dicatat, menentukan observer penilaian, dan menentukan bentuk Anecdotal Record yang digunakan. Sedangkan pelaksanaan asesmen Anecdotal Record tidak dilakukan terhadap semua anak. Guru inti dan guru pendamping berkolaborasi untuk mencatat peristiwa atau perilaku insidental yang terjadi pada beberapa anak saja.


Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media

Aghnaita. 2017. “Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014”. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 3 No. 2. 219-234.

Alya Amarul Hani. 2019. “Evaluasi Pembelajaran pada PAUD”. Jurnal Care: Children Advisory Research and Education. 7 (1), 51-56.

Aris Priyanto. 2014. “Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain”. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 02(XVIII), 41-47.

Anita Yus. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. UU RI Nomor 20 tahun 2003.https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf, diakses tanggal 23 Juni 2019.

Hariyanto, dan Ismet Basuki. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ifat Fatimah Zahro. 2015. “Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini”. Jurnal Tunas Siliwangi. 1(1), 92-111.

Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Khoirul Bariyyah. 2016. “Asesmen Perkembangan Moral Agama pada Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.2 No. 1.

Mansur. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam (cet. Ke-V). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masnipal. 2018. Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT. REmaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukma Dinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nining, Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Https://catatannining.wordpress.com/tag/catatan-anekdot/ diakses tanggal 2 April 2020.

Novan Ardy Wiyani. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Perpres RI No. 60. Tahun 2013. Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. https://www.banpaudpnf.or.id/upload/ download-center/ Perpres%20 No.60%20 Tahun% 202013% 20tentang%20PAUD%20Holistik%20Int_1508752939.pdf, diakses tanggal 23 Juni 2019.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN%20KEMENDIKBUD%20Nomor%20146%20Tahun%202014%20KURIKULUM%202013%20PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI.pdf, diakses tanggal 2 April 2020.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN%20KEMENDIKBUD%20Nomor%20137%20Tahun%202014%20STANDAR%20NASIONAL%20PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI.pdf, diakses tanggal 2 April 2020.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suhada, I. 2016. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suminah, E. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Simulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Suyadi & Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyadi. 2016. “Perencanaan dan Asesmen Perkembangan pada AUD (Studi kasus pada lembaga PAUD/TK/RA) di DIY Yogyakarta”. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 1. 65-74.

Wahyu Purwasih. 2018. “Teknik Penilaian Unjuk Kerja dan Catatan Anekdot sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Anak di PAUD Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah”, Jurnal Warna, Vol. 2, No. 2, 76-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.