Membangun Kepedulian Sosial Anak Melalui Strategi Pembelajaran Konsiderasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pentingnya pembelajaran konsiderasi dan pengaruhnya terhadap keidupan anak, (2) Mengetahui strategi pembelajaran konsiderasi di Jogja Green School. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah melakukan reduksi data, menyajikan data baru kemudian menarik kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa model konsiderasi berhasil membentuk karakter anak usia dini, melalui pembiasaan, modeling, reward dan punishment serta belajar menerima rasa kecewa. Sehingga, anak mampu menunjukkan perilaku-perilaku yang baik dalam kesehariannya. Anak mampu beinteraksi dengan baik serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Alifah, Fitriani Nur. 2019. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif.” Tadrib 5 (1): 68–86.
Carolyn Meggitt. 2013. Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.
Fiaji, Noveria Anggraeni. 2019. “Pergeseran Nilai Moral Dalam Meme „Kids Jaman Now.‟” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter 2 (1): 91–102. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.7.
Hastuti, Dwi. 2009. “Stimulasi Psikososial Pada Anak Kelompok Bermain Dan Pengaruhnya Pada Perkembangan Motorik, Kognitif, Sosial Emosi, Dan Moral/Karakter Anak.” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 2 (1): 41–56. https://doi.org/10.24156/jikk.2009.2.1.41.
J.R, Sutarjo Adisusilo. 2013. Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi
Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Khasinah, Siti. 2013. “Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam Dan Barat.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 13 (2). https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.480.
Maria Montessori. 2013. Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD
(Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munandar, S. C. Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan: Stategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan
Bakat. Jakarta: Gramedia.
Nurul Zuriah. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform
Pendidikan Budi Pekerti secara Konteksual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara
Prianggita Veny Agustini. 2016. “Penerapan Model Konsiderasi dan Pembentukan Rasional dalam pembelajaran”. April 2016. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2 (1), 72-80
Ridwan Abdullah Sani. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Rifa Hidayah. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN Malang Press.
Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter. 1(1).
Sunarto dan B. Agung Hartono. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Soenarko, Bambang, dan Endang Sri Mujiwati. 2015. “Peningkatan Nilai Kepedulian Sosial melalui Modifikasi Model Pembelajaran Konsiderasi pada Mahasiswa Tingkat I Program Studi PGSD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.” April 2015. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/85.
Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2016. Konsep Dasar PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taufik. 2012. Empati: Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Uhar Suharsaputra. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama
Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada media.
Yulida, Dea, Nandi Warnandi, dan Dedy Kurniadi. 2018. “Model Konsiderasi Untuk Melatih Keterampilan Sosial Anak Dengan Hambatan Emosi Dan Perilaku.” JASSI ANAKKU 18
(2): 15–21.
Yus Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.