Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Dalam Membaca Al-Qur’an Di Tk Rahmat Damai Aceh

Fatmawati Fatmawati

Abstract


The researcher aims to see the language development of children through visual audio with group B children with a sample taken 37 children consisting of one class B1 totaling 19 people who made 10 children as the control class and 18 more as the experimental class. Population and Research Samples

Population is all data that researchers pay attention to in a scope, and a predetermined time. In this study the subject is determined as a source of data relevant to the problem under study to study and draw conclusions. The sample is the population or subject chosen and determined as a source of data or sources of information from the study. Sampling is done by purposive sampling technique which means it is a technique of determining the sample with certain considerations. Based on the results of research students in classes B1 and B2 show that 3 students get high test results, then 22 students get test results with enough categories, and 12 students get the test results in the low category, in knowing and how in the paragraph. A student is called complete learning if he / she scores at least 75 of the ideal grade. In a class students are called complete learning if the class there are at least 85% of students who complete.

 

Keywords : Audio visual, develops children's language

Full Text:

PDF

References


Busthomi. Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi Dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Publishing 2012

Djamarah, Syaiful Bahri. Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga: membangun cintra membentuk pribadi anak. Jakarta : Rineka Cipta

Dokumen TK Rahmad Damai Aceh Timur , 2018/2019.

H. Hamruni. Konsep Edutainment Dalam Pendidikan Islam. Bidang Akademik:Yogyakarta 2008

Isjono. Model Pembelajaran Anak Usia Dini.( Bandung : alfabeta, cetakan ke 3) 2011

Jasmani, Julia. Panduan prakti mengajar berbasis Multiple Intelligences. Nuansa Bandung: 2007

Kementrian Pendidikan Nasional RI Direktorat Jendral Manajemen Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan TK Dan SD, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang standar pendidikan Anak Usia Dini

Khadijah. Perkembangan kongnitif anak usia dini. Medan: perdana publishing., 2016Permendikbud No 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini

Munib, Achmad. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press 2012

Ngalimun. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo 2012

Ramadhani, Aqmarina. Pengaruh Pembelajaran SAVI. Jurnal Model Pembelajaran, Volume 1, Nomor, 8 tahun 2017.,

Saputra, Fatimah, Khadijah, Edi. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Di Raudhatul Athfal Al- Hafizh. Jurnal kecerdasan interpersonal, volume 2, nomor 2 Tahun 2011

Sirega, Sarmaida r. tentang pengaruh model Audio Visual terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang bahaya merokok di SMP Negeri 2 Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara.( tesis Pascasarjana Universitas Sumatra Utara)

Siregar, Sarmaida. tentang pengaruh model Audio Visual terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang bahaya merokok di SMP Negeri 2 Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara.( tesis Pascasarjana Universitas Sumatra Utara)

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.jakarta: Rineka cipta 2010

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta 2010

Sujana, Cristine. Cara mengembangkan berbagai komponen kecerdasan. Jakarta: indeks 2008

Sujiono, yuliani Nuraini dan sujiono. Bandung, bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: indeks 2010

Suparno, Paul. Teori inteligensi ganda. Yogyakarta: Kanisius. 2004

Susilo, M. Joko. Gaya Belajar Menjadikan Lebih Pintar. Yogyakarta: Pinus 2006

Suyadi. Psikologi Belajar PAUD. (yogyakarta: PEDAGOGIA) 2010

Trianto. Model- model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: prestasi pustaka. 2007

Trianto. Model- model pembelaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi pustaka. 2007

Undang- undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, (Bandung: Citra Umbara W.J.S)

Urwanto, Ngalim P. Psikologi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.