Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu

Ilham Kurnia

Abstract


This study aims to determine the effect of image coloring activity on fine motor group B children in PAUD Bukit Selanjut Kelayang Sub-district Indragiri Hulu Regency. This research is an experimental research using one-group pretest-posttest design to know comparison before and after treatment. Subjects of this study amounted to 7 children, with the objects is the influence of picture coloring activities on motor fine capabilities of group B Children in PAUD Bukit Selanjut Kelayang Sub-district Indragiri Hulu Regency. The population of this research is students in kindergarten PAUD Bukit Selanjut Kelayang Sub-district Indragiri Hulu Regency amounting to 13 children, whith a sample of 7 children consisting  4 from a man dan 3 from a woman. The sample is done by purposive sampling technique, that is by determining the sample through certain consideration.  Data collection techniques used are test, observation and documentation. While the technique of data analysis using t-test test using SPSS Windows ver. 17. The results showed that thitung = 27,000 with Sig = 0,000. Because sig value <0,05 and thitung = 27,000 bigger than ttabel = 2,447, it can be concluded that there is significant influence after giving treatment in picture coloring activity. so Ho is rejected Ha accepted which means there is influence before and after being treated to fine motor abilities of children. The influence of picture coloring activity on fine motor ability of group B children in PAUD Bukit Selanjut Kelayang Sub-district Indragiri Hulu Regency is 56,25% (in medium category).

Keywords: Smooth Motor Capability, Picture Coloring Activity


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan. Syaamil Qur’an. Bandung: Departemen Agama.

Ardy Wiyani Novan. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD Dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu Aristyadewi Ni Made, dkk, Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Menggambar Dekoratif Media Krayon Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus, (Volume 3 No.1 – Tahun 2015), E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Beal Nancy dan Gloria Bley Miller. (2003). Rahasia Mengajar Seni Pada Anak di Sekolah dan di Rumah. Penerjemah: Fretty H. Pangabean. Yogyakarta: Futuh Printika.

D. Tilong Adi. (2016). 49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan dan Kiri Anak. Yogyakarta: Laksana.

Decaprio Richard. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Dimyati Johni. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD). Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Endang Susilowati Siti. NIM. A53I130049. (2015). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok A TK Pertiwi Bergolo. Pdf.

Fadhilah Nurul, NIM 10111244028. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B TK Kklkmd Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Pdf.

http://www.e-jurnal.com/2014/01/faktor-faktor yang mempengaruhi motorik. html

Ikhwani Syaputri Hesty. NIM 1305113419. (2017). Pengaruh Media Stick Puppets Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Pdf.

Indraswari Lolita, Jurnal Pesona PAUD Vol.1.No.1, email: lolita.Indraswari @gmail.com.

Pamilu Anik. 2008. Mengoptimalkan Keajaiban Otak Kanan dan Otak Kiri Anak. Magelang: Pustaka Horizona.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, No 137, Tahun 2014, Standar Tingkat Pencapaian Kemampuan Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Lingkup Perkembangan Motorik Halus.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 58 Tahun 2009, Lingkup Perkembangan Motorik Dalam Bidang Motorik Halus Anak Usai 5-6 Tahun.

Sri Murdiani Niluh, Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar Dalam meningkatkan Motorik Halus Anak Di Kelompok B Tk Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong, Pdf.

Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugioyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri Ms. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakatra: Departemen Pendidikan Nasional.

Yaumi Muhammad dan Nurdin Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak(Multiple Intelligences). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.