Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Nilai Moral Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Nilai Moral Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2018-Maret 2019 bertempat di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Murid-murid di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, terdiri dari dua kelas yang akan diteliti oleh peneliti yaitu B2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 10 murid dan B1 sebagai kelas kontrol berjumlah 10 murid, jumlah keseluruhan 20 murid, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh metode karyawisata terhadap aspek perkembangan nilai moral anak kelompok B di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah maka data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase dan untuk menganalisis pengaruh metode karyawisata terhadap aspek perkembangan nilai moral anak kelompok B di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, dengan pendekatan Kuantitatif digunakan Desain Matching Pretest-Postest Control Group Design. Setelah dilakukan teknik analisis data, ternyata penggunaan metode karyawisata mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap aspek perkembangan nilai moral anak di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil belajar yang dicapai oleh anak, yang terlihat pada hasil penelitian di kelas eksperimen yang telah diberi metode karyawisata dari nilai rata-rata 35,5 pada skor pretest meningkat menjadi 90 pada skor posttest.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Nilai Moral Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2018-Maret 2019 bertempat di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Murid-murid di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, terdiri dari dua kelas yang akan diteliti oleh peneliti yaitu B2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 10 murid dan B1 sebagai kelas kontrol berjumlah 10 murid, jumlah keseluruhan 20 murid, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh metode karyawisata terhadap aspek perkembangan nilai moral anak kelompok B di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah maka data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase dan untuk menganalisis pengaruh metode karyawisata terhadap aspek perkembangan nilai moral anak kelompok B di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, dengan pendekatan Kuantitatif digunakan Desain Matching Pretest-Postest Control Group Design. Setelah dilakukan teknik analisis data, ternyata penggunaan metode karyawisata mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap aspek perkembangan nilai moral anak di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil belajar yang dicapai oleh anak, yang terlihat pada hasil penelitian di kelas eksperimen yang telah diberi metode karyawisata dari nilai rata-rata 35,5 pada skor pretest meningkat menjadi 90 pada skor posttest.
Kata Kunci :Metode Karyawisata, Perkembangan Nilai Moral
Full Text:
PDFReferences
Mulyasa, (2012).Manajemen PAUD,Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugraha,Ali, dan Yeni Rahmawati. (2004). Metode Pengembangan Sosial Dan Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka.
Nursyahidah, Farida, Penelitian Eksperimen, pdf
Http.Repository.iainpurwokerto.ac.id
Satibi, Otib Hidayat, (2014).Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama.Universitas Terbuka.
Santrock, John W, (2007).Perkembangan Anak, Jakarta: PT Erlangga.
Sjarkawi, (2006).Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara.
Soemiarti, Patmonodewo, (2000). Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D: Bandung: CV Alfabeta.
Suyadi, (2013).Konsep Dasar PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widiatmoko, Hani, (2014). Ketika Anakku Siap Menikah, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Yamin, Martinis, (2003). Strategi Dan Metode Dalam Model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yaumi, Muhammad, (2014). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan Dengan Kurikulum (2013). Jakarta: Kencana.
Yusnita, Erma, “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercakap-Cakap dengan Media Gambar pada Anak Usia 4-5 Tahun Paud Terpadu Khairunnisak, Skripsi FKIP Unri (2015).
Zuhartati, Nela, “Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Prilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah II Pekanbaru, Skripsi STKIP Aisyiyah Riau (2014).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.