Peran Kegiatan Fun cooking dan Country Project dalam Kemampuan Matematika Awal dan Berpikir Kritis Anak Usia Dini

Rini Herminastiti

Abstract


Abstract

This study aims to determine the role of fun cooking and country project in developing the ability of early mathematics and critical thinking of early childhood in PAUD AL-Fitri Jakarta. The subjects of this study were children aged 5-6 years in Group B which consist 10 children. The method used is a descriptive qualitative approach with data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The data is then processed through Engineering triangulation. Based on the results of the child's research, information was obtained that the activities of fun cooking and country projects that were integrated according to the theme had a role in the children ability of early Mathematics and critical thinking. Fun cooking and Country Project activities have a role in the ability of early Mathematics of children, especially in grouping, counting, calculating and weighing the amount of food that need to be processed or supporting activities. Fun cooking and Country Project activities have a role in children's critical thinking ability when children classify and connect the prepared food to certain regions in Indonesia or the world. In addition, when making these foods, children use their critical thinking skills when taking steps to cook in sequence, associating the amount of food with numerical symbols and the distinctiveness of taste, and the smell of food made.

 

Keywords: fun cooking, country project, early Mathematics ability, critical thinking ability.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran fun coooking dan country project dalam mengembangkan kemampuan Matematika awal dan berpikir kritis anak usia dini di PAUD AL-Fitri Jakarta. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun, Kelompok B berjumlah 10 orang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data selanjutnya diproses melalui triangulasi Teknik. Berdasarkan hasil penelitian anak, diperoleh informasi bahwa kegiatan fun cooking dan country project yang terintegrasi sesuai tema memiliki peran dalam kemampuan Matematika awal dan berpikir kritis anak. Kegiatan fun cooking dan Country Project memiliki peran dalam kemampuan Matematika awal anak terutama dalam mengelompokan, membilang, menghitung dan menimbang jumlah bahan makanan yang akan diolah ataupun kegiatan pendukung. Kegiatan fun cooking dan Country Project memiliki peran dalam kemampuan berpikir kritis anak ketika anak mengklasifikasikan dan menghubungkan makanan yang akan disiapkan merupakan makanan khas daerah tertentu di Indonesia atau dunia. Selain itu ketika membuat makanan tersebut anak menggunakan kemampuan berpikir kritisnya ketika melakukan langkah-langkah memasak secara berurutan, mengaitkan jumlah bahan makanan dengan simbol-simbol angka maupun kekhasan rasa, aroma dari makanan yang dibuat.

 

 

Kata Kunci:  fun cooking, country project, kemampuan matematika awal, kemampuan berpikir kritis

 


 

Full Text:

PDF

References


Amaros, Yosi & Rohita. (2018)."Peran Kegiatan Fun cooking dalam kemampuan Sosial Emosional dan Bahasa Anak" dalam Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol. 4, No. 4, September 2018.

Amelia, Viona., Musdi E., Amalita N. (2014). “Penerapan Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri 3 Padang” dalam Jurnal Pendidikan Matematika.

Baker, M. (1991). Relationships Between Critical and Creative Thinking. Texas Tech University. Press.

Cresswell, T. (2013). Geographic Thought: A Critical Introduction. West Sussex, UK: WileyBlackwell.

DePorter, Bobbi. dkk. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Fardani, Zuhur & Edi Surya. (2017). “Pembelajaran Matematika untuk Membangun KarakterBangsa”. https://www.researchgate.net/publication/321780441_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_UNTUK_MEMBANGUN_KARAKTER_BANGSA diakses tanggal 6 Maret 2019.

Gandy, S.K. (2007). Developmentally Appropriate Geography. Social Studies and the Young Learner.

Hartini, Puji. (2012). ”Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan Memancing Angka di Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agam” dalam Jurnal Pesona PAUD Vol. I No. 1 2012.

Hendra, Surya. (2013). Cara Belajar Orang Genius. Jakarta: Elex Media Komputindo

Johnson, Elaine B. (2007). Contextual Teaching and Learning. Mizan Learning Center (MLC). Bandung.

J. Appleton, and Nadien McCrea. (2011). Do Carrots Make You See Better? A Guide To Food and Nutrition in Early Childhood Programs. Maryland: Gryphon House.

Lubis, Cidartaty. (2013). BOGA DASAR 1, Bahan Ajar Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Tata Boga, Jakarta: kemendikbud.

Marwati, dkk. (2007). Peningkatan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pencapaian Keterampilan Wirausaha Bidang Boga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moersintowati.(2002). Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Jakarta: Sagung Seto.

Permendikbud. (2015). Peraturan Menteri No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud. Peraturan Menteri No.146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: kemendikbud.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Negeri Terbuka.

Sumarmo, Utari. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik dalam FPMIPA UPI Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.6993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.