Pengaruh Permainan Acak Geometri terhadap Perkembangan Kecerdasan Logika-Matematika Anak

Ruliana Fajriati, Ilmiyati Ilmiyati

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak didik belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan permainan acak geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan acak geometri terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak di TK Nasyithatun Nisa Teluk Kiambang Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 13 orang anak didik yang terdiri dari satu kelas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Prasyarat dan uji Hipotesis dengan menggunakan program SPSS 17. Hipotesis penelitian adalah kegiatan penggunaan permainan acak geometri mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak kelompok B di TK Nasyithatun Nisa. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data pada perbandingan pretest dan posttest yang diperoleh thitung= 50,229 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan permainan acak geometri dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh permainan acak geometri sebelum dan sesudah perlakuan. Pengaruh permainan acak geometri terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak di TK Nasyithatun Nisa sebesar 82,005%.

Kata Kunci: Perkembangan Kecerdasan Logika-Matematika, Permainan Acak Geometri


Full Text:

PDF

References


Armstrong, Thomas. 2009. Multiple Intelligences in the Class Third Edition.Terjemah oleh Dyah Widya Prabaningrum. Jakarta: Indeks.

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

HP., Novianto. Kamus Lengkap bahasa Indonesia. Solo: Bringin 55.

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Jamaris, Martini. 2017.Pengukuran Kecerdasan Jamak. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kadir. 2016. Statistika Terapan Edisi Kedua. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Khasanah, Ismatul dan Regelna Juniarti. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media APE “Kubus Angka” Pada Kelompok A TK Tunas Rimba 1 Semarang Tahun 2013/2014. Educhild.Vol.4 No. 1. Di ambil dari: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/2797 (25 Januari 2018).

Kurnia, Rita. 2009. Metodologi Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Kurnia, Rita. 2011. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Mulyasa, H.E. 2016. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurlita. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Metode Proyek pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mutiara Bunda Kecamatan Bangkinang Kota. Tugas Akhir. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Pekanbaru.

Pratiwi, Ellin Kartika. 2017. Pengaruh Permainan Kereta Api Geometri Terhadap Kemampuan Geometri Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Selat Baru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Tugas Akhir. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Pekanbaru.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, Desi Kumala. 2017. Penerapan Permainan Kartu Angka dalam Mengembangkan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun di TK Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung. Tugas Akhir. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/3252/1/Skripsi_Full.pdf (25 Januari 2018)

Seefeldt, Carol dan Barbara A. Wasik. 2006. Early Education: Three, Four, and Five Year Olds Go to School. Terjemah oleh Pius Nasar. Jakarta: Indeks.

Sugiono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: ANDI.

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.6975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.