PERSEPSI GURU TENTANG PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI GUGUS II MELATI KECAMATAN SIMPANG TIGA PEKANBARU
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di gugus II Melati kec. Simpang Tiga Kota pekanbaru. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpul data observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa pembelajaran sains mampu membantu guru untuk mengetahui apa yang anak inginkan dan menjelajah segala apa yang mereka harapkan Hasil penelitian data yang diperoleh adalah Persepsi Guru Tentang Pembelajaran sains di Gugus II Melati Kecamatan Simpang Tiga Kota Pekanbaru ditinjau dari aspek study tanaman atau tumbuhan cukup baik dan mampu menerapkan. Persepsi guru Terhadap Pembelajaran sains di Gugus II Melati kec. Simpang Tiga Kota Pekanbaru ditinjau dari aspek study tentang hewan atau binatang cukup baik akan tetapi masih mengalami kesulitan dalam mengadakan atau mendatangkan kedalam ruang kelas dan minimnya kebun binatang yang akan dikunjungi. Persepsi guru Terhadap Pembelajaran sains di Gugus Melati kec. Simpang Tiga Kota Pekanbaru ditinjau dari aspek study hubungan hewan dan tanaman cukup baik dan mudah menjelaskannya kepada anak Persepsi guru Terhadap Pembelajaran sains di Gugus II Melati kec. Simpang Tiga Pekanbaru ditinjau dari aspek hubungan aspek kehidupan masih dirasa sulit dijelaskan dan menyangkut sesuatu yang sangat kompleks.
Full Text:
PDFReferences
Anwar, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung:Alfabeta, Departemen Pendidikan Nasional.
Bimo Walgito, 2002, Pengantar Psikologi Umum, Andi Offset,Yogyakarta.
Iqbal Hasan, 2008, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Bumi Aksara, Jakarta.
Jhon Creswell, 2011, Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan, Pekanbaru, UMRI Press.
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jakarta:
Padmonodewo, Soemiarti.2000.Pendidikan Anak Pra Sekolah.Jakarta:Rineka Cipta.
Senjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukardi, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
Tim Docto Rabbit. 2005. Mengenal Sains. Jakarta: Erlangga For Kids.
Tim Penyusun Fakultas Negeri Padang. 2008. Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. UNP.
Slamento , 2003, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya , Jakarta, Rineka Cipta.
Sondang P.Siagian, 2002, Pengantar Ilmu Manajemen , Jakarta.
Sri Ningsih, 2010, makalah seminar, Jakarta.
Winardi, 2004, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta, Raja grafindo persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.