Stimulating Children's Fine Motor Development: Analysis of the Effect of Using Magic Straw Media

Nelviyanti Nelviyanti, Dewi Sri Suryanti

Abstract


This research aims to determine the effect of using magic straws on the fine motor development of children aged 5-6 years at Al-Muhsinin Kindergarten, Sungai Aur District, West Pasaman Regency, West Sumatra Province. This research uses a quantitative research approach with experimental research methods and uses a pre-experimental type with a one group pretest-posttest research design. The research subjects were teachers and children, while the object was the influence of using magic straws on the fine motor development of children aged 5-6 years at Al-Muhsinin Kindergarten. The population of this study was all children at Al-Muhsinin Kindergarten, totaling 25 children and the sample for this research was children aged 5-6 years, totaling 17 children, using the Purposive Sampling technique. Data collection techniques are observation, tests and documentation. The data analysis technique uses statistical analysis with a t-test using a formula using the SPSS version 29 program. The statistical t test results have a sig value. 0.001 < 0.05 with tcount = 32.168 > ttable = 1.753. So Ho is rejected and Ha is accepted, so it can be concluded that there is an influence of the use of magic straws on the fine motor development of children aged 5-6 years in Al-Muhsinin Kindergarten, Sungai Aur District, West Pasaman Regency, West Sumatra Province, namely 79.66 %.

Keywords: Magic Straws; Fine Motor Skills; Early Childhood

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sedotan ajaib (magic straws) terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muhsinin Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan menggunakan jenis pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah guru dan anak, sedangkan objeknya yaitu pengaruh penggunaan media sedotan ajaib (magic straws) terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muhsinin. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di TK Al-Muhsinin yang berjumlah 25 anak dan sampel penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 17 anak, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan uji t-test menggunakan rumus dengan menggunakan program SPSS versi 29. Hasil uji t statistik  nilai sig. 0,001 < 0,05 dengan  thitung  = 32,168 > ttabel = 1,753. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sedotan ajaib (magic straws) terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muhsinin Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat yaitu sebesar 79,66%.

Kata kunci: Sedotan Ajaib (Magic Sraws); Motorik Halus; Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Afandi, Achmad. 2019. Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia)

Arif, M., & Shofiyah, L. 2020. Penggunaan “ape magic straws” dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini. Jurnal Motoric, 4(2), 200-206.

Asmawulan, Tri, Lina Agustina, Dinda Kurnianingrum, dan Novia Herawati. 2023. “Media Goodie Book untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2): 2202–12.

Astindari, Tri, dan Indah Suryanti. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Pokok Bahasan Peluang Dengan Menggunakan Alat Peraga Sedotan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ma Badrul Arifin Seletreng Semestr Genap Tahun Pel.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 7(2): 165–86.

Aulina, C. N. 2017. Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. (Sidoarjo: Umsida Press)

Fatdyah Toys. 2023. “Mainan Magic Straws”. (Video) Tiktok. Diakses pada 6 Januari 2024, dari https://vt.tiktok.com/ZSF1mc8o7/

Guslinda, Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Hoiroh, D. L., Andriyana, R., & Adawiyah, R. A. 2023. Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Magic Straw di Tk Aba V. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 126-137.

Kepala PPPAUD dan Dikmas. 2020. Panduan Pengelolaan Looseparts. (Bandung: Kemendikbud)

Khadijah & Nurul Amelia. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. (Jakarta: Kencana)

Observasi di TK Al-Muhsinin, 9-12 Januari 2024.

Qibtiyah, M. L., Masitoh, S., & Bachri, B. S. 2021. Pengaruh Media Magic Straw terhadap Perkembangan Kognitif dan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 302-313.

Rosalianisa, R., Purwoko, B., & Nurchayati, N. 2023. Analysis of Early Childhood Fine Motor Skills Through the Application of Learning Media. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 4(3), 309-328.

Rudiyanto, Ahmad. 2016. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darussalam Press Lampung.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v8i1.37819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.