Utilization of used media to increase children's creativity

Shuhfa Arsyani, Sariah Sariah, Heldanita Heldanita, Norhaizian Seman

Abstract


The background to this research is that children's creativity is less than optimal so they receive special treatment. This research aims to determine the effect of using used cardboard, plastic bottles and bottle caps on a population of 11 students. The time for carrying out this research was from April to May 2024. The subjects in this research were class B students at Kindergarten 011 Permataku, the object of the research was the effect of using used media on increasing the creativity of children aged 5-6 years in Group B Kindergarten 011 Permataku Merangin Village, Kuok District, Kampar Regency. This research is quantitative research using the one group pretest experimental design method with a t-test or a calculated t test > t table. If t count > t table then HO is rejected and Ha is accepted with the help of the SPSS application program. The data collection techniques use observation, interviews, tests and documentation. Based on the pretest data, the average was 42.5% in the MB (Starting to Develop) category, after posttest data the average was 84.0% in the BSB (Very Well Developing) category. This shows that implementing the use of used goods can influence the increase in creativity of the children of Kindergarten 011 Permataku. Based on the analysis of the data results in the experimental class, the t count statistical test value for the used goods variable was 9,453, while the t table was 2,178, this means t count > t table or (9,453 > 2,178).  So it can be concluded that there is a significant influence after using used cardboard, plastic bottles and bottle caps on increasing the creativity of children aged 5-6 years at Kindergarten 011 Permataku.

Keywords: Used media, creativity, early childhood


ABSTRAK. Latar belakang penelitian ini adalah karena kreativitas anak kurang optimal sehingga mendapatkan perlakuan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media barang bekas kardus, botol plastik dan tutup botol dengan populasinya berjumlah 11 anak didik. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei 2024. Subjek dalam  penelitian ini adalah anak didik kelas B TK 011 Permataku, objek penelitian adalah Pengaruh Pemanfaatan Media Barang Bekas Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Kelompok B Taman Kanak-Kanak 011 Permataku Desa Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain one grup pretest dengan t-test atau dengan uji t hitung > t tabel. Jika t hitung >  t tabel   maka Hditolak dan Ha diterima dengan bantuan olahan program aplikasi SPSS. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan  data pretest  rata- ratanya sebesar  42,5 % berada pada kategori  MB (Mulai Berkembang), data sesudah  postest  rata-ratanya sebesar  84,0 % berada pada kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Hal ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pemanfaatan barang bekas dapat mempengaruhi peningkatan kreativitas anak-anak  TK 011 Permataku. Dengan berdasarkan analisis hasil data pada kelas eksperimen diperoleh hasil nilai uji statistk t Hituung untuk variabel barang bekas  sebesar  9.453  sedangkan t tabel  adalah sebesar 2.178 ini berarti  t hitung  >  t tabel   atau  (9.453 > 2.178 ).  Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan media barang bekas kardus, botol plastik dan tutup botol pada peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK 011 Permataku.

Kata Kunci: Media Barang Bekas, Kreativitas, Anak Usia Dini



Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori, (Jakarta: Bumi

Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, (Yogyakarta: Teras, 2009), hal. 19-20Aksara, 2018), hal. 14

Ahnah Tanzeh, Metode penelitian praktis, (Jakarta: Bina Ilmu,2004), hal. 28

Badriah Rahmawati, “Upaya Memanfaatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Di TK Partiwi I Raja Basa Lama” (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Metro, Metro Lampung, 2019), hal. 10-11

Cyurus T. Lalompoh, Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini, (Jakarta : Grasindo, 2017), hal.2-3

Ahmad Tanzeh. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Teras.

CNN Indonesia. (2020). KLHK Target 2025 Sampah Berkurang 30 Persen, Plastik Jadi PR. Cnnindonesia.Com.

Fitriana, D. (2022). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape). JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 580. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726

https://kbbi.kemdikbud.go.id. (2016). Hasil Pencarian - KBBI Daring. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/integrasi%0Ahttps://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan

Kemenko PmK. (2023). 7,2 Juta Ton Sampah di Indonesia Belum Terkelola Dengan Baik. Kemenko Pmk, 5–11.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, kombinasi dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v7i2.33862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.