Powtoon Animation in Stimulating Foundation Phase Children's Literacy Learning Outcomes
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data terkait gambaran penggunaan media pembelajaran anak usia dini berbasis aplikasi powtoon dan pengaruhnya terhadap hasil belajar literasi pada tahap pondasi atau pada masa golden age. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Non-equivalent Control Group Design dilakukan untuk melihat capaian pre-test dan post-test. Penelitian dilaksanakan di TK Pelangi Kabupaten Bulukumba pada bulan Agustus 2023 pada kelompok B1 dan B2 yang masing-masing berjumlah 18 anak yang terdiri dari 7 perempuan dan 11 laki-laki. Penilaian dilakukan dengan menggunakan skala likert berkisar antara 1 sampai 4 dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran proses pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi powtoon menunjukkan potensi positif dalam mengembangkan hasil belajar literasi tahap pondasi dengan menyusun rencana kegiatan dimulai dari tahap pra bermain, bermain, dan pasca bermain. tahapan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis uji t sampel independen diperoleh Thitung = 10,703 dengan nilai Ttabel = 2,03 sehingga Thitung (10,703) > Ttabel (2,03), dengan nilai P = Sig.0.00 < 0,05. Maka diasumsikan H1 diterima, bahwa pembelajaran dengan menerapkan animasi powtoon mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar literasi anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Bulukumba.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, Literasi, Tahap Pondasi
ABSTRACT. This study aims to obtain data related to the description of the use of early childhood learning media based on the powtoon application and its effect on literacy learning outcomes in the foundation phase or in the golden age period. This study used a quantitative approach with a quasi-experiment research method. Non-equivalent Control Group Design was conducted to see the pre-test and post-test achievements. The research was conducted at Pelangi Kindergarten in Bulukumba Regency in August 2023 in groups B1 and B2, each with 18 children consisting of 7 girls and 11 boys. The assessment was carried out using a Likert scale ranging from 1 to 4 and hypothesis testing using an independent sample t test. The results showed that the description of the learning process with the application of powtoon application-based learning media showed positive potential in developing literacy learning outcomes in the foundation phase by developing an activity plan starting with the pre-play, play, and post-play stages. According to the results of the calculation using the independent sample t test analysis, Thitung = 10.703 with the value of Ttabel = 2.03, so Thitung (10.703) > Ttabel (2.03), with a P value = Sig.0.00 <0.05. So it is assumed that H1 is accepted, that learning by applying powtoon animation has an influence on the literacy learning outcomes of children aged 5-6 years at Pelangi Bulukumba Kindergarten.
Keywords: learning media, powtoon, literacy, foundation phase
Full Text:
PDFReferences
Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(02).
Amri, N. A., Usman, U., Hajerah, H., Ramadhani, N., Aisyah, N., Sari, R. A., & Febriyanti, F. (2023). Ibm Bagi Guru Taman Kanak-Kanak Pada Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 765. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12685
Andri Aka, K. (2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1, 28–37.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Trian, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. 10(1), 49–56.
Bachmann, G., & Marshall, I. (2019). Transgender youth: explaining hormonal affirmation treatment via Powtoon format-(MTF). Fertility and Sterility, 112(3), e430. https://doi.org/10.1016/j.fertnstert.2019.07.1301
Basyiroh, I. (2017a). PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru EARLY CHILDHOOD EDUCATION SKINDERGARTENIP Siliwangi Bandung, 3(2), 120–134. https://doi.org/10.22460/TS.V3I2P120-134.646
Basyiroh, I. (2017b). PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Dwi, V., & Zati, A. (2018). Upaya Untuk MeningkaKindergartenan Minat Literasi Anak Usia Dini. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS, 4(1), 18–21.
Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V26I1.4834
Faznur, L. S., Kherunnisa, & Sumardi, A. (2020). J urnal P engabdian M asyarakat T eknik. 2(2), 39–44. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44
Hamidah, J., & Ariani, L. (2022a). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk MeningkaKindergartenan Literasi Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Hamidah, J., & Ariani, L. (2022b). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk MeningkaKindergartenan Literasi Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Hana Pebriana, P. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V1I2.34
Jaedun, A. (2011). Artikel Ilmiah, yang Diselenggarakan oleh LPMP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 1–12.
Jamun, Y. M. (2018). View of DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan: Missio. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54/40
Kurniawan, D. (2018). KOMUNIKASI MODEL LASWELL DAN STIMULUS-ORGANISM- RESPONSE DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN LASWELL COMMUNICATION MODEL AND STIMULUS- ORGANISM-RESPONSE FOR CREATNG FUN LEARNING. 2, 60–68.
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pendidikan). Joppas: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2, 80–90.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabet.
Mustari, R. E., Akib, T., & Amri, N. A. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Inggris Anak di KINDERGARTEN Teratai UNM Makassar. Tematik, 6(1).
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333–9343. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I6.3598
Salsabila, U. H., sofia, maulida nurus, Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKAKINDERGARTENAN MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V25I2.4221
Sari, A. A. D. K., Negara, I. G. A. O., & AyuTirtayani, L. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN ANAK KELOMPOK B2 EARLY CHILDHOOD EDUCATION PERMATA BUNI KUTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/Early Childhood Education.v6i1.15051
Setyawati, Y., Septiani, Q., Aulia Ningrum, R., & Hidayah, R. (2021). Imbas Negatif Globalisasi terhadap Pendidikan di Indonesia. Scholar.Archive.Org, 5(2).
Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi serta peran orang tua dan guru terhadap pentingnya stimulasi literasi pada anak usia dini. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2453/0
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D (6th ed.). Alfabeta.
Tijaniyah, T., … F. F.-G. J. of, & 2021, undefined. (n.d.). Pendampingan Guru KINDERGARTEN EARLY CHILDHOOD EDUCATION dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon dan Microsoft Office Powerpoint. Scholar.Archive.Org.
Williams, C. (2007). Research Methods. 5(3), 65–72.
Yuberti. (2015). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 137–148.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v7i1.29013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.