Teacher’s Creativity in Using Loose Parts-Based Big Book Media

Nurminah Nasution, Fatimah Depi Susanty Harahap

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Big Book Berbasis Loose Parts Di TK Tunas Bangsa PT Padasa Enam Utama Kecamatan XIII Koto Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kreativitas guru dalam menggunakan media big book berbasis loose part. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan  kesimpulan (Verifikasi). Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan trigualasi data dengan 3 cara yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil analisis data yang dilakukan dengan kepala sekolah dan guru  menunjukkan bahwa kreativitas guru dapat dilihat dari 5 indikator yaitu Kelancaran (Fluency), Keluwesan (Fleksibility), Rasional, Kerincian (Elaboration), dan Menilai/Evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan  bahwa guru dapat mengembangkan kreativitasnya menggunakan media big book berbasis loose parts di TK Tunas Bangsa PT Padasa Enam Utama Kecamatan XIII Koto Kampar.

 

Kata Kunci: Kreativitas Guru, Media Big Book Berbasis Loose Parts

 

ABSTRACT. This research aimed at finding out teacher creativity in using Loose Parts based Big Book media at Kindergarten of Tunas Bangsa PT Padasa Enam Utama, XIII Koto Kampar District.  The subjects of this research were the headmaster and teachers, and the object was teacher creativity in using Loose Parts based Big Book.  It was a qualitative descriptive research.  Observation, interview, and documentation were used to collect the data.  Data reduction, data display, and drawing conclusions steps were used in the data analysis technique.  To test the data validity was done by using data triangulation—sources, techniques, and times.  The results of data analysis showed that teacher creativity could be identified from 5 indicators—fluency, flexibility, rationality, elaboration, and evaluation.  Based on the research findings, teachers could develop their creativity by using Loose Parts based Big Book media at Kindergarten of Tunas Bangsa PT Padasa Enam Utama, XIII Koto Kampar District.

 

Keywords: Teacher Creativity, Loose Parts Based Big Book Media


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Al-Uqshari, Y. (2007). Asy-Syakhshiah al-Mubdi’ah: Khaifa Tushbihu Mubdi’ah fi Tafkirika. Pustaka Nuun.

Anggraeni, D. (2021). Redesain Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Bercerita. 4(1), 26–37.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Azzer, A. M. (2013). Menjadi Guru Kreatif Favorit. Ar-Ruzz Media.

Efendi, J. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Konsep dan Perkembangan. PT. Raja Grafindo Persada.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data Model Bagdan & Bilden, Miles & Huberman, Model Strauss & Corbin Model Spardley. PT. Rajagrafindo Persada.

Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48–59.

Kurniawati, T., Setyosari, P., Kuswandi, D., & Kurniawati Tenia dkk. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi Untuk PAUD. Jurnal Inovasi Teknologi Pembeljaran, 6(1), 30–38.

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.

MS., A. (2021). Guru Kreatif Mutu, Pembelajaran Meningkat. CV Bintang Semesta Media.

Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan. Gramedia Pustaka Utama.

Munfarijah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja dan Kreativitas dalam Kepemimpinan PAUD. International Conference of Moslem Society, 1(2), 232–242. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2419

Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & Muhajir, M. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261

Purnamasari, A., & Nurhayati, N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 124. https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6657

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645

Warsita, B. (2013). Evaluasi Media Pembelajaran sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnal Teknodik, 17(4), 092–101. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.581

Zulkifli. (2018). Pembelajaran terpadu Pendidikan Islam Anak Usia Dini.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v6i2.28780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.