Learning Evaluation For Young Children From The Perspective Of The Quran

Yenni Yunita, Raihana Raihana, Ria Novalita Utari, Nur Anisa

Abstract


ABSTRAK. Evaluasi pada anak usia dini berbeda dengan model penilaian pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Evaluasi pada anak usia dini dilakukan dengan mengadakan suatu pengamatan, pencatatan dan dokumentasi tentang kegiatan anak. Evaluasi tidak hanya digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program, akan tetapi untuk memantau kemajuan dan perkembangan anak. Pelaksanaan penilaian pada anak usia dini dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan sehingga kemajuan belajar dan perkembangannya dapat diketahui. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep ealuasi pembelajaran bagi anak usia dini perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kepustakaan atau library research yang menggunakan berbagai sumber data penelitian dan menganalisisnya dengan content analysis, yaitu pengolahan data dengan cara pemilihan tersendiri yang berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran para tokoh pendidikan kemudian dideskripsikan. Sumber data penelitian ini ialah Al-Quran, Tafsir, dan buku-buku serta jurnal yang berhubungan dengan pokok pembahsan. Dari hasil penelitian ini terdapat beberapa istilah atau term evaluasi yang ada dalam Al-Quran diantaranya Al-hisab, Sbibab /ba’a, dan al-inba'. Beberapa term tersebut pada hakikatnya menjelaskan tentang sistem atau teknik evaluasi yang dilakukan Allah terhadap hamba-hambanya yang bisa menjadi dasar untuk melakukan evaluasi pembelajaran bagi anak usia dini perspektif Al-Qur’an.

Kata Kunci:  Evaluasi Pembelajaran, Anak Usia Dini, Perspektif Al-Qur’an

ABSTRACT. Early childhood evaluation is different from the assessment model for primary and secondary education levels. Early childhood evaluation is carried out by observing, recording and documenting the children’s activities. This evaluation is not only used to measure the success of a program, but to monitor childrens progress and development. The assessments for early childhood education are carried out in stages and continuously so that the learning progress and development can be identified. This article aims to find out the concept of learning evaluation for young children from the perspective of the Quran. This study is designed in the form of library research which uses various  data sources and analyzes them using content analysis, that is processing data by selecting separately related to the discussion of several ideas or thoughts of educational figures and then describes them. The data sources of the study are the Quran, Tafsir, books and journals related to the subject of discussion. Based on the results of the study, it is known that there are several evaluation terms in the Quran, such as Al-hisab, Shibab/ba'a, and al-inba'. Some of these terms essentially explain the evaluation system or technique that Allah carries out on His servants which can be the basis of learning evaluation for young children from perspective of the Quran.

 Keywords: Learning Evaluation, Young Children, The Quran Perspective


Full Text:

PDF

References


Abdullah bin Muhammad. 2008. Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta: Pustaka Imam Syafii.

Abudinata. 1997. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Abudinata, 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Pemuda Media Grup.

Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. 2008. Tafsir at-Thabari, jilid 17, Jakarta: Pustaka Azzam.

Ahmad Musthafa. 2006 Tafsir Al- Maraghi Jilid 15, Bayrut: Darul kutub ilmiyah.

Ahzami Saimun Jazuli. 2006. Al-Hayatu fil Quran al-Karim, terj. Sari Narulita, Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Rasyidin. 2008. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Cipta Pustaka.

A.Murni Yusuf. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Kencana

Arumsari, A. D., & Putri, V. M. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Motoric, 4(1), 154–160. https://doi.org/10.31090/m.v4i1.1039

Fadlilah, A. N. (2021). Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal Dalam. Cakrawala Dini, 12(1), 62–72.

Hamka. 2015. Tafsir Al-Azhar, Jilid 2, Jakarta: Gema Insani.

Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Pengembangan asesmen anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS: Dharma Raflesia, 19(01), 177–185. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.14095

Muhammad Hasbi Asshiddiqy. 2011. Tafsir Al-Quran Majid An-Nur, Jakarta: Cakrawala Publishing.

M.Qurais Shihab. 2000. Tafsir Al-Misbah, Kesan dan Kesan Keserasian Al-Quran, Ciputat: Lentera Hati.

Nana Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.

Ngalim Purwanto. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2013). Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Putri, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di PAUD Anggraeni. In 27-12-2021 (Issue August). https://www.kompasiana.com/manisaputri/61c9b8a19bdc402ace6ca884/evaluasi-pembelajaran-anak-usia-dini-di-paud-anggraeni

Ria, N., Endah, P., & Deviq, C. (2017). Pemetaan Kemampuan Guru PAUD dalam melaksanan asesmen anak usia dini. Sorot, 8(1), 95–104.

Suyadi, S. (2017). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-06

Tafsir Kemenag RI. 2011. Jakarta: Adhi Aksara Abadi Indonesia.

Wahbah Az-Zuhaili. 2011.Tafsir Al-Munir, Damaskus: Darul Fikri

Widyaningrum, R. (2022). Pra Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5244–5257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2823

Yus, A. (2018). Konsep Asesmen, Evaluasi dan Kaitannya dengan Pembelajaran. Pustaka.Ut.Ac.Id, 1–19. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/CAUD010802-M1.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v7i1.28701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.