Development of Prosocial Behavior in The Cat And Rat Game at It Asy Syaamil Kindergarten Palangka Raya

Dwi Puspita, Ali Iskandar Zulkarnain, Aghnaita Aghnaita

Abstract


ABSTRAK. Permainan kucing dan tikus dilakukan sebagai upaya mengembangkan perilaku prososial anak. Hal ini terjadi karena dalam permainan kucing dan tikus terdapat beberapa aspek terkait prososial yang mencakup kemampuan bermain dengan teman sebaya, memahami emosi, merespon, berbagi, dan bekerjasama. Sehingga, permainan kucing dan tikus dapat dilakukan untuk tujuan mengembangkan perilaku prososial pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini berfokus pada perkembangan perilaku prososial dalam permainan kucing dan tikus di TK IT Asy Syaamil Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif guna menjelaskan data secara natural untuk menemukan informasi tentang perilaku prososial anak. Waktu pelaksanaan penelitian dari Maret-Mei 2023. Sumber data meliputi sumber data primer yaitu 9 anak kelompok B dan 2 orang guru. Sumber data sekunder yaitu kepala sekolah dan dokumen. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kucing dan tikus yang melibatkan banyak anak setiap bermain dapat mengembangkan perilaku prososial pada anak usia 5-6 tahun yang mencakup kemampuan bermain dengan teman sebaya, mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar, bersikap kooperatif, dan mengekspresikan emosi sesuai dengan kondisi yang ada seperti senang, ataupun sedih. Dalam permainan kucing dan tikus dapat terjalin kerjasama yang baik guna mencapai tujuan permainan.

Kata Kunci:  Permainan Kucing dan Tikus, Perilaku Prososial, Anak Usia Dini

ABSTRACT. The cat and mouse game is played as an effort to develop children's prosocial behavior. This happens because in the game of cat and mouse, there are several aspects related to prosociality, which include the ability to play with peers, understand emotions, respond, share, and cooperate. So, the cat and mouse game can be played to develop prosocial behavior in children aged 5–6 years. This research focuses on the development of prosocial behavior in cat and mouse games at the IT Asy Syaamil Palangka Raya Kindergarten. This research uses a qualitative method with a descriptive approach to explain the data naturally to find information about children's prosocial behavior. The research implementation time is from March to May 2023. Data sources include primary data sources, namely 9 group B children and 2 teachers. Secondary data sources are school principals and documents. Then data collection techniques use data reduction, data presentation, and concluding. The results of the research show that playing cat and mouse, which involves many children playing each game, can develop prosocial behavior in children aged 5–6 years, which includes the ability to play with peers, know their friends' feelings and respond appropriately, be cooperative, and express emotions according to conditions. There are things like happy or sad. In the game of cat and mouse, good cooperation can be established to achieve the goals of the game.

Keyword: Cat and Mouse Game, Prosocial Behavior, Early Childhood


Full Text:

PDF

References


Aghnaita, & Irmawati. (2022). Bahaya Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(1), 1–11.

Agustina, A. N., Happy, M. C., & Aulina, N. (2019). Meningkatkan Kooperatif Anak Melalui Permainan Ular Tangga. JIKO (Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.46749/jiko.v3i1.24

Annisa, D., & Djamas, N. (2020). meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Babintingan. Jurnal AUDHI, 3(1), 42–51.

Asrima, N., Siregar, L. H., Khairunisa, & Khadijah. (2022). Permainan Tradisional Kucing-Tikus dan Engklek Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Outdoor. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 162–172.

Aulina, C. N. (2014). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(1), 14–27.

Baqi, S. Al. (2015). Ekspresi Emosi Marah. Buletin Psikologi, 23(1), 22–30.

Coelho, V., Cadima, J., & Pinto, A. I. (2023). Child Functioning in Inclusive Preschools: Associations Between Self-Regulation, Engagement, Prosociality, and Hyperactivity. Journal of Applied Developmental Psychology, 86(101518), 1–16. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2023.101518

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Sikap Kooperatif Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 18–34.

Fitri, W. S., Sariah, & Bakhtiar, N. (2020). Optimalisasi Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pembelajaran Area Seni melalui Kegiatan Meronce. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 107–114.

Fitria, Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(2), 123–132. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index

Fusfitasari, Y., Amita, D., & Saprihadi, K. (2021). Pengaruh Penerapan Komunikasi Terapeutik Terhadap Sikap Kooperatif Anak Usia Dini. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(1), 133–139.

Hartinah, Nurhayati, & AH, N. M. (2020). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Bermain Peran. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 115–127.

Herawati, N. I., Yuliariatiningsih, M. S., Halimah, L., & Mirawati. (2020). Identifikasi Prosocial Skill Anak Usia Dini dalam Project Based Learning di Taman Kanak-Kanak. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 108–114.

Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Penerbit Publishing.

Lee, J. J. (2024). Cross-Informant Agreement Between Caregivers and Teachers for Prosocial Behavior Across Child Welfare Settings. Children and Youth Services Review, 157(107435), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2024.107435

Lee, K. J. J., & Setoh, P. (2023). Early Prosociality is Conditional on Opportunity Cost and Familiarity With the Target. Evolution and Human Behavior, 44, 39–49. https://doi.org/10.1016/j.evolhumbehav.2022.10.003

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 47–58.

Mendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. In Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 161. Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Mooij, B. De, Fekkes, M., Akker, A. L. Van Den, Vliek, L., Scholte, R. H. J., & Overbeek, G. (2022). Does Affirming Children’s Autonomy and Prosocial Intentions Help? A Microtrial Into Intervention Component Effects to Improve Psychosocial Behavior. Journal of School Psychology, 90, 60–81. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2021.11.003

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta : LP2M UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

Muthmainnah, Astuti, B., & Fatimaningrum, A. S. (2016). Pengembangan Panduan Permainan Untuk Engoptimalkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 684–694. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12363

Nurfadilah, M. F. I. (2021). Modifikasi Perilaku Anak Usia Dini untuk Mengatasi Temper Tantrum pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 69–72.

Nurfazrina, S. A., Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2020). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 285–299.

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114

Prabandari, I. R., & Fidesrinur. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96–105. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572

Pratiwi, A. P., Nurlaili, & Syarifin, A. (2020). Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial (Studi Kasus Anak Usia 5-8 Tahun di Desa Giri Kencana RT 03 RW 04 Kecamatan Ketahun). Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 105–118.

Prima, E. (2018). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini (Studi Pada Guru di TK Khalifah Purwokerto). Yin Yang, 13(2), 191–203.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 18(02), 41–47.

Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7148

Restuwati, E. S., & Kumara, A. (2014). Pengaruh Implementasi Program “Temanku Sahabatku” dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Pra Sekolah. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 11(1), 19–32. https://doi.org/10.26555/humanitas.v11i1.2324

Soininen, V., Pakarinen, E., & Lerkkanen, M.-K. (2023). Reciprocal Associations Among Teacher–Child Interactions, Teachers’ Work Engagement, and Children’s Social Competence. Journal of Applied Developmental Psychology, 85(101508), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2022.101508

Sulaeman, D., Novianti Yusuf, R., & Suryani, N. (2023). Meningkatkan Perilaku Prososial Toleransi dan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Ice Breaking Games. Jurnal Tahsinia, 4(1), 28–39. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.340

Syafi’i, I., & Ulkhatiata, I. T. (2021). Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Melalui Teknik Checklist di TK Aisyiyah 8 Melirang. JIEEC UMG, 3(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v3i1.221

Toseeb, U., & Clair, M. C. S. (2020). Trajectories of Prosociality From Early to Middle Childhood in Children at Risk of Developmental Language Disorder. Journal of Communication Disorders, 85(105984), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2020.105984




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v7i1.28552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.