Early Childhood Education Institution Strategies in Maximizing Community Support
Abstract
ABSTRAK. Pemberdayaan masyarakat penting untuk memaksimalkan dukungan masyarakat dalam mewujudkan Pendidikan yang berkualitas. Tulisan ini ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Memaksimalkan Dukungan Masyarakat. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan tahapan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha pemberdayaan masyarakat oleh TK Darul Hasanah diimplementasikan dalam 3 program antara lain: 1) Mengirimkan guru untuk mengisi workshop. 2) Memberi pelatihan kepada kader-kader PKK. 3) Melakukan kerjasama dengan lembaga lain yaitu puskesmas. Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Darul Hasanah Kindergarten pada skala mezzo dan Mikro dengan pendekatan Partisipatif, Pendekatan Berkelanjutan dan pendekatam kolaboratif. Serta menggunakan dua strategi , yaitu melalui aksi osial dan melalui pendidikan atau pemberdayaan. Dampak maupun implikasi kepada lembaga yang dihasilkan dari upaya pemberdayaan tersebut adalah adanya peningkatan jumlah peserta didik tiap tahun, perkembangan dan pertumbuhan anak meningkat berdasarkan profil kelulusan, dan presentase masyarakat yang mengetahui tentang lembaga meningkat.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Anak Usia Dini, Masyarakat, Strategi
ABSTRACT. Community empowerment is important to maximize community support in realizing quality education. This article is intended to describe and analyze the strategies of Early Childhood Education Institutions in maximizing community support. The data in this research was obtained through interviews, observation and documentation. Next, the data is analyzed using the stages of data reduction, data display and verification. The research results show that Darul Hasanah Kindergarten's community empowerment efforts are implemented in 3 programs, including: 1) Sending teachers to fill workshops. 2) Providing training to PKK cadres. 3) Collaborating with other institutions, namely community health centers. Community empowerment is carried out by Darul Hasanah Kindergarten on a mezzo and micro scale with a participatory approach, a sustainable approach and a collaborative approach. And using two strategies, namely through social action and through education or empowerment. The impacts and implications for institutions resulting from these empowerment efforts are that there is an increase in the number of students each year, the development and growth of children increases based on graduation profiles, and the percentage of people who know about the institution increases.
Keyword : Empowerment, Early Childhood, Community, Staregy
Full Text:
PDFReferences
Barraket, J., Eversole, R., Luke, B., & Barth, S. (2019). Resourcefulness of locally-oriented social enterprises: Implications for rural community development. Journal of Rural Studies, 70, 188–197. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2017.12.031
BRIN, H. (2023). BRIN Bersama Pakar Bahas Data Ketimpangan Sosial di Indonesia untuk Tuntaskan Kemiskinan. BADAN RISET INOVASI NASIONAL (BRIN). https://www.brin.go.id/news/114207/brin-bersama-pakar-bahas-usut-data-ketimpangan-sosial-di-indonesia-untuk-tuntaskan-kemiskinan
Chambers, R. (1987). Pembangunan Masyarakat Desa , Mulai Dari Belakang. In LP3ES.
Cholisin. (2011). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Disampaikan Pada Gladi Manajemen Pemerintahan Desa Bagi Kepala Bagian/Kepala Urusan Hasil Pengisian Tahun 2011 Di Lingkungan Kabupaten Sleman, 19-20 Desember 2011). 19–20. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/PEMBERDAYAAN MASYARAKAT.pdf
DuBois, B., & Miley, K. K. (2014). Social Work: An Empowering Profession. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=j5l1MAEACAAJ
Eger, C., Miller, G., & Scarles, C. (2018). Gender and capacity building: A multi-layered study of empowerment. World Development, 106, 207–219.
Estacio, E. V. (2013). Health literacy and community empowerment: It is more than just reading, writing and counting. Journal of Health Psychology, 18(8), 1056–1068. https://doi.org/10.1177/1359105312470126
Fawcett, S. B., Paine-Andrews, A., Francisco, V. T., Schultz, J. A., Richter, K. P., Lewis, R. K., Williams, E. L., Harris, K. J., Berkley, J. Y., & Fisher, J. L. (1995). Using empowerment theory in collaborative partnerships for community health and development. American Journal of Community Psychology, 23(5), 677–697.
Haldane, V., Chuah, F. L. H., Srivastava, A., Singh, S. R., Koh, G. C. H., Seng, C. K., & Legido-Quigley, H. (2019). Community participation in health services development, implementation, and evaluation: A systematic review of empowerment, health, community, and process outcomes. PloS One, 14(5), e0216112.
Haris, A. (2014). Memahami Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Media. Jupiter, XIII(2), 50–62.
Ife, J. (1995). Community Development: Creating Community Alternatives : Vision, Analysis, and Practice. Longman. https://books.google.co.id/books?id=1e5OAAAACAAJ
Madyawati, L., Dianisa, I., Malichah, V. F., & Suciati, F. (2020). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Islam. Community Empowerment, 5(1), 16–20. https://doi.org/10.31603/ce.v5i1.3421
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ
Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya. https://books.google.co.id/books?id=YXsknQEACAAJ
Ningsih, R. W., & Farida, N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. LITERASIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 42–52. https://journal.yaspim.org/index.php/LITERASIA/article/view/110
Nurjamilah, L., & Ukhrotunnasihah, U. (2018). RENDAHNYA KESADARAN MASYARAKAT TERHADAPPENDIDIKAN DI DESA TEGALLEGA. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101–109.
Nutbeam, D. (2000). Health literacy as a public health goal: a challenge for contemporary health education and communication strategies into the 21st century. Health Promotion International, 15(3), 259–267.
Pertiwi, E. P., & Siswono, H. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Labschool IKIP PGRI Jember. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 41–48. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i1.303
Solichah, S., & Merita, R. (2022). Peran Akademisi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 104–115.
Sudjana, D. (2001). Pendidikan luar sekolah: wawasan, sejarah perkembangan, falsafah & teori pendukung, serta asas. Falah Production. https://books.google.co.id/books?id=mSpjHAAACAAJ
Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2020). Implementasi Penjaminan Mutu pada Lembaga PAUD di Solo Raya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 559–566.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. In Bandung Alf.
Suharto, E. (2005). Membangun masyarakat, memberdayakan rakyat: kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Refika Aditama. https://books.google.co.id/books?id=qzbtngEACAAJ
Suhendra, K., & Kadmasasmita, A. D. (2006). Peranan birokrasi dalam pemberdayaan masyarakat. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=fw_TMAAACAAJ
Sukmawati, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Dunia Pesantren. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 71–77.
Sulaiman, E. S., & Press, U. G. M. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG KESEHATAN: Teori dan Implementasi. Gadjah Mada University Press. https://books.google.co.id/books?id=qOpIEAAAQBAJ
Supsiloani, S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembangunan Bidang Pendidikan Nonformal. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(1), 20–30.
Umayah. (2019). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). DEDIKASI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 13(1). https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1723/1484
Zuliyah, S. (2010). Strategi pemberdayaan masyarakat desa dalam menunjang pembangunan daerah. Journal of Rural and Development, 1(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v7i1.26798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.