Using The Story Of The Qur'an In Early Children's Education: A Study Of The Formation Of Children's Morals

Siti Risda Sakila, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Al-Qur’an yang merupakan pedoman utama ajaran Islam banyak berbicara dan membahas mengenai persoalan penting kependidikan. Banyak sekali konsep, prinsip, pendekatan, strategi, metode, materi dan tema-tema agung pendidikan yang dikandung dan dibentangkan dalam sumber pokok tersebut, diantaranya kisah al-Qur’an. Kisah al-Qur’an bila mampu dikaji dan didayagunakan secara profesional akan mampu memberi  nuansa yang amat dalam, nilai-nilai yang amat tinggi dan dahsyat terhadap kemajuan proses pendidikan, sebab mengandung ibrah dan  i’tibar, serta dapat membentuk akhlak dan kepribadian anak usia dini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara cermat tentang pendayagunaan kisah al-Qur’an sebagai pembentuk akhlak anak di dalam proses pendidikan anak usia dini tersebut. Data diambil melalui studi kepustakaan, kajian buku atau literatur dan instrumen dokumentasi, sedangkan jenis penelitian memanfaatkan tipe atau jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendayagunaan kisah al-Qur’an baik sebagai metode maupun sebagai materi (konten) sangatlah pentingnya dan memiliki urgensi dapat membentuk akhlak mulia anak usia dini itu sendiri

Full Text:

PDF

References


Al Zam-zami, M. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Anak Sebagai Pendidikan Dasar Berdasarkan Kisah Luqman Dalam Al-Qur’an. El-Tarbawi, 12(2). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss2.art5

Al-Farmawi, A. al-H. (1977). al-Bidâyah Fî al-Tafsîr al-Maudhû’i. al-Hadhârât al-Gharbiyyah.

Al-Farmawi, A. H. (2002). Metode Tafsir Maudhu’i dan cara Penerapannya. Pustaka Setia.

Al-Khalafullah, M. (n.d.). Al-Qur’an Bukan Kitab Sejarah: Seni, Sastra, dan Moralitas dalam Kisah-Kisah Al-Quran. Paramadina.

Al-Khalidi, S. A. F. (1999). Ma’a Qishash al-Sabiqin fi al-Qur’an. Gema Insani Press.

Al-Qattan, M. K. (1973). Mabahis fi Ulum al-Qur’an. Mansyurat al-Asr al-Hadits.

Al-Quthubi, A.-I. (1993). Tafsir Qurtubi. Maktabah Taufikiyyah.

Ambarita, J., & Purnamasari, I. (2021). Problematika Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Ambon Dalam Pembelajaran Masa Pandemi covid-19. Seminar Nasional Peta Jalan ….

Anam, N. (2021). Berbagai Problematika Pendidikan Dan Pembelajaran Di Dalam Lembaga Pendidikan PAUD Dan TK/RA Di Indonesia. Https://Iaiq.Ac.Id.

As-Sa’ady, S. A. N. (2010). Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir al-Kalam al-Mannan. Maktabah Baitussalam.

At-Thabari, A. J. M. bin J. (1999). Tafsir At-Thabari: Al-Musamma Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an. Dar al-Kutb al-‘Imiyah.

At-Thabathaba’i, A.-‘Allamah A.-S. M. H. (n.d.). Al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an. Muassasah Al’Ilmi Mathbu’ah.

Badruzaman, B., Hafidhuddin, D., & Mujahidin, E. (2018). Pendidikan Islami dalam Pemikiran Hasan Langgulung. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1341

Bt Rusli, L. (2019). METODE PEMBELAJARAN DALAM ALQURAN (Analisis terhadap Ayat-Ayat Tarbawi). Inspiratif Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7889

Fathiyaturrahmah. (2015). Implementasi Metode Kisah Al-Qur’an dalam Pembelajaran Akidah Akhlak dan SKI di Madrasah Ibtidaiyyah. Al-Ittihad, 2(1).

Fitri, A. N., & Nailul, S. (2021). Pengaruh Menonton Animasi bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.40737

Fitriana, D. (2020). HAKIKAT DASAR PENDIDIKAN ISLAM. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i2.1322

Fuadaty, A. (2020). Kewajiban Menunaikan dan Menjaga Akhlak. Makalah Agama Islam.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. PT. Remaja Rosdakarya.

Hanafi, I., & Id, N. C. (2010). Reorientasi Nilai-Nilai Sekolah dalam Lintas Sejarah Manusia. In Jurnal Ilmiah Keislaman (Vol. 9, Issue 2).

Hanipah, F., & Siagian, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. LITERATUS, 5(1). https://doi.org/10.37010/lit.v5i1.1134

Harefa, I. D., & Suprihatin, E. (2023). Strategi Mengatasi Problematika Mutu Pembelajaran Melalui Merdeka Belajar di Lembaga PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.14617

Hariyadi, M., & Subki, M. (2022). Sisi Pendidikan dalam Metode Drama Kisah Qabil dan Habil. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2652

Hasmiansyah, R., Fauzan, A., & Samsudin, M. (2021). Analisis Pemikiran Psikologi Islam (Studi Terhadap Konsep Psikologi Islam Dalam Pandangan Hasan Langgulung). JURNAL DIVERSITA, 7(1). https://doi.org/10.31289/diversita.v7i1.4666

Hayati, L., Husnaini, N., & Qadafi, M. (2021). PROBLEMATIKA PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN DI PAUD AL-JIHADUL DAN PAUD AN-NUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Islamic EduKids, 3(1). https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3445

Hidayat, A. (2013). Alwasim. Cipta Bagus Segara.

Hidayat, T., Syahidin, & Syamsu Rizal, A. (2021). Filsafat Metode Mengajar Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14002

Hitami, M. (2012). Pengantar Studi Al- al-Qurán; Teori dan Pendekatan. LKiS.

Hubbil Khair. (2022). Al-Qur’an dan Hadits Sebagai Dasar Pendidikan Islam. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1).

Ilhami, H. (2018). Studi Kisah Para Nabi Dalam Al-Quran (Sebuah Upaya Menemukan Konsep Pendidikan Kenabian). In Disertasi.

Islamiah, R. (2021). Urgensi Kisah-Kisah Tauladan Nabi Muhammad Saw Bagi Perkembangan Akhlak Anak Usia Dini. PROSIDING, 1(2017).

Jendriadi, J., Antoni, A., Siregar, Z., Azmi, K., & Yuniarti, L. (2022). Kegiatan Bercerita Berbasis Nilai-nilai Islami untuk Anak sebagai Upaya Mental Healing di Masa Pandemi. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2). https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.181

Khairiah, K., & Jumanti, O. (2022). ANALISIS PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI “METODE BERCERITA, DEMONSTRASI DAN SOSIODRAMA.” Al-Khair Journal : Management, Education, And Law, 2(2). https://doi.org/10.29300/kh.v2i2.6110

Khusnaya, F. A., & Kusumaningtyas, N. (2022). Analisis Penerapan Metode inkuiri Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Wawasan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9566

Kurnia, A., Effendi, H., & Usmanedi, A. (2022). Pembelajaran PAI Berbasis Kisah Qur’ani Untuk Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Maimunah, M., & Wahyudi, M. D. (2023). Pelatihan Peningkatan Mutu Pembelajaran PAUD Berbasis Literasi dan Pemanfaatan Mobil Pintar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6375

Ma’luf, L. (1998). Al-Munjid fi al-Lughah. Dar al-Masyriq.

Maskur, A., & Saifudin, S. (2019). Peningkatan Kualitas Keberagamaan melalui Pembelajaran Alquran bagi Keluarga Muda Urban. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama …, 19.

Muhammad Najib. (2015a). KISAH NABI ADAM ALAYHI AL-SALÂM DALAM AL-QUR’AN. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an, 1(1). https://doi.org/10.47454/itqan.v1i1.9

Muhammad Najib. (2015b). Kisah Nabi Adam Alayhi Al-Salâm Dalam Al-Qur’an: Pendekatan Tafsir Tematik. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an, 1(1).

Muldiani, R. F., Hadiningrum, K., Purwaningsih, S. S., Yuningsih, N., & Lusiani, A. (2020). Peningkatan Manajemen Mutu Pos PAUD Melati 10 dan Kenanga 12 Menuju Persiapan Akreditasi PAUD. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 10(1). https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i1.758

Nasution, Z. (2019). Metode Pembelajaran Pendidik Profesioanl Dalam Alquran. Manajemen Pendidikan Islam, 3(1).

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1).

Prabowo, N. A., & Warjiyono. (2014). Perancangan Animasi Dongeng Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Guna Melatih Kecerdasan Moral Dan Linguistik. Evolusi, II(2).

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Putra Daulay, H., Dahlan, Z., Aimanun, & Siregar, A. (2021). Manusia dalam Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung. Islamic Education, 1(1). https://doi.org/10.57251/ie.v1i1.9

Putri, F. K., Supriadi, U., & Hermawan, W. (2016). NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM QS. ALJUMU’AH AYAT 1-5 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 3(2). https://doi.org/10.17509/t.v3i2.4517

Quthb, M. (2000). Manhaj At-Atarbiyah Al-islamiyah. Dar Al-Qalam.

Rahmawati, A., & As’ad, A. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN QASHASH AL-QUR’AN. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.722

Ramayulis, & Nizar, S. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Shihab, M. Q. (1997). Mukjizat Al-Qur’an: Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib. Mizan.

Shihab, M. Q. (2007). Tafsir al-Misbah. Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Lentera Hati.

Srihartini, Y., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Sauri, R. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(2), 251–267. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i2.404

Subandji, S., Shofa, M. F., & Syamsiyati, R. N. (2020). Analisis kompetensi pendidik PAUD pada alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.30651

Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2020a). Implementasi Penjaminan Mutu pada Lembaga PAUD di Solo Raya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 559. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.408

Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2020b). Implementasi Penjaminan Mutu pada Lembaga PAUD di Solo Raya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.408

Suminar, T., Utsman, U., & Malik, A. (2019). PENINGKATAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN BAGI TUTOR POS PAUD DI KELURAHAN NGIJO KECAMATAN GUNUNGPATI. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28699

Suryabrata, S. (1987). Metode Penelitian. Rajawali Press.

Susanti, R. (2022). PENDIDIKAN SOSIAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN. FIKRUNA, 4(1). https://doi.org/10.56489/fik.v4i1.54

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1).

Suwarno, & Harahap, Y. M. (2022). Interaksi Edukatif Kisah Nabi Ādam ‘Alaihi al-Salām Dalam al-Qur’ān. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3). https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.643

Syamsul Bahri, N. A. (2021). Kebijakan Pendidikan Dalam Stabilitas Mutu Pembelajaran Anak Usia Dini Era Pandemi Disease. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.224

Syaripudin, A., Asyafah, A., & Supriadi, U. (2019). KONSEP PENDIDIKAN PADA KISAH NABI KHIDIR AS DENGAN NABI MUSA AS DALAM ALQURAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(2). https://doi.org/10.17509/t.v5i2.16750

Tafsir, A. (2010). Ilmu Pendidikan dalam perspektif Islam. PT. Rosdakarya.

Tanu, I. K. (2019). PENGGUNAAN METODE MENGAJAR DI PAUD DALAM RANGKA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(2). https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.733

Urbaningkrum, S. M., Ichsan, Y., Rahma, A. N., & Iklima, I. (2022). PENERAPAN METODE KISAH MELALUI VIDEO ANIMASI PADA PENDIDIKAN AKHLAK. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 9(2). https://doi.org/10.24952/di.v9i2.3899

Wahab, M. A. (2016). Wawasan Al-Qur’an tentang Dakwah Dialogis (Kontekstualisasi Metode Dakwah Nabi Ibrahim AS.). Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 16(2). https://doi.org/10.53828/alburhan.v16i2.80

Wanita, M., & Sepanjang, T. (2021). Maryam Wanita Terbaik Sepanjang Zaman (Kajian Tafsir Al-Qur’an. Al-Wahid, 2(1).

Yasmansyah, Y., & Husni, A. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Agama Islam. Indonesian Research Journal On Education, 2(2). https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.124

Zuhaili, W. (n.d.). Tafsir Mizan: fi al-‘Aqidah wa Al-Syar’iyah wa Al-Manhaj. Dar al-Fikr.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v6i2.26529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.