Using The Story Of The Qur'an In Early Children's Education: A Study Of The Formation Of Children's Morals
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Al Zam-zami, M. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Anak Sebagai Pendidikan Dasar Berdasarkan Kisah Luqman Dalam Al-Qur’an. El-Tarbawi, 12(2). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss2.art5
Al-Farmawi, A. al-H. (1977). al-Bidâyah Fî al-Tafsîr al-Maudhû’i. al-Hadhârât al-Gharbiyyah.
Al-Farmawi, A. H. (2002). Metode Tafsir Maudhu’i dan cara Penerapannya. Pustaka Setia.
Al-Khalafullah, M. (n.d.). Al-Qur’an Bukan Kitab Sejarah: Seni, Sastra, dan Moralitas dalam Kisah-Kisah Al-Quran. Paramadina.
Al-Khalidi, S. A. F. (1999). Ma’a Qishash al-Sabiqin fi al-Qur’an. Gema Insani Press.
Al-Qattan, M. K. (1973). Mabahis fi Ulum al-Qur’an. Mansyurat al-Asr al-Hadits.
Al-Quthubi, A.-I. (1993). Tafsir Qurtubi. Maktabah Taufikiyyah.
Ambarita, J., & Purnamasari, I. (2021). Problematika Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Ambon Dalam Pembelajaran Masa Pandemi covid-19. Seminar Nasional Peta Jalan ….
Anam, N. (2021). Berbagai Problematika Pendidikan Dan Pembelajaran Di Dalam Lembaga Pendidikan PAUD Dan TK/RA Di Indonesia. Https://Iaiq.Ac.Id.
As-Sa’ady, S. A. N. (2010). Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir al-Kalam al-Mannan. Maktabah Baitussalam.
At-Thabari, A. J. M. bin J. (1999). Tafsir At-Thabari: Al-Musamma Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an. Dar al-Kutb al-‘Imiyah.
At-Thabathaba’i, A.-‘Allamah A.-S. M. H. (n.d.). Al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an. Muassasah Al’Ilmi Mathbu’ah.
Badruzaman, B., Hafidhuddin, D., & Mujahidin, E. (2018). Pendidikan Islami dalam Pemikiran Hasan Langgulung. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1341
Bt Rusli, L. (2019). METODE PEMBELAJARAN DALAM ALQURAN (Analisis terhadap Ayat-Ayat Tarbawi). Inspiratif Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7889
Fathiyaturrahmah. (2015). Implementasi Metode Kisah Al-Qur’an dalam Pembelajaran Akidah Akhlak dan SKI di Madrasah Ibtidaiyyah. Al-Ittihad, 2(1).
Fitri, A. N., & Nailul, S. (2021). Pengaruh Menonton Animasi bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.40737
Fitriana, D. (2020). HAKIKAT DASAR PENDIDIKAN ISLAM. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i2.1322
Fuadaty, A. (2020). Kewajiban Menunaikan dan Menjaga Akhlak. Makalah Agama Islam.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. PT. Remaja Rosdakarya.
Hanafi, I., & Id, N. C. (2010). Reorientasi Nilai-Nilai Sekolah dalam Lintas Sejarah Manusia. In Jurnal Ilmiah Keislaman (Vol. 9, Issue 2).
Hanipah, F., & Siagian, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. LITERATUS, 5(1). https://doi.org/10.37010/lit.v5i1.1134
Harefa, I. D., & Suprihatin, E. (2023). Strategi Mengatasi Problematika Mutu Pembelajaran Melalui Merdeka Belajar di Lembaga PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.14617
Hariyadi, M., & Subki, M. (2022). Sisi Pendidikan dalam Metode Drama Kisah Qabil dan Habil. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2652
Hasmiansyah, R., Fauzan, A., & Samsudin, M. (2021). Analisis Pemikiran Psikologi Islam (Studi Terhadap Konsep Psikologi Islam Dalam Pandangan Hasan Langgulung). JURNAL DIVERSITA, 7(1). https://doi.org/10.31289/diversita.v7i1.4666
Hayati, L., Husnaini, N., & Qadafi, M. (2021). PROBLEMATIKA PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN DI PAUD AL-JIHADUL DAN PAUD AN-NUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Islamic EduKids, 3(1). https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3445
Hidayat, A. (2013). Alwasim. Cipta Bagus Segara.
Hidayat, T., Syahidin, & Syamsu Rizal, A. (2021). Filsafat Metode Mengajar Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14002
Hitami, M. (2012). Pengantar Studi Al- al-Qurán; Teori dan Pendekatan. LKiS.
Hubbil Khair. (2022). Al-Qur’an dan Hadits Sebagai Dasar Pendidikan Islam. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1).
Ilhami, H. (2018). Studi Kisah Para Nabi Dalam Al-Quran (Sebuah Upaya Menemukan Konsep Pendidikan Kenabian). In Disertasi.
Islamiah, R. (2021). Urgensi Kisah-Kisah Tauladan Nabi Muhammad Saw Bagi Perkembangan Akhlak Anak Usia Dini. PROSIDING, 1(2017).
Jendriadi, J., Antoni, A., Siregar, Z., Azmi, K., & Yuniarti, L. (2022). Kegiatan Bercerita Berbasis Nilai-nilai Islami untuk Anak sebagai Upaya Mental Healing di Masa Pandemi. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2). https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.181
Khairiah, K., & Jumanti, O. (2022). ANALISIS PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI “METODE BERCERITA, DEMONSTRASI DAN SOSIODRAMA.” Al-Khair Journal : Management, Education, And Law, 2(2). https://doi.org/10.29300/kh.v2i2.6110
Khusnaya, F. A., & Kusumaningtyas, N. (2022). Analisis Penerapan Metode inkuiri Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Wawasan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9566
Kurnia, A., Effendi, H., & Usmanedi, A. (2022). Pembelajaran PAI Berbasis Kisah Qur’ani Untuk Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Maimunah, M., & Wahyudi, M. D. (2023). Pelatihan Peningkatan Mutu Pembelajaran PAUD Berbasis Literasi dan Pemanfaatan Mobil Pintar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6375
Ma’luf, L. (1998). Al-Munjid fi al-Lughah. Dar al-Masyriq.
Maskur, A., & Saifudin, S. (2019). Peningkatan Kualitas Keberagamaan melalui Pembelajaran Alquran bagi Keluarga Muda Urban. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama …, 19.
Muhammad Najib. (2015a). KISAH NABI ADAM ALAYHI AL-SALÂM DALAM AL-QUR’AN. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an, 1(1). https://doi.org/10.47454/itqan.v1i1.9
Muhammad Najib. (2015b). Kisah Nabi Adam Alayhi Al-Salâm Dalam Al-Qur’an: Pendekatan Tafsir Tematik. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an, 1(1).
Muldiani, R. F., Hadiningrum, K., Purwaningsih, S. S., Yuningsih, N., & Lusiani, A. (2020). Peningkatan Manajemen Mutu Pos PAUD Melati 10 dan Kenanga 12 Menuju Persiapan Akreditasi PAUD. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 10(1). https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i1.758
Nasution, Z. (2019). Metode Pembelajaran Pendidik Profesioanl Dalam Alquran. Manajemen Pendidikan Islam, 3(1).
Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1).
Prabowo, N. A., & Warjiyono. (2014). Perancangan Animasi Dongeng Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Guna Melatih Kecerdasan Moral Dan Linguistik. Evolusi, II(2).
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian. Ar-Ruzz Media.
Putra Daulay, H., Dahlan, Z., Aimanun, & Siregar, A. (2021). Manusia dalam Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung. Islamic Education, 1(1). https://doi.org/10.57251/ie.v1i1.9
Putri, F. K., Supriadi, U., & Hermawan, W. (2016). NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM QS. ALJUMU’AH AYAT 1-5 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 3(2). https://doi.org/10.17509/t.v3i2.4517
Quthb, M. (2000). Manhaj At-Atarbiyah Al-islamiyah. Dar Al-Qalam.
Rahmawati, A., & As’ad, A. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN QASHASH AL-QUR’AN. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.722
Ramayulis, & Nizar, S. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121
Shihab, M. Q. (1997). Mukjizat Al-Qur’an: Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib. Mizan.
Shihab, M. Q. (2007). Tafsir al-Misbah. Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Lentera Hati.
Srihartini, Y., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Sauri, R. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(2), 251–267. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i2.404
Subandji, S., Shofa, M. F., & Syamsiyati, R. N. (2020). Analisis kompetensi pendidik PAUD pada alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.30651
Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2020a). Implementasi Penjaminan Mutu pada Lembaga PAUD di Solo Raya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 559. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.408
Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2020b). Implementasi Penjaminan Mutu pada Lembaga PAUD di Solo Raya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.408
Suminar, T., Utsman, U., & Malik, A. (2019). PENINGKATAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN BAGI TUTOR POS PAUD DI KELURAHAN NGIJO KECAMATAN GUNUNGPATI. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28699
Suryabrata, S. (1987). Metode Penelitian. Rajawali Press.
Susanti, R. (2022). PENDIDIKAN SOSIAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN. FIKRUNA, 4(1). https://doi.org/10.56489/fik.v4i1.54
Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1).
Suwarno, & Harahap, Y. M. (2022). Interaksi Edukatif Kisah Nabi Ādam ‘Alaihi al-Salām Dalam al-Qur’ān. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3). https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.643
Syamsul Bahri, N. A. (2021). Kebijakan Pendidikan Dalam Stabilitas Mutu Pembelajaran Anak Usia Dini Era Pandemi Disease. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.224
Syaripudin, A., Asyafah, A., & Supriadi, U. (2019). KONSEP PENDIDIKAN PADA KISAH NABI KHIDIR AS DENGAN NABI MUSA AS DALAM ALQURAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(2). https://doi.org/10.17509/t.v5i2.16750
Tafsir, A. (2010). Ilmu Pendidikan dalam perspektif Islam. PT. Rosdakarya.
Tanu, I. K. (2019). PENGGUNAAN METODE MENGAJAR DI PAUD DALAM RANGKA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(2). https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.733
Urbaningkrum, S. M., Ichsan, Y., Rahma, A. N., & Iklima, I. (2022). PENERAPAN METODE KISAH MELALUI VIDEO ANIMASI PADA PENDIDIKAN AKHLAK. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 9(2). https://doi.org/10.24952/di.v9i2.3899
Wahab, M. A. (2016). Wawasan Al-Qur’an tentang Dakwah Dialogis (Kontekstualisasi Metode Dakwah Nabi Ibrahim AS.). Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 16(2). https://doi.org/10.53828/alburhan.v16i2.80
Wanita, M., & Sepanjang, T. (2021). Maryam Wanita Terbaik Sepanjang Zaman (Kajian Tafsir Al-Qur’an. Al-Wahid, 2(1).
Yasmansyah, Y., & Husni, A. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Agama Islam. Indonesian Research Journal On Education, 2(2). https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.124
Zuhaili, W. (n.d.). Tafsir Mizan: fi al-‘Aqidah wa Al-Syar’iyah wa Al-Manhaj. Dar al-Fikr.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v6i2.26529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.