The Influence of the Ummi Method to Improve the Ability to Memorize Short Surahs for Children

Siti Kholijah Lubis Lubis, Sariah Sariah

Abstract


This study aims to determine the effect of the ummi method to improve the ability to memorize short surahs for young children aged 5-6 years at Al Kautsar Kindergarten, Huta Raja Tinggi District, Padang Lawas Regency. This research is an experimental research that uses a quasi-experimental design where the individuals who are the research subjects are already in a certain group with a specific purpose. on the ability to memorize short surahs. The population of this study were students at Kindergarten Al Kautsar, Huta Raja Tinggi District, Padang Lawas Regency totaling 70 children, with a sample of 42 children consisting of class A1, namely the control class of 21 children, and B1, namely the experimental class of 21 children. The sample was carried out using a purposive sampling technique, namely by determining the sample through certain considerations. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. While the data analysis technique used the t-test with the help of SPSS Version 16 software. The results showed that Sig (2-tailed) = 0.017 at a significant level α = 0.05 H1 is accepted, it can be concluded that there is a significant effect after being given treatment with the ummi method in increasing memorization. SoH0 rejectedH1 accepted, it means that the ability to memorize short surahs is better through the application of memorizing with the ummi method compared to before being given the treatment. The effect of the ummi method to improve the ability to memorize short surahs of group A and B children in Al Kautsar Kindergarten (TK) Al Kautsar, Huta Raja Tinggi District, Padang Lawas Regency was 92%.

 

Keywords: Ability to Memorize Children's Short Surahs, Methods, Ummi

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode ummi untuk meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek bagi anak usia dini 5-6 tahun di TK Al Kautsar Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini adalah penelitian eksprimen yang menggunakan quasi eksprimental design dimana individu-individu yang menjadi subjek penelitian telah berada dalam kelompok tertentu dengan tujuan tertentu pula subjek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun kelompok B dan A, dan objek penelitian adalah pengaruh metode ummi terhadap kemampuan menghafal surah pendek. Populasi penelitian ini adalah anak didik di TK Al Kautsar Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas berjumlah 70 anak,dengan sampel berjumlah 42 anak yang terdiri dari kelas A1 yaitu kelas kontrol sebanyak 21 anak, dan B1 yaitu kelas eksprimen sebanyak 21 anak. Sampel dilakukan dengan tekhnik purposive sampling atau stratified random sampling, yaitu dengan penentuan sampel melalui pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS Versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sig (2-tailed)=0,017 pada taraf signifikan α = 0.05 H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikannya perlakuan dengan metode ummi dalam meningkatkan menghafal. Jadi H0ditolak  H1 diterima maka artinya kemampuan menghafal surah pendek lebih baik melalui penerapan menghafal dengan metode ummi dibandingkan sebelum diberi perlakukan. Pengaruh metode ummi untuk meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek anak kelompok A dan B di taman kanak-kanak (TK) Al Kautsar  Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas sebesar 92%.

 

 Kata kunci: Kemampuan Menghafal Surah Pendek Anak, Metode, ummi


Full Text:

PDF

References


Afdal. (2016). Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 1–9.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Rineka Cipta.

Belia, S. (n.d.). Strategi Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Scopindo Media Pustaka.

Faridah Alawiyah. 2014. “Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum2013”.Jurnal Info Singkat KesejahteraanSosial, Vol. VI, No. 15. diakses tanggal 12 Mei 2017.

Firdaus Fattah. 2021. Implementation of the ummi method in recognition of the hijaiyyah letters on students of TKIT Nur Hikmah (Kindergarten) Bekasi during the covid 19 pandemi”, dalam Basic And Applied Education Research Journal Vol 2, Nomor 2 (halaman 55-65).Jakarta:Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Insida

Hadinata, Sumarlin, ‘Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun Di Desa Teniga Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utar’, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial Voulume, 19.1 (2021), 60-79

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Khoiruddin. Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Roudlotul Ulum Gembong Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. 2021. PhD Thesis. IAIN Kudus.

Oktavia, Belgies. (2015). Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur‟an (Metode Ummi Dan Metode Tartila) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Alqur‟an Di Madrasah Diniyah Kota Malang. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Malang.

Rofi, S. (2021). Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur’ani. Lombok 3, 3(2), 59.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan. Kencana.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD.

Trianto. (n.d.). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Kencana.

Yanti Nova.A. 2022. “Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Tahsin Siswa Kelas VI.B Di Sekolah Dasar Swasta (SDS) Alam Duri”, dalam Edukasi: Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol 2 Nomor Riau: Sekolah Tinggi Agama Islam STAI




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v7i1.23409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.