The Use Of Audio Visual Media In Increasing The Religious Values

Saini Saini, Muhammad Basri

Abstract


ABSTRACT. This study aims to determine the increase in religious values early childhood using audio media visuals at PAUD BUNDA Medan in 2022/2023. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The research subjects were 15 students. Obtaining research data is done by using an observation sheet consisting of data on religious values of Early Childhood. Data collection techniques namely observation, interviews, documentation. Based on the results of data analysis it was concluded that the religious values of Early Childhood can be enhanced by using audiovisual media The development of religious values in early childhood before using audio-visual learning media at PAUD Bunda can be seen the level of development of children's religious values, namely at the pre-action meeting that the development of children's religious values at PAUD Bunda Medan before using audio-visual media found that there were no children who have the development of religious values that are categorized as starting to develop according to expectations. At the first meeting the overall student learning was 77.5%, this was included in the growing category. However, at the second meeting of observation, the child was classified as developing according to expectations, an increase of 85.5%, including in the category of developing according to expectations. At the third meeting, the increase in children's religious values increased by 88.0%, including in the very well developed category, through an assessment of the activity of developing children's religious values, they did not carry out RPPH but led to repetition of material.

Keywords: Audio Visual Media, Religious Values

 

 

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai agama anak Usia Dini dengan menggunakan media audio visual di PAUD BUNDA Medan tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 15 orang siswa. Pemerolehan data penelitian dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi yang terdiri dari data nilai-nilai agama Anak Usia Dini. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa nilai-nilai agama Anak Usia Dini dapat ditingkatkan dengan menggunakan media audiovisual Perkembangan nilai-nilai agama anak usia dini sebelum digunakan media pembelajaran audio visual di paud bunda dapat diketahui tingkat perkembangan nilai-nilai agama anak yaitu pada pertemuan pra tindakan bahwa perkembangan nilai agama anak di paud bunda medan sebelum menggunakan media audio visual bahwa tidak ditemukan anak yang memiliki perkembangan nilai agama yang dikatagorikan  mulai berkembang sesui harapan. Pada pertemuan pertama belajar siswa keseluruhannya sebesar 77,5% hal ini termasuk pada katagori  mulai berkembang. Namun pada saat  obsevasi pertemuan kedua, anak tergolong berkembang sesui harapan meningkat sebesar 85,5% termasuk pada katagori berkembang sesui harapan. Di pertemuan kegita peningkatan nilai agama anak meningkat sebesar 88,0% termasuk pada kategori berkembang sangat baik, melalui penilaian aktivitas perkembangan nilai agama anak tidak melakukan RPPH namun mengarah pada pengulangan materi.

Kata Kunci: Media Audio Visual, Nilai Religius


Full Text:

PDF

References


Aeni, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Video Animasi Diba Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi. 9(2), 291–301.

Amiruddin, A. (2021). Urgensi Pendidikan Akhlak : Tinjauan Atas Nilai Dan Metode Perspektif Islam Di Era Disrupsi. Journal of Islamic Education Policy, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.30984/jiep.v6i1.1474

Arikunto, S. (2013). Kementerian pendidikan dan kebudayaan, pendekatan-pendekatan ilmiah dalam pembelajaran, dalam diklat guru dalam rangka implementasi kurikulum 2013 (konsep pemdekatan scientific: 2013) hal. 1-3. 2013(65).

Ayu Fitria. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran,. Jurnal Pendidikan Islam, 7((2)), 171–182.

Daulay, H. H. P. (2018). PAI, APPAI. "Pendidikan agama islam. 65–88.

Ibrahim, M. (2018). Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1).

Jf, N. Z. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-. 1(1), 92–109.

kholishoh Nur Aini, A. M. (2022). Efektifitas Game Marbel Muslim Kids Pada Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(8.5.2017), 2003–2005.

Lasut, S., Hardori, J., Sugiono, S., Gratia, Y. P., & Eldad, C. (2021). Membingkai Kemajemukan Melalui Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2), 206–225. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.273

Lubis, T. C., & Mavianti, M. (2022). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2), 45–53. https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2004

Masitah, W., & Hastuti, J. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 120–146. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.733

Mustori, M. (2014). Pengantar Metode Penelitian.

Novia Safitri, Cahniyo Wijaya Kuswanto, Y. A. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. 1(2), 29–44.

Nurrita. (2018). Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Urnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 88–100.

Rasyid, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Melalui Metode Peer Lesson Di Kelas Iv Sdn Harapan Baru Ii Kota Bekasi Skripsi.

Ridha, N., & Ramadhan, M. M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. AR-RASYID : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.30596/arrasyid.v1i1.8367

Ritonga, W. A. (2017a). Upaya Meningkatkan Nilai Agama Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Audio Visual di TKQ Silaturrahim TA 2016/2017. Skripsi UIN Sumatera Utara.

Ritonga, W. A. (2017b). Upaya Meningkatkan Nilai Agama Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Audio Visual Di TKQ Silaturrahim TA 2016/2017. Skripsi, 1–96.

Romza, A. (2019). Akhlak Guru Pendidikan Agama Islam ( Kajian Tafsir Surat Al-Mudatsir Ayat 1-7 ).

Sartika, I. D., & Putri, Y. F. (2021). Peningkatan Aspek Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Media Audio Visual. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 96–111. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.8967

Sitorus, M. (2015). Buku Perkembangan peserta didik.

Suci Khairani. (2021). Khairani, Suci. Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Media Audio Visual di RA Hajjah Siti Syarifah Medan Tembung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 119(4), 361–416.

Syuhanda, F. (2017). Penerapan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pai Pada Siswa Kelas Vii Di Smpn 1 Kota Jantho. 1–14.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v6i1.22629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.