Use Of English Through Image Media To Earlychildhood Group B (5-6)

Aulia Faraz Tantia, Nurkamelia Mukhtar AH

Abstract


Based on the results of observations in the field that the use of children's English has not developed optimally, so it is necessary to use English picture media. This experimental study aims to determine the use of English through pictures to group B (5-6) years at Babussalam Kindergarten, Pekanbaru. The subjects of this study were the teachers and children of group B in Babussalam Kindergarten. The population of this study amounted to 30 children, while the sample of this study was group B children (5-6) years which consisted of 12 children. Data collection techniques used observation, documentation and formal tests. This research design uses one group pretest-posttest with t-test or the test has the formula tcount > ttable. If tcount is greater than ttable, then H0 is rejected and Ha is accepted using the SPSS Windows version 22 program. The data shows that H0 is rejected and Ha is accepted. To find out how much the use of English picture media for children in group B at Babussalam Kindergarten Pekanbaru is used the normalized gain formula and obtained from the results of the formula is 88.76% which is included in the category which is in the high category. So it can be concluded that there is an influence on the use of English picture media to group B children in Babussalam Kindergarten Pekanbaru.


Full Text:

PDF

References


Abdullah bin Muhammad Alu Syaikh. 2017. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 9. Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Al-Qur’an Cordoba. 2017. Pt. Cordoba Internasional-Indonesia: Bandung.

Annisa Rachmani Tyaningsih. 2016. Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Berbasis Proses Pemerolehan Bahasa Pertama. Barista. Vol.3 No.1.

Budiarti, Sulistyo. Rachma Hasibuan. 2016. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Pop Up Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Jurnal PAUD Teratai, Vol.5 No. 3.

Christiana Hari Soetjiningsih. 2014. Perkembangan Anak. Jakarta : Prenada Media Group.

Deni Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahnya... Surabaya: Duta ilmu.

Dwi arinoviani. kadek.dkk. 2016. penerapan metode bercerita untuk meningkatakan kemampuan berbahasa inggris anak kelompok A1 dalam kegiatan ekstrakurikuler. E-journal pendidikan anak usia dini universitas pendidikan Vol.4. No. 2.

Elizabeth B. Hurlock. 2017. Psikologi perkembangan. Erlangga : Jakarta.

Elizabeth B. Hurlock. 1995. Perkembangan Anak. terj. Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.

Hasanah. Mamluatul. 2013. Model Nativis Language Acquisition Device (Sebuah Teori Pemerolehan Bahasa). Dosen Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab. Fakultas Humaniora Dan Budaya. Universitas Islam Negeri (Uin) Malang.

Hartinah, dkk. 2020. Optialisasi Perkembangan Social Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Bermain Peran. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol. 3. No. 2.

John Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 2005. Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan

Lilis Madyawati. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Anak, Jakarta: Kencana.

Mar’ah Rizkiyana, Meningkatakan Bahasa Anak Kelompok A di TK Aisyiah Bustanul Athfal Wates Gadingrejo Pringsewu, skripsi, UIN, Lampung. 2019.

Maretsya. Dkk. 2013. Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Animasi Gambar Kelompok B TK Rafflesia Kota Bengkulu. Doctoral dissertation.

Mila Puspita.dkk. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Tk Catur Paramita, E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4. No. 2

Muraish Shihab. 2002. Tafsir Al-Misbah Pesan. Kesan. dan Keserasian Al-Qur‟an, Vol 9. Jakarta: Penerbit Lentera Hati.

Nuraini. 2015. Peningkatan Pengetahuan Berwhudhu Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Article Penelitian Universitas Tanjungpura Pontianak.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014.Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Purnamasari. A. & Nurhayati, N.(2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan Kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak, KINDERGARTEN: Journal Of Islamic Early Childhood Education. Vol.1. No.2.

Richard. J.C. and Rodgers. 2010. T.S. Approach and methods in language teaching. (Cambridge.UK : Cambridge University Press.

Rita Kurnia. 2017. Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Aanak Usia 5-6 Tahun Di TK Laboratorium FKIP Universitas Riau. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial. Vol. 6. No. 2.,.

Rusniah. 2016. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita. Jurnal Edukasi P.Issn2460-4917 E.Issn.2460.5794.

Robingatin & Zakiyah Ulfa. 2020. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sophya. Ida Vera. 2013 "Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini." Jurnal Thufula. Vol. 1. No. 1.

Samad ,dkk. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Anak Usia Dini .FKIP. Universitas Khairun. Vol. 2. No. 1.

Samsunuwiyati. 2017. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suyik Binarkaheni. 2014. Analisa Deskriptif Implementasi Kurikulum Bahasa Asing (Bahasa Inggris} Taman Kanak -Kanak Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5. Edisi.1.

Supriyanto. 2013 Peningkatan Kemampuan membaca Melalui Media Gambar Anak Kelompok B I Di Tk pkk Tunas Kartini Moyudan Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 3.No.1

Titin Sunaryati. 2021. Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan

Titin Kartinah. 2018. Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Metode Storytelling berbantu media Gambar pada Anak usia 5-6 tahun di TK Purnama Sukarame bandar lampung, skripsi, UI




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v6i2.22329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.