Talking Chips Participatory Cooperative Learning Strategy for Children's Speaking Skills

Vira Az – Zahra Putri Irawan, Heldanita Heldanita, Welli Marlisa, Nurhasanah Bakhtiar, Nurkamelia Mukhtar AH, Zuhairansyah Arifin, Nurhayati Nurhayati

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara anak dengan  menggunakan strategi pembelajaran kooperatif partisipatif tipe Talking Chips.  Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif desain eksperimen semu (Quasi-ED) pretest posttest control group design dengan t-test atau uji memiliki rumus thitung > ttabel.  Jika thitung lebih besar dari ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan bantuan  program microsoft excel 2010. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di  Rumah Tahfidz Cilik Asyatibi Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Untuk  mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran kooperatif partisipatif tipe  Talking Chips terhadap keterampilan berbicara anak kelompok B di Rumah Tahfidz  Asyatibi Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar digunakan rumus gain  ternormalisasi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan  dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui ada perbedaan yang  signifikan pada perbandingan pretest dan posstest kelas eksperimen diperoleh thitung =  1,890 pada taraf signifikan 5% =1,734 maka 1,890 > 1,734. Data tersebut menunjukkan  H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa  terdapat pengaruh perkembangan bahasa anak setelah pelaksanaan pembelajaran  kooperatif partisipatif tipe Talking Chips pada anak kelompok B di Rumah Tahfidz  Asyatibi Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Kooperatif Partisipatif, Strategi Pembelajaran.

ABSTRACT. This research aimed at knowing out children’s speaking skills using a participatory  cooperative learning strategy of talking chips type. It was a quantitative research with  a quasi-experimental design (Quasi-ED) prettest posttest control group design with a t test or test having the formula t-observed > t-table. If tobserved was higher than ttable, H0 was rejected and Ha was accepted. Micropsoft Excel 2010 program was used to help. The subjects of this research were B group B children at Tahfidz Cilik Asyatibi House Tapung District, Kampar Regency. The normalized gain formula was used to find out  the influence cooperative learning strategy of the talking chips type has on the  speaking skills of group B children at Tahfidz Cilik Asyatibi House Tapung District,  Kampar Regency. Observation and documentation techniques were used for collecting data. It could be known from the significant difference between prettest and posttest  experimental group obtained that, tobserved = 1,890 and ttable = in significant 5% = 1,734  (1,890 > 1.734). Therefore, there was a significant effect after the implemetatiopn of  partcipatory cooperative learning strategy of talking chips type toward group B  childreen speaking skills at Tahfidz Cilik Asyatibi House, Tapung District, Kampar  Regency. 

Keywords: Speaking Skills, Participatory Cooperative, Learning Strategies. 


Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Aulina, C. N. (2019). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak usia Dini. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3

Fadlilah, N., Sularmi, & Pudyaningtyas, A. rahma. (2019). Bercakap-Cakap Pada Anak Kelompok B Bustanul Athfal Aisyiyah Purbayan Baki Sukoharjo 1Program Studi PG PAUD , Universitas Sebelas Maret 2Program Studi PGSD , Universitas Sebelas Maret. 7(2), 198–210.

Flood, J. H. and I. (2012). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. Экономика Региона, 1(Kolisch 1996), 49–56.

Hartanto, F., Selina, H., & Fitra, S. (2011). Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386–390.

Mulyatiningsih, E. (n.d.). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Ningsih, T. Q., & Hasibuan, R. (2015). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Pengembangan Bicara Anak Kelompok B. 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14468

Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M. P. (n.d.). Strategi pembelajaran PAUD.

R, M. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak / Moeslichatoen R. 205.

Selian, W. A., Nurhayati, N., & Sariah, S. (2019). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dalam Perkembangan Bahasa Anak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 149. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8989

Sofiyan Siregar. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF : Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS Edisi Pertama. PT Fajar Interpratama Mandiri, 1–528. https://books.google.co.id/books?id=IjTMDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Wati, N. K. T. M., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2013). Penerapan Metode Bercerita dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Pada Kelompok B2 Di TK Widya Kumara Sari. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 1–10.

Zuchdi, R. &. (2001). Metode Pengembangan Bahasa AUD. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, 2014, 13.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i2.22099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.