Media Analysis of Educational Tourism Guidebooks in Character Value Cultivation in Early Childhood Based on Local Wisdom

Kuswanto Kuswanto, Elly Malihah Setiadi, Momod Abdul Somad, Kama Abdul Hakam, Ai Sutini, Dede Trie Kurniawan, Teti Nurhayati, Restu Adi Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajarn (buku panduan) dalam kegiatan wisata edukasi untuk anak usia dini. Kegiatan wisata edukasi masih dipahami sebagai ajang piknik/bertamasa untuk anak, guru dan orang tua, sehingga unsur esensial dari edukasi belum didapatkan oleh anak dalam proses pembelajaran di luar kelas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis media pembelajaran untuk anak usia dini dalam kegiatan wisata edukasi. Analisis dilakukan melalui analisis kebutuhan media pembelajaran, analisis empirical/empiris (melalui observasi), dan analisis melalui studi literatur dari beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis kebudayaan masih kurang memfasilitasi anak dalam kegiatan wisata edukasi, oleh karena itu, pendidik perlu menyiapkan media pembelajaran berupa buku panduan berwisata yang mampu mengenalkan kebudayaan daerah kepada anak. Sehingga hal ini sebagai upaya reflektif guru dalam merancang pembelajaran di luar kelas dengan menyiapkan media pembelajaran yang mampu menginternalisasikan nilai-nilai karakter anak. Apabila ini dilakukan dengan penuh kesadaran maka pembelajaran menjadi bermakna dan berdampak kepada pemahaman siswa/anak usia dini akan kebudayaannya, selain itu kegiatan wisata edukasi ini berusaha membangun perasaan anak supaya mereka merasa memiliki akan kebudayaannya, dengan menjaga dan melestarikan kebudayaan yang terdapat di daerah tempat tinggalnya.

Kata Kunci:  Anak Usia Dini, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran, Wisata Edukasi.

ABSTRACT

This study aims to analyze learning media (guidebooks) in educational tourism activities for early childhood. Educational tourism activities are still understood as picnic/excursions for children, teachers and parents, so that the essential elements of education have not been obtained by children in the learning process outside the classroom. This research method uses a qualitative descriptive approach by analyzing learning media for early childhood in educational tourism activities. The analysis was carried out through an analysis of learning media needs, empirical analysis (through observation), and analysis through literature studies from several sources. The results of the study show that the development of culture-based learning media still does not facilitate children in educational tourism activities, therefore, educators need to prepare learning media in the form of tourism guidebooks that are able to introduce regional culture to children. So this is a teacher's reflective effort in designing learning outside the classroom by preparing learning media that is able to internalize children's character values. If this is done with full awareness then learning becomes meaningful and has an impact on students/early childhood understanding of their culture, besides that this educational tourism activity seeks to build children's feelings so that they feel they belong to their culture, by maintaining and preserving the culture in the area where they live.

Keyword:  Early Childhood, Educational Tourism, Learning Media, Local Wisdom


Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. dkk. (2021). Pelatihan Wisata Edukasi Interpretasi Flora pada Kelompok Sadar Wisata di Jalur Pendakian Propok Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 18-23.

Arsyad, A., (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fajriati, R., & Na’imah. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal (Local Wisdom) Pada Usia Kanak-Kanak Awal. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 156-160.

Halimah, L. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamidah, N.H., Lidinillah, L.D.M., & Muslihin, H.Y. (2021). Desain Lembar Kerja Anak Berbasis Realistic Mathematika Education (RME) untuk Mengenalkan Konsep Bilangan Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 1-7.

Harijanto. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Ketergantungan Manusia dan Hewan Pada Tumbuhan Melalui Metode Karya Wisata Pada Siswa Kelas V SLB-A TPA Jember. SPEED: Journal of Special Education, 3(2), 66-75. doi: https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.280

Kustandi, C. & Darmawan D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kuswanto, K., Sutini, A., Kurniawan, D. T., & Sukardi, R. R. Passport of Geology Museum: a Description Analysis on Pupils’ Worksheet. PAEDAGOGIA, 25(1), 79-86.

Mustapa, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Bercerita dan Menulis Melalui Metode Karyawisata Kelas IV SDN No. 81 Kota Tengah Gorontalo. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 7. (3). 1393-1397.

Nurhayati & Dahlan, D.N.A. (2020). Penerapan Metode Karyawisata dalam Menstimulusi Bercerita Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Permata Hati. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 1(2), 123- 229.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-186.

Pamungkas, J. dkk. (2019). Survei Pembelajaran Kearifan Lokal di Taman Kanak-Kanak Se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1-20. doi: http://dx.doi.org./10.14421/al-athfal.2019.51-01.

Rahayu, R., dan Murti, A.C. (2020). Pendampingan Pembuatan Aplikasi Eduwisata Keunggulan Lokal bagi Guru PAUD di Jepara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 10. (1). 9-19

Souisa, S. L. (2018). Penerapan Metode Karyawisata Bagi Pembelajaran Anak Usia Dini. Tangkoleh Putai, 15(2), 118-129.

Sularso, S. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 74-78.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Susanti, S.M., Henny., & Marwah. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1987-1996

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijayanti, D. & Indriyanti, P. (2016). Pendidikan Multikultural Berbasis Seni Budaya di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. SOCIOHUMANIORA: Scientific Journal of The Social Sciences and Humanities, .2(1).

Winarto. (2016). Pengembangan Model Wisata Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Saintifik di Brebes Selatan Sebagai Alternatif Model Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 6(2), 32-47

Yustriyana, Y., Mustaji, M., & Nasution, N. (2019). The Influence of the Application of the Field Trip Method of the Memorable Experience Subtheme on the Motivation and Learning Outcomes of Grade I Elementary School Students. Journal of Basic Education Review: Journal of Educational Studies and Research Outcomes, 5(3), 1077-1083.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v6i1.21521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.