Leaders Of Early Childhood Islamic Education

UMI MASRUROH, Fauzi Fauzi

Abstract


ABSTRACT. In this study, the figures discussed regarding their thoughts on Islamic education, especially early childhood, are KH Hasyim Asy'ari, KH Ahmad Dahlan, Al-Ghazali. The purpose of this study is to describe or explain the figures and their thoughts on Islamic education. The type of research used is library research with a qualitative approach. The data collection technique was carried out by examining books, literature, notes, and various reports relating to the three figures. The analysis technique used is content analysis by deepening the data obtained. The results of this study show the figures with their thoughts, namely 1) KH Hasyim Asy'ari stated that there are 8 aspects of education. 2) KH Ahmad Dahlan's thoughts were establishing a school, born intellectual scholars, cooperation with the Dutch government, and da'wah. 3) Al-Ghazali's thought states that there are five aspects of children's education, namely education of faith, morals, reason, social, physical. And the methods used are lectures, guidance and memorization, discussions, storytelling, examples, giving gifts and punishments.

 

KeywordsFigures of Islamic Education, Early Childhood

ABSTRAK. Dalam penelitian ini, tokoh yang dibahas mengenai pemikirannya terhadap pendidikan Islam khususnya anak usia dini adalah K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Ahmad Dahlan, Al-Ghazali. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan atau menjelaskan mengenai tokoh tokoh dan pemikirannya tentang pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menelaah buku, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan ketiga tokoh tersebut. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi dengan memperdalam data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan tokoh dengan pemikirannya, yaitu 1) K.H. Hasyim Asy’ari menyebutkan bahwa terdapat 8 aspek pendidikan. 2) Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan yaitu mendirikan sekolah, lahir ulama-intelek, Kerjasama dengan pemerintah Belanda, dan daakwah. 3) Pemikiran Al-Ghazali menyebutkan bahwa terdapat lima aspek pendidikan anak yaitu pendidikan keimanan, akhlak, akal, sosial, jasmani. Dan metode yang digunakan yaitu ceramah, penuntunan dan hafalan, diskusi, bercerita, teladan, pemberian hadiah dan hukuman.

 

Kata kunci: Tokoh Pendidikan Islam, Anak Usia Dini

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Asman, dkk. 2021. Filosofi Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dan Implikasinya pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. 6(2): 262-281.

Evanirosa, dkk. 2021. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research),

• Bandung: Media Sains Indonesia.

T, Abdi Mirzaqon & Budi Purwoko. 2018. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK UNESA. 8(1): 1-8.

Mas’ud, Abdurrahman. 2004. Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi Perhelatan Agama dan Tradisi. (Yogyakarta: LkiS,).

Khuluq, Lathiful. Fajar. 2001. Kebangunan Ulama Biografi KH. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: LKIS.

Dhofier, Zamakhsyari. 2002. Tradisi Pesantren, Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Kurniawan, Syamsul & Erwin Mahrus. 2018. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.

Putra, Dhian Wahana. 2018. Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif

K.H. Ahmad Dahlan. Jurnal Tarlim. 1(2): 99-107.

Arofah, Siti & Maarif Jamu’in. 2015. Gagasan Dasar Pemikiran Pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan. Jurnal Tajdida. 13(2): 114-124.

Setiawan, Eko. 2017. Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Kependidikan. 5(1): 43-54.

Jana, Sitti Riadil. 2013. Konsep Pendidikan Anak dalam Perspektif Al-Ghazali (Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam). Jurnal Al- Ta’dib. 6(2): 41-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v6i1.21203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.