Application of The Ummi Method for Early Childhood at Baiturrahman’s School Ampenan

Farida Rohayani, Baiq Roni Indira Astriya

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis-jenis metode pembelajaran Al-Qur’an dan mendeskripsikan penerapan metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini di PAUD Baiturrahman Pejeruk Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di PAUD Baiturrahman menggunakan metode Ummi untuk mengajarkan al-Qur’an pada anak usia dini. Hal ini didasarkan karena metode Ummi mempunyai kelebihan dibandingkan dengan metode-metode yang lain, misalnya metode Ummi lebih menarik untuk diajarkan, mudah dan serta nyaman dalam proses pembelajarannya. Selain itu juga dalam metode Ummi penekanannya dalam nada dengan memakai irama, pembelajarannya menggunakan media ajar yakni buku (kitab khusus jilid 1-7 dan buku pendukung lainnya) dan juga ada pembelajaran lanjutan jika sudah menyelesaikan jilid 6, yakni Ghoribul Qur’an dan Buku Tajwid.

Kata Kunci :  Metode Ummi, Anak Usia Dini.

ABSTRACT. This research was conducted with the aim of knowing the types of Al-Qur'an learning methods and describing the application of the Ummi method to Al-Qur'an learning for early childhood in PAUD Baiturrahman Pejeruk Ampenan. This study uses a qualitative method with a case study approach with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The results showed that in PAUD Baiturrahman used the Ummi method to teach the Qur'an to early childhood. This is based on the fact that the Ummi method has advantages compared to other methods, for example the Ummi method is more interesting to teach, easy and comfortable in the learning process. In addition, in the Ummi method the emphasis is on tone by using rhythm, learning uses teaching media, namely books (special books volumes 1-7 and other supporting books) and there is also further learning if you have completed volume 6, namely Ghoribul Qur'an and Tajweed Books.

 

Keyword : Ummi Method, Early Childhood.


Full Text:

PDF

References


A. Yusuf dan Masruri. (2018). Model Sertifikasi Guru Metode Ummi. Surabaya: Ummi Foundation.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Ahmad Syarifuddin. (2008). Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.

Aiman Rusyid Suwaid. (2018). Panduan Ilmu Tajwid Bergambar. Solo: Zamzam.

Aquami. (2017). Korelasi antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Keterampilan Menulis Huruf Arab pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 77-88. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1379

Dahlia, dkk. (2013). Penerapan Metode Iqra’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Cahaya”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6), 1-11, https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5673.

Dewi Mulyani, dkk. (2018). Al-Qur’an Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202-210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72.

Ida Rahmawati, dkk. (2021). Implementasi Metode Iqro’ Pada Anak Usia Dini di Era Covid-19. Jurnal Awwaliyah (PGMI), 4(2), 87-98. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/awaliyah/article/view/767.

J. R Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif,. Grasindo: Jakarta, 2010.

Lexi J. Moleong. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardiah Kalsum Nasution. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, 11(1), 9-16,

Masruri, A. Yusuf. (2017). Belajar Mudah Membaca Al Qur’an Metode Ummi Pra TK. Surabaya: Lembaga Ummi Foundation.

Muhammad Amman Ma’mun. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1-10, http://repository.iiq.ac.id/bitstream/123456789/1662/2/316440022-Sofian%20Effendi-Publik.pdf.

Muhammad Iqbal Anshari. (2019). Sistem Pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Umul Qur’an Banjarmasin. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan. , 6(1), 53-71, https://scholar.google.co.id/citations?user=BVg8hD0AAAAJ&hl=id.

Nani Husnaini. (2020). Pembeljaran Al-Qu’arn untuk Anak Usia Dini. Mataram: Sanabil.

Nurdin. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an Bagi Pendidik Milenial. Jurnal Pendidikan, 8(1), 172-189. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/4594.

Nurmaidah. ((2015). Strategi Pembelajran Anak Usia Dini. Juurnal Al-Afkar, 3(1), 1-28, https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101.

Rini Astuti. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 251 - 266, http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3880.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto, 2(2), 30-46, 10.24090/jk.v2i2.551.

Zakiyah Darajat, dkk. (2008). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i2.19888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.