Implementation of Contextual Learning In Improving Early Children's Cognitive Ability

Novita Loka, Raden Rachmy Diana, Muhammad Sirril Wafa

Abstract


ABSTRAK.

Kemampuan kognitif anak usia dini saat ini menurun. Hal ini didukung berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan pembelajaran yang inovatif yang mampu mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak, khususnya ada kemampuan kognitif anak.. Pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak adalah pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak pada pembelajaran kontestual di Taman Kanak-kanak Islam Al-Ittifaqiah Indralaya. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan pengumpul data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun di kelas B Maria al-Qibty Taman Kanak-kanak Islam al-Ittifaqiah Indralaya. Sedangkan analisa data yang digunakan dengan pendekatan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak meningkat pada pembelajaran kontekstual ini. Hal ini dibuktikan dengan beberapa indikator kemampuan kognitif anak seperti meningkatnya kemampuan memecahkan masalah sederhana, memahami konsep sains dan konsep bilangan. Anak yang semula tidak mengetahui warna dan bentuk, ketika dilaksanakan pembelajaran kontekstual mulai memahami warna dan bentuk tersebut.

Kata Kunci:  Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Kognitif, Anak Usia dini

ABSTRACT

Cognitive abilities in early childhood are currently declining. This is supported by various factors, one of which is the lack of use of innovative learning that can develop various aspects of children's development, especially children's cognitive abilities. Learning that can be used to improve children's cognitive abilities is contextual learning. This study aims to determine the cognitive abilities of children in contextual learning at Al-Ittifaqiah Islamic Kindergarten Indralaya. This research is a descriptive qualitative type with data collectors namely observation, interviews, and documentation with research subjects aged 5-6 years in class B Maria al-Qibty Islamic Kindergarten al-Ittifaqiah Indralaya. While the data analysis used the Miles and Huberman approach. The results showed that children's cognitive abilities increased in this contextual learning. This is evidenced by several indicators of children's cognitive abilities such as the increased ability to solve simple problems and understand science concepts and number concepts. Children who initially do not know colors and shapes, when contextual learning is carried out, begin to understand these colors and shapes.

Keywords: Contextual Learning, Cognitive Ability, Early Childhood


Full Text:

PDF

References


Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p124

Andinisari, A. (2015). MENGASAH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK USIA DINI. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Anggraini, W., & Darma Putri, A. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jeced, 1(2), 104–114.

Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3735

Darmayanti, N. N., Antara, P. A., & Magta, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Pengukuran Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 251–260. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15183

Dewi, N. K. (2017). Manfaat program pendidikan inklusi untuk aud. Jurnal Pendidikan Anak. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/15657

Dharma, K. Y., Sugihartini, N., & Arthana, I. K. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Dengan Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 298–307. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14481

Eliza, D. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL LEARNING (CTL) BERBASIS CENT CENTRA DI TAMAN KANAK-KANAK. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, XIII(2), 93–106. https://doi.org/10.1093/gmo/9781561592630.article.05277

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Farida, F. (2018). Upaya Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4263

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (Ctl) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003

Gading, I. K., Antara, P. A., & Hidayat, A. S. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu, 24(2), 141. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21256

Gomes, F. De. (2016). Keterampilan Bertanya: Strategi Pengembangan Kemampuan Kognitif dan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(2), 178–188. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/110

Hartanto, F., Selina, H., H, Z., & Fitra, S. (2016). Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386. https://doi.org/10.14238/sp12.6.2011.386-90

Hasanah, F. F., & Munastiwi, E. (2019). Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-04

Hayati, M., Lestari, M. D. W., & Rahayuni, C. (2019). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak se-Ciputat. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 175–182. https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.138

Hendra, H. (2021). Pembelajaran Kontekstual (CTL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA pada Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).

Hijriati. (2016). Tahapan perkembangan kognitif pada masa early childhood. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–17.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.562

Loka, N. (2022). 2013 CURRICULUM ADAPTATION DURING PANDEMIC IN KINDERGARTEN INSTITUTIONS IN OGAN ILIR DISTRICT ,. 13(1), 29–34.

Mustafa, M. S. (2016). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Al-Imam ’Ashim Tidung Mariolo, Makassar. Al-Qalam, 18(2), 245. https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.73

Permatsari, D., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 230. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p230-236

Prawesti, L. N. I. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA STICK POUCH (KANTONG STIK) SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 ANAK USIA DINI Larasati. 9(2), 38–52.

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21

Rahmawati, T. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765

Rezieka, D. G., Wibowo, D. V., & Insiyah, M. (2021). Rejuvenasi Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Al-Athfaal Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 31–46.

Sari, P. M. N., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Hasil Belajar Matematika Melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka Di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25558

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Sholichah, A. S., & Ayuningrum, D. (2020). Pertumbuhan Anak Usia 0-3 Tahun: Kajian tentang Kesehatan Balita dan Relevansinya dengan Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 299–316.

Smith, S. (2016). PENINGKATAN KECAKAPAN PERSONAL MELALUI Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha saifuddin Jambi , Developmental Appriorate practice kualitas dengan kecakapan personal yaitu pandangan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10, 327–348.

Suhendro, E., & Syaefudin, S. (2020). Nilai-nilai Kemanusian dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. JEA (Jurnal Edukasi AUD). http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jurnalaud/article/view/3430

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Syukron Al Mubarok, A. A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini. http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/view/1939

Veronica, Nina. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i2.19496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.