The Effect of Using Gadgets on the Ability of Early Childhood Social Interaction in Raudhatul Athfal Dewi Anggrek Pekanbaru City

Yeni Astuti, Zuhairansyah Arifin

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial anak usia dini di RA Dewi Anggrek Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yang secara khususnya menggunakan purposive  sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, lembar wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data dilakukan melalui tahap uji normalitas, linier, dan homogen, selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan tingkat kepercayaan 95% (ᾳ<0,05). Jumlah populasi yang diambil adalah keseluruhan anak usia 5-6 tahun di RA Dewi Anggrek kota Pekanbaru, dikarenakan populasi kurang dari 100 maka peneliti tidak mengambil sampel. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari penggunaan SPSS adalah nilai Sig. sebesar 0,948. Karena nilai sig. 0.948 > 0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti dalam penelitian ini tidak ada pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial anak usia dini di RA Dewi Anggrek Kota Pekanbaru.

 

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Kemampuan Interaksi Sosial, Anak Usia Dini

 

 

ABSTRACT. This study aims to decide if the use of gadgets has an impact on early childhood social interaction skills in RA Dewi Anggrek, Pekanbaru. This study is a quantitative study using the nonprobability sampling technique that specifically used purposive sampling. The data collection instruments used were questionnaires, interview sheets, observations, and documentation. Meanwhile, data processing was carried out through the normality, linear, and homogeneous test stages. After that, data analysis was carried out using a simple linear regression test with a confidence level of 95% (ᾳ<0.05). The total population taken was all children aged 5-6 years old in RA Dewi Anggrek Pekanbaru. Since the number of the population was less than 100, the researchers did not take samples. Based on the data obtained from the use of SPSS, the value of sig. was 0.948. Since the sig. was 0.948 > 0.05, Ho was then accepted and Ha was rejected. It indicates that in this study, there is no effect of using gadgets on the social interaction skills of early childhood in RA Dewi Anggrek, Pekanbaru..

 

Keyword: The Use of Gadget, Social Interaction Ability, Early Childhood


Full Text:

PDF

References


Ahmad Fanani, 2008, Anak Cerdas dengan Dunia Maya, Jogjakarta: Image Press

Ali Nugraha, 2004, Metode Pengembangan Sosial-Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka

Dalam https://teknikelektronika.com/analisis-regresi-linear-sederhana-simple-linear-regression/

Derry Iswidharmanjaya, dkk, 2014, Bila si Kecil Bermain Gadget,Buku Online, Yokyakarta: Bisakimia

Indiana sunita, Indiana sunita, dkk, 2017, Yes Or Not Gadget buat Si Buah Hati, Yokyakarta: Deepublish

Musfiroh, 2008. Cerdas Melalui Bermain, Mengasah Intellligence pada Anak sejak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Novan Ardi Wiyani, 2014, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media

Payne. Gregory. V., dkk. 2012. Human Motor Development A Lifespan Approach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Pendidikan Nasional.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Afabeta. Bandung.

Riva, Iva. 2012. Koleksi Games Edukatif di dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: FlashBooks.

Slamet Suyanto, 2005 Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yokyakarta: Hikayat Publishing

Soelaeman, 1994, Pendidikan dalam Keluarga, Bandung: Alfabeta

Suciati, 2015. Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, Semarang: PLPG. UU Sisdiknas No.

Sujarno, dkk. 2011. Pemanfaatan Pemainan Tradisional dalam Pembentukan Karakter Anak. Yogyakarta: Balai PelestarianNilai Budaya.

Sujarwo, dkk. 2015. Kemampuan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Jurusan Pendidikan Olahraga Fakulras Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sujiono, dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen

Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Negeri Jakarta. Sugiono, 2007. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Suryabrata, S. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suwito H. A, 2003. Permainan Tradisionalsebagai Upaya Pendekatan terhadap Konsep Pendidikan Jasmani yangIdeal. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Suyadi, 2009. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pustaka Abadi.

Tri suhardi, esti utami, 2019, Ayah dan Bunda Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak, Semarang: Syalmahat Publising

Wahyu Novitasari, dkk, 2016, “Dampak Penggunaan Gedget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5- Jurnal 6 Tahun”,dalam PAUD Teratai, Vol.05 No.03

Zumailatul, M. 2014. Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita Persatuan Kemangi Gresik. (online). ejournal.unesa.ac.iddiakses pada tanggal 12 Januari 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i2.14294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.